Loading...

6 Jurus Sukses Bisnis Laundry

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Bisnis, Finansial

Sukses Berbisnis Laundry

TERUSKAN.COM – Bisnis laudry merupakan salah satu bisnis yang lagi booming beberapa tahun terakhir. Dari hari ke hari, jumlah pengguna jasa laudry semakin banyak. Di kota-kota besar, permintaan terhadap laudry ini tergolong besar. Begitu juga dengan kota-kota yang dikenal sebagai pusat kunjungan turis baik turis asing maupun turis dalam negeri, permintaan laundry cenderung naik.

Tak peduli itu laki-laki atau perempuan, pejabat atau karyawan biasa, ibu rumah tangga atau mahasiswa, semuanya berlomba memanfaatkan jasa laudry baju.

Loading...

Mempercayakan pencucian baju ke tempat laundry kebanyakan dilakukan karena dianggap lebih efektif dan efisien daripada mencuci sendiri. Mereka yang sibuk bekerja, membuat tugas atau siapa saja yang tidak sempat maupun malas mencuci baju bisa menggunakan jasa laundry ini.

Bagi Anda yang tidak mau ketinggalan dalam menangkap peluang bisnis ini, beberapa tips berikut ini mungkin akan sangat berguna dalam mencapai kesuksesan bisnis laundry Anda :

Tentukan target yang jelas

Ketahui dan kerucutkan siapa yang akan memanfaatkan jasa laudry Anda. Apakah pangsa masyarakat umum, mahasiswa, hotel dan wisma dan sebagainnya. Selain itu, juga bisa dirumuskan apakah kelas bawah atau untuk kelas menengah ke atas.

Tak sedikit orang yang ketika ingat berbisnis laundry, tanpa berpikir panjang langsung bergerak tanpa merencanakan siapa target mereka. Alhasil, usaha mereka malah mandeg.

Sesuaikan marketing dengan target

Ini adalah hal yang sering diabaikan oleh sebagian orang. Penentuan target di awal pendirian bisnis sebenarnya berhubungan dengan langkah berikutnya yaitu pemasaran. Jika target A, maka rancanglah strategi pemasaran dan iklan yang bisa menjaring target A sebanyak-banyaknya.

Sarana dan prasarana yang memadai

Ini adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh sebuah laundry. Ada lho, laundry skala rumahan yang sebenarnya tidak punya halaman atau tempat untuk menjemur pakaian.

Mereka mengeringkan secara traditional dengan menggantung di tanaman, menjemur di bunga pagar dan sebagainya. Ini tidak hanya kelihatan kurang rapi dan berantakan tapi juga terlihat tidak sungguh-sungguh.

Selain itu, jaminan kebersihan juga sedikit kurang. Bila sarana dan prasarana belum memadai, jangan memaksakan. Akibatnya malah nanti mengganti pakaian pelanggan padahal belum memperoleh laba. Atau pelanggan kecewa dengan hasil yang kurang memuaskan sehingga berhenti langganan.

Sukses Berbisnis Laundry

Layanan terbaik

Layanan yang terbaik merupakan keharusan dalam bisnis apa saja. Tidak mungkin pelanggan akan sering datang kalau pelayanan yang diberikan kurang bersahabat. Berilah layanan lebih seperti jam buka yang lebih panjang, layanan antar jemput, layanan express, dan sebagainya.

Langganan bahan baku

Untuk mempertahankan kualitas seperti pengharum dan deterjen, sebaiknya Anda berlangganan bahan baku di sebuah tempat yang memiliki persediaan banyak. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir kalau suatu waktu akan kehabisan bahan baku yang biasa digunakan.

Jika tidak, Anda juga harus membuat pengharum dan deterjen khusus sendiri sehingga bahan baku lebih terjaga pasokannya. Ini penting, jangan sampai pelanggan kecewa karena menemukan pengharum pakaian yang digunakan tidak sama dengan hari-hari sebelumnya.

Miliki ciri khas

Milikilah sesuatu yang berbeda dengan pesaing. Sebelum membuka bisnis, sebaiknya pelajari dulu kenapa sebuah bisnis laudry sukses dan gagal.

Nah, belajarlah dari kesuksesan dan kegagalan mereka. Ambil segala yang baik dan hindari hal-hak buruk yang juga bisa menghambat langkah sukses Anda.

***

Nah, sudah siap dengan usaha laundry Anda? Semoga sukses.