Loading...

Cara Praktis Membuat Kue Bingka Ubi Yang Lezat

Penulis: Nila Rubrik: Resep

Kue Bingka Ubi

TERUSKAN.COM – Makanan berbahan dasar dari singkong atau ubi kayu ini sangat populer di masyarakat Indonesia. Beberapa jenis kue tradisional memanfaatkan singkong atau ubi kayu sebagai bahan utama yang diolah dengan cara digoreng, direbus atau dikukus.

Kue Bingka Ubi merupakan salah satu jenis kue basah dari ubi kayu yang dimasak melalui cara panggang dan berasa lezat dan unik sehingga banyak yang menggemarinya.

Loading...

Kue Bingka Ubi mempunyai bentuk menyerupai kue Bika Kentang. Terdapat sedikit perbedaan diantara keduanya yaitu terletak pada tekstur kue dan rasa. Bingka Kentang lebih lembut dan sangat lengket sedangkan kue Bingka Ubi agak keras.

Kue Bingka Ubi cocok sekali sebagai makanan camilan yang bernilai gizi tinggi dan bisa dinikmati bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat di pagi atau sore hari.

Bahan – bahan kue

  • 800 gram ubi kayu (singkong) diparut, diambil dari 1 kg ubi kayu yang harus anda sediakan
  • 220 gram gula pasir
  • 300 ml santan (dari 1 buah kelapa, parut, peras santannya lalu dimasak dan diambil santannya sebanyak 300 ml)
  • 4 butir telur, 3 butir diambil kuningnya saja, kocok lepas
  • Minyak sayur atau margarin secukupnya
  • Garam secukupnya
  • esens vanili secukupnya
  • pewarna kuning makanan
  • garnish dari kejut parut

Cara membuat kue Bingka Ubi

1. Siapkan ubi kayu, kupas kulitnya, cuci sampai bersih, kemudian dipotong – potong. Setelah itu, diparut, timbang menjadi 800 gram. Saring dan peras singkong parut memakai saringan yang berlubang halus.

2. Letakkan air perasannya dalam mangkok kecil, lalu sisihkan singkong parut. Diamkan air perasan singkong selama kurang lebih 10 – 15 menit dan buang air pada bagian permukaannya, sehingga yang tersisa mengendap hanya pati singkong di bagian bawah mangkok.

3. Campurkan singkong, pati, gula, santan, telur kocok, garam, vanili dan pewarna dalam satu wadah sampai berbentuk adonan yang kalis.

4. Olesi loyang bundar atau persegi 16 cm dengan memakai minyak sayur atau margarin.

5. Tuangkan adonan, ratakan permukaan dengan sendok makan, lalu panggang dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan pada suhu 180°C selama +/- 45 menit atau 1 jam hingga permukaan kue berwarna cokelat keemasan / kekuningan (berarti sudah matang).

6. Dinginkan. Potong kue Bingka Ubi sesuai selera, sajikan bersama dengan garnish dari keju parut.

Selamat mencoba !