Loading...

6 Tempat Menyeramkan di Jogja

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Wisata

Benteng Vredeburg

TERUSKAN.COM – Jogja memang dikenal sebagai kota penuh budaya. Daya tariknya yang unik tentu menjadikan kota ini seringkali sebagai tujuan wisata bagi kebanyakan orang. Masyarakat Jogja sendiri dikenal masih memegang teguh tradisi Jawa serta mempercayai ribuan mitos yang ada di dalamnya. Oleh karena itulah tidak heran jika banyak sekali cerita-cerita mengenai tempat-tempat mitos yang ada di kota Jogja.

Selain Goa Jepang, Pantai Parangkusumo dan Keraton Yogyakarta, masih ada berbagai tempat yang penuh dengan mitos di kota Jogja, antara lain :

Loading...

1. Kandang Menjangan/ Panggung Krapyak

Panggung Krapyak atau Kandang Menjangan berada di sebelah selatan Plengkung Gading. Bangunan ini sudah ada selama 250 tahun lamanya yang dulu didirikan di atas hutan.

Menurut sejarah, hutan Krapyak sering dijadikan sebagai tempat berburu. Di tahun 1613 silam, ada kerabat keraton yang meninggal dunia lantaran diseruduk menjangan (kijang). Nah untuk memperingati beliau inilah maka diputuskan untuk membangun benteng yang bisa juga dijadikan sebagai tempat berlindung dari hewan liar.

Panggung Krapyak ini berlokasi searah garis lurus dengan Pantai Selatan, Tugu Jogja, Keraton dan Gunung Merapi. Tempat ini pernah direnovasi dengan adanya tambahan pagar pintu dan jeruji besi. Sehingga kandang menjangan inipun semakin terlihat mistis. Masyarakat pun juga tidak dapat sembarangan masuk jika tidak memanggil juru kunci.

Konon katanya ada mahasiswa Jogja berkendara pada malam hari dan melewati kandang menjangan. Nah dari jarak beberapa ratus meter itulah lampu motor mahasiswa tersebut menyoroti sesuatu yang berada dari celah pintu dan jendela. Saat dilihat dari dekat maka ada sosok wanita memakai baju putih yang memiliki rambut panjang dan tergantung terbalik di kandang menjangan.

2. Bunderan Teknik UGM

Tempat menyeramkan kedua yang ada di Jogja adalah bunderan teknik UGM. Konon katanya saat anda mendendangkan lagu GugurBunga pada malam hari di bunderan teknik UGM, maka akan ada arwah pahlawan yang bernyanyi juga bersama dengan anda

3. Jalan dari Pantai Wonosari ke Jogja

Konon menurut mitos anda dilarang naik motor sendirian sata pulang dari pantai Wonosari malam hari. Banyak desas-desus kalau anda nekat maka anda akan melihat sosok makhluk yang akan membonceng di belakang anda.

Fase pertama, anda akan merasa motor anda berat padahal tidak ada apa-apa saat dilihat dari kaca spion. Lalu fase selanjutnya anda akan mencium bebauan khas kemenyan. Di fase terakhir, akan terdengar seseorang berbisik kepada anda: “Saya numpang sampai Jogja ya.” Merinding kan?

4. Rumah Kentang Kotabaru

Rumah yang berada di seberang SMA Stella Duce I ini memang sudah disulap sebagai bangunan Bank BTN. Akan tetapi perlu anda tahu bahwa dahulu kala rumah ini sempat kosong lama dan terkesan seram karena gelap.

Memang belum ada cerita jelas mengapa rumah ini disebut sebagai rumah kentang. Mitosnya, saat anda melewati rumah ini akan tercium aroma kentang

5. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg didirikan pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Benteng ini dulunya difungsikan sebagai benteng pertahanan tentara VOC sekaligus tempat tahanan VIP atau bangsawan yang melakukan penentangan terhadap bangsa Belanda.

Mitos angker yang kerap terdengar dari tempat ini adalah adanya Noni Belanda yang memiliki kaki berbentuk kuda yang seringkali mengganggu pengunjung hingga tukang becak yang mangkal di depan benteng.ada juga sekelompok pasukan Belanda tanpa kepala yang masuk ke stand lukisan di Festival Kesenian Yogya (FKY).

6. Bioskop XXI

Bioskop yang kerap terlihat ramai di Jalan Solo ini memiliki kisah sendiri. Dahulunya bioskop ini adalah bangunan yang memiliki 2 lantai. Di lantai 1 terdapat Swalayan Hero dan di lantai 2 terdapat Bioskop Empire 21 yang memiliki 8 studio. Bandungan di sebelahnya sendiri adalah bioskop dengan nama Regent.

Di tahun 1999 ada kebakaran pada swalayan Hero dan bioksop Empire, namun tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi selang beberapa bulan kemudian, terjadi kebakaran pada bioskop Regent dengan 4 studio yang ada di sebelahnya dan menimbulkan 15 korban jiwa.

Setelah lama menjadi puing reruntuhan, sekitar 10 tahun barulah dibangun bangungan yang dikenal sebagai bioskop XXI. Mitos yang beredar bahwa bioskop ini memang angker, bahkan banyak orang Jogja yang mengalami kejadian aneh saat memilih menonton film midnight. Misalnya melihat petugas cleaning service yang membersihkan toilet hingga pukul 12 malam.

Konon katanya juga jika anda menonton dengan jumlah 4 orang maka saat anda memasuki ruangan teater maka anda akan melihat bangku sudah terisi penuh dan kursi anda sudah ditempat oleh orang lain. Setelah dikonfirmasi kepada petugas baru diketahui kalau tidak ada orang lain selain anda.

Namun pertanyaannya kenapa angka 4? Hal ini lantaran bioskop Regent yang terbakar habis berjumlah 4 studio yang menimbulkan 4 korban jiwa yang masih belum ditemukan sampai saat ini