Loading...

Beragam Manfaat Daun Rosemary

Penulis: Bintang Lukitaningrum Rubrik: Kesehatan

Rosemary

TERUSKAN.COM – Pernahkah Anda menikmati teh rosemary? Rosemary, nama yang cantik dan sering digunakan sebagai nama seorang wanita. Apakah Anda tahu bahwa rosemary sesungguhnya adalah nama tumbuhan yang bisa dijadikan obat herbal?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas: Rosemary (Rosmarinus officinalis) merupakan sebuah tanaman yang tahan penyakit dan hama, yang dapat ditumbuhkan melalui pencangkokan. Teh rosemary dapat membantu mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini biasanya cocok digunakan sebagai teh maupun bahan makanan. Tanaman ini banyak mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin B6. Itulah mengapa rosemary digolongkan ke dalam obat herbal.

Loading...

Tanaman rosemary memiliki ciri-ciri yang cukup khas. Tanaman ini berupa tanaman batang dengan tinggi 1,5 – 2 meter, di mana batang tersebut mempunyai khasiat sebagai ramuan untuk bahan pengharum.

Daun rosemary berwana hijau dengan bentuk seperti jarum tetapi lembut, dengan panjang sekitar 2 – 2,5 cm. Bunga rosemary berbentuk kecil-kecil dengan warnanya yang putih, merah muda, ungu atau biru.

rosemary tea

Manfaat Teh Daun Rosemary

Manfaat teh daun rosemary ternyata tidak hanya untuk mengobati reumatik dan gejala flu. Ada banyak manfaat teh rosemary sesuai kandungan nutrisi di dalamnya, di antaranya sebagai berikut:

– Sebagai antioksidan
Antioksidan kuat seperti rosmarinic dan carnosic acid dalam teh rosemary mampu mengurangi kerusakan akibat peradangan. Teh ini juga berguna untuk mencegah kontraksi uterus, menghentikan pertumbuhan sel kanker tertentu, serta meningkatkan memori dan fungsi otak.

– Sumber vitamin dan mineral
Selain antioksidan, teh rosemary juga mengandung vitamin B6 (asam folat, riboflavin dan asam pantotenat), vitamin A, vitamin C, dan mineral (zat besi, kalium, kalsium).

– Sebagai antijamur, antibakteri dan antiseptik
Teh daun rosemary juga bermanfaat untuk meredakan dan menyembuhkan penyakit bronkhitis, bau mulut dan sariawan.

– Memiliki sifat antipasmodic
Teh rosemary juga mampu meringankan nyeri otot, rheumatoid arthritis, dan beberapa jenis penyakit perut, misalnya kembung, sebah, sembelit dan mual akibat tersumbatnya energi saluran pencernaan.

– Sebagai antidepressant
Rosemary dipercaya dapat merangsang sistem pernapasan dan syaraf.

– Nutrisi otak
Kandungan nutrisi dalam daun teh rosemary juga dipercaya dapat melindungi otak dan meningkatkan daya ingat. Aroma rosemary mengandung senyawa yang menghubungkan neurotransmitter. Bahkan ada studi yang menyebutkan bahwa teh tersebut mampu melawan efek penyakit Alzheimer dan demensia.

rosemary

Beragam Manfaat Rosemary

Selain dikonsumsi sebagai minuman teh, rosemary juga dapat dimanfaatkan untuk:

> Menyehatkan kulit kepala
Campurkan 1/4 gelas madu, 1/4 gelas minyak zaitun dan 3 tetes minyak rosemary, dihangatkan, usapkan pada kepala sambil dipijat. Cara ini akan meningkatkan sirkulasi darah yang bisa mengatasi kulit kepala gatal dan kering.

> Mengatasi otot tegang
Campurkan 1/4 gelas garam, irisan daun rosemary segar, 3 tetes minyak zaitun dan 3 tetes minyak esensial rosemary, usap dan urutkan pada otot yang tegang.

> Menjadi bumbu penyedap
Rosemary juga banyak dijadikan bahan pelengkap pada hidangan mediterania, karena aromanya yang sangat khas.

> Mengusir nyamuk
Aroma rosemary yang tajam tidak hanya bisa dijadikan bumbu masakan, tetapi juga mampu menjauhkan nyamuk.

> Menghias pekarangan rumah
Bentuknya yang unik dan warna bunganya yang cantik juga dapat digunakan sebagai penghias taman. Bisa ditanam di tanah atau di pot, rosemary tetap menarik.

**

Anda sangat beruntung apabila menanam rosemary karena manfaatnya yang beragam. Jika perlu, rekomendasikan kepada kerabat dan sahabat Anda.

Selamat menikmati manfaat daun rosemary!