Loading...

Cara Mudah Membiasakan Diri Berolahraga

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Olahraga

TERUSKAN.COM – Kebanyakan orang mungkin merasa sulit untuk membuat sebuah rutinitas kebugaran yang sempurna untuk diri mereka sendiri, terutama jika Anda jarang atau bahkan belum pernah berolahraga sebelumnya.

Ini memang cukup sulit jika tidak diiringi dengan kemauan yang besar, namun akan terasa mudah bila Anda mengetahui beberapa tips untuk memulai kebiasaan tersebut.

Loading...

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat Anda lebih termotivasi melakukan rutinitas kebugaran yang ideal.

1. Tetapkan tujuan

Ketika merencanakan rutinitas kebugaran, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menetapkan tujuan agar Anda dapat tetap termotivasi. Orang berolahraga karena berbagai alasan, entah itu karena ingin menurunkan berat badan, ataukah hanya ingin menjaga postur tubuh mereka.

Jika Anda merasa begitu malas berolahraga, ingatlah untuk memulainya dengan langkah-langkah kecil dan mudah. Tujuan Anda harus dapat dicapai dan realistis sehingga Anda tetap terinspirasi dan termotivasi.

Untuk itu, Anda dapat mulai rutinitas kebugaran Anda dengan megistirahatkan tubuh dengan waktu yang cukup. Langkah sederhana ini dapat sangat membantu menjaga kebugaran dan kesehatan Anda.

2. Buat rencana

Akan lebih mudah melakukan suatu hal ketika Anda telah merencanakannya. Buatlah rencana dan putuskan apa yang akan Anda lakukan setiap hari selama seminggu dan jangan lupa untuk menyediakan satu hari untuk beristirahat.

Anda harus melakukan rutinitas sehat ini pelan-pelan, sangat penting untuk mengembangkan daya tahan dan kekuatan secara bertahap.

3. Buatlah rutinitas kebugaran Anda menyenangkan

Rutin melakukan aktivitas demi kebugaran tubuh dengan cara yang menyenangkan adalah cara yang pasti untuk mendapatkan hasil yang bagus. Libatkan diri dalam latihan atau olahraga ringan dengan anak, teman atau rekan kerja.

Anda juga dapat berinisiatif untuk melakukan olahraga tim bersama para tetangga. Kegiatan luar rumah dengan udara segar dan sinar matahari akan mempromosikan suasana hati yang ceria.

Olahraga

4. Pilih peralatan olahraga yang sesuai

Pakaian kebugaran yang tepat sangat penting diperhatikan ketika Anda ingin memulai rutinitas kebugaran, khususnya untuk para wanita. Pakaian yang Anda kenakan harus sesuai dengan latihan yang akan Anda lakukan, pastikan bahwa Anda merasa nyaman dengan pakaian tersebut.

5. Cardio adalah awal terbaik

Saat mengembangkan program kebugaran, Anda harus memberi perhatian khusus untuk kesehatan jantung Anda. Cardio merupakan salah satu cara terbaik untuk Anda lakukan karena sangat baik untuk meningkatkan sistem kardiovaskular, menjaga tekanan darah agar tetap normal dan memperkuat kekebalan Anda.

Lakukan latihan cardio 30 sampai 40 menit sebanyak empat kali setiap seminggu guna membuat Anda berada dalam kondisi yang baik.

6. Yoga

Yoga tidak hanya akan membantu Anda mendapatkan fleksibilitas dan otot yang kencang, akan tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan mengurangi stres.

Aturan yang paling penting yang harus Anda ikuti adalah untuk melakukan yoga secara teratur. Sesi yoga 20 menit akan sangat membantu untuk mencapai hasil yang sangat baik jika dilakukan setiap hari.

**

Sebuah rencana aktivitas kebugaran yang merinci dan efisien adalah janji dari keberhasilan Anda. Ikuti tips berguna di atas dan mulailah mengembangkan program kebugaran yang sepenuhnya sesuai dengan sasaran Anda.

Jadikan aktivitas sehat ini menjadi lebih menyenangkan, disamping itu Anda harus selalu tetap termotivasi dan antusias untuk melakukan hal tersebut. Selamat berolahraga!