Loading...

4 Manfaat Sehat Main Bulutangkis

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan, Sport

manfaat main bulutangkis

TERUSKAN.COM – Berbicara soal bulutangkis, siapa sih yang tidak mengenal olahraga tepok bulu yang satu ini? Kita semua pasti mengenalnya, karena olahraga ini adalah olahraga yang cukup populer di Indonesia.

Bahkan, olahraga yang satu ini telah mengharumkan nama bangsa dan negara kita di kancah Internasional, lewat segudang prestasi yang telah ditorehkan oleh atlet – atlet bulutangkis kita.

Loading...

Sebut Susi Susanti, peraih medali emas sektor tunggal putri cabang olahraga bulutangkis pada Olimpiade 1996, atau pasangan ganda putri kita meraih medali emas di ajang Asian Games 2014 yang baru saja digelar beberapa waktu lalu.

Sebagai salah satu olahraga yang populer, tak ayal olahraga raket yang satu ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Tak peduli soal batas usia, olahraga ini sangat disukai masyarakat Indonesia, baik anak – anak, remaja, dewasa, sampai orang tua.

Penyukanya pun tak kenal kasta. Dari masyarakat kelas atas, sampai masyarakat kelas bawah, sangat menggemari olahraga yang telah populer di Indonesia sejak lama ini.

Tentu, tak akan banyak orang menyukainya, jika kegiatan bermain atau berolahraga bulutangkis tak banyak menuai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja ya manfaat berolahraga bulutangkis? Berikut ini paparannya.

1. Dapat membantu menjaga dan menurunkan berat badan

Saat melakukan olahraga bulutangkis, tubuh kita akan terus bergerak. Gerakan – gerakan tubuh kita akan membakar kalori dalam tubuh kita. Dengan pembakaran kalori, akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh kita akan berkurang.

Selain itu, lemak dalam tubuh kita juga dikonversi menjadi energi yang digunakan melakukan olahraga bulutangkis. Dengan berkurangnya kadar lemak dalam tubuh kita, penumpukan lemak dalam tubuh akan semakin berkurang, hal ini tentu akan sangat membantu menjaga dan menurunkan berat badan tubuh kita.

Pembakaran kalori pada setiap orangnya akan berbeda – beda, disesuaikan dengan berat badan orang yang melakukan olahraga bulutangkis. Selain itu, pembakaran kalori bergantung pula pada intensitas dalam melakukan olahraga ini.

2. Sangat bagus untuk menjaga otak

Bermain bulutangkis tidak cukup hanya dengan olah tubuh saja, olahraga ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi, untuk membaca arah bola atau serangan lawan.

Untuk mematahkan serangan lawan dibutuhkan koordinasi, mata, dan tangan dan hal ini membutuhkan kinerja otak yang cepat. Dengan demikian otak akan terus bekerja, hal ini tentu sangat bagus untuk menjaga kebugaran otak.

3. Melatih otot – otot kaki

Saat bermain bulutangkis, kaki kita akan bergerak dengan melangkah, berlari, melompat, menekuk lulut, dan lain sebagainya. Gerakan – gerakan yang demikian itu dapat melatih otot – otot kaki kita menjadi lebih kuat.

4. Sebagai ajang sosialisasi diri

Bermain bulutangkis membutuhkan partner. setidaknya satu orang sebagai lawan saat kita bertanding. Pastilah kita harus mengenal partner bermain kita. dan tentulah untuk mengenalnya kita butuh bersosialisasi.

Dengan bersosialisasi dengan partner kita, akan menambah teman dalam pergaulan dan pastilah pergaulan kita pun akan semakin berkembang.

**

Ternyata, sangat menyenangkan bukan? Selain menuai banyak manfaat sehat untuk tubuh, kita bisa punya banyak teman pula. Ayo, tunggu apalagi, angkat raketmu!