Loading...

6 Nutrisi Penting Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Nutrisi-Penting

TERUSKAN.COM – Gizi, makanan sehat dan diet seimbang adalah beberapa istilah serupa yang terdengar begitu akrab di telinga Anda. Meskipun masih kurangnya kesadaran mengenai hal ini, namun Anda perlu sadar akan bahaya dari penyakit yang mungkin akan mendatangi Anda.

Berbagai jenis penyakit akan lebih mudah menyerang pada saat Anda berada di usia muda, karena itu menjaga kesehatan sedini mungkin akan mengurangi resiko sakit saat tua nanti.

Loading...

Anda tentunya pernah membaca dan mendengar tentang nutrisi penting untuk dikonsumsi setiap hari, namun karena kurangnya kesadaran membuat Anda sering mengabaikannya. Jika ingin sehat, Anda setidaknya harus mengonsumsi beberapa jenis nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

1. Karbohidrat

Anda mungkin telah mendengar tentang diet karbohidrat bebas untuk mengurangi penumbunan lemak dan membuat Anda tetap langsing. Tapi tunggu dulu, mengapa Anda harus melakukan diet karbohidrat sedangkan karbohidrat salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karbohidrat berfungsi menyediakan banyak energi yang dibutuhkan oleh tubuh sepanjang hari. Cara terbaik untuk memperoleh asupan karbohidrat yaitu berasal dari tepung gandum, oat dan beras merah.

Tidak hanya memberikan tambahan energi tetapi juga menyediakan serat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan yang sehat.

Nutrisi-Penting

2. Protein

Mengapa para ibu memaksa anak mereka untuk mengonsumsi ikan, daging dan telur? Alasannya sangat sederhana. Semua makanan ini kaya akan protein.

Protein sangat penting untuk membantu tumbuh dan memelihara sel-sel sehat dan jaringan dalam tubuh. Karena itu, penting untuk Anda menyertakan protein dalam menu makanan sehari-hari.

3. Lemak

Anda mungkin menganggap lemak buruk bagi tubuh, tetapi faktanya tidak. Tubuh membutuhkan sedikit lemak agar dapat berfungsi secara normal.

Memang benar bahwa Anda tidak harus memiliki terlalu banyak lemak, tetapi Anda tidak harus menghilangkan seluruh lemak dalam tubuh Anda. Lemak memiliki manfaat yang akan membantu melumasi sendi pada tubuh, membangun sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat, dan manfaat lainnya.

4. Vitamin dan Mineral

Saat Anda mengatakan vitamin dan mineral, gambaran buah-buahan dan sayuran akan muncul dalam pikiran Anda secara langsung.

Dalam setiap bentuk, sayuran dan buah-buahan memberikan nutrisi dalam bentuk serat, gula alami, vitamin dan mineral yang membantu melawan berbagai jenis penyakit.

Nutrisi-Penting

5.  Air

Tidak peduli berapa banyak Anda menginginkan air mineral akan selalu dapat Anda temukan dimana saja. Air adalah pemberi kehidupan dan minuman terbaik untuk diminum setiap saat sepanjang hari.

Air mineral memiliki banyak manfaat seperti sistem pencernaan yang sehat, kulit bersinar, mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

6. Tersenyum

Nah, meskipun tidak dapat dikategorikan sebagai jenis makanan tetapi senyuman menjadi salah satu kunci sehat. Dengan tersenyum akan menjadi salah satu cara positif yang akan memberikan manfaat kesehatan pada tubuh seseorang.