Loading...

Budidaya Tanaman Kantong Semar

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Bisnis

Budidaya Tanaman Kantong Semar

TERUSKAN.COM – Salah satu tanaman yang memiliki nilai jual yang tinggi dan sering dijadikan sebagai objek usaha adalah kantong semar atau yang bernama latin nepenthes. Bahkan, banyak pula di antara mereka yang justru berhasil menjual tanaman ini sampai keluar negeri dengan harga yang pantas.

Kondisi ini dikarenakan bentuknya yang unik menyerupai kantong sehingga sangat cocok dijadikan sebagai hiasan rumah. Selain itu, uniknya lagi kantongnya tersebut bisa menangkap serangga.

Loading...

Banyak pula masyarakat yang menjadikan kantong semar sebagai obat tradisional bagi beberapa penyakit tertentu. Karena itulah, kantong semar banyak dicari oleh pencinta tanaman hias.

Sebenarnya tanaman ini banyak tumbuh bebas di hutan-hutan dengan kelembaban tinggi, hanya saja bagi Anda yang tinggal di perkotaan tentu akan sedikit sulit menemukan tanaman ini. Oleh karena itu, dengan budidaya dan perawatan yang baik, maka tanaman ini bisa berkembang dengan baik meskipun Anda berada didaerah perkotaan.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadikan kantong semar sebagai lahan usaha ataupun hanya untuk hobi, maka beberapa tips berikut akan berguna.

Media tanaman

Media tanaman berupa tanah dan sekam bakar yang lembab, tidak terlalu padat dan jangan sampai media mengering ataupun kejenuhan (kelebihan) air.

Media lain yang sering digunakan adalah dengan campuran media cocopeat dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1. Untuk lebih baiknya, taruh tanaman kantong semar ditempat 50-80 persen matahari dengan kata lain ada sedikit naungan.

Budidaya Tanaman Kantong Semar

Melakukan stek batang

Selain dengan membeli biji, untuk memperbanyak kantong semar Anda juga bisa melakukan stek batang. Untuk melakukannya, Anda harus memilih induk tanaman yang telah berumur sekitar 1 tahun dengan tinggi minimum satu meter.

Nah, setelah menemukan induk yang baik, maka Anda boleh memotong batangnya kira-kira 15 cm dengan menyisakan 3-4 ruas daun.

Setelah itu potong helai daun setengahnya untuk mengurangi penguapan. Jangan lupa juga potong daun paling ujung hingga pangkalnya untuk mempermudah ujung pangkal setek masuk ke dalam media.

Jangan lupa mengolesi ujung bawah setek dengan hormon pemacu akar atau memakai fungisida. Barulah kemudian menanam batang stek pada polybag ukuran standar yang dasar dindingnya telah dilubangi.

Pupuk dan Nutrisi Tanaman

Agak berbeda dengan tanaman dan bunga lainnya, kantong semar yang merupakan tanaman karnivora ini tidak begitu membutuhkan pupuk karena nutrisi yang mereka dapat bisa berasal dari serangga yang mereka jaring.

Biasanya di dalam kantongnya mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk tumbuh seperti misalnya fosfor, kalium, garam-garam mineral ataupun nitrogen yang diperoleh dari penguraian protein serangga yang terjebak dalam kantong semar.

Nah, zat nitrogen dan zat lain yang didapat dari serangga inilah yang menjadi nutrisi bagi kelangsungan hidupnya.

Budidaya Tanaman Kantong Semar

Pilih Jenis yang tepat

Ada hampir 130 spasies kantong semar yang saat ini berkembang, namun yang paling banyak diminati dan memiliki harga jual paling tinggi adalah jenis Nepenthes Gracilis, Mirabilis dan Nepenthes Reinwardtiana. Hal ini dikarenakan bentuk dan warnanya yang menarik dibandingkan dengan jenis lainnya.

Oleh karena itu, baik sebagai usaha ataupun hanya untuk hobi, beberapa jenis kantong semar ini wajib dipertimbangkan.

***

Nah, itulah beberapa kunci sukses dalam budidaya kantong semar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tengah mencoba mengembangbiakkan atau membudidayakan tanaman kantong semar.

Selamat mencoba!