Loading...

Tips Dan Cara Membasmi Rayap Si Pemakan Kayu

Penulis: Nila Rubrik: Keluarga

Tips Membasmi Rayap

TERUSKAM.COM – Hewan rayap merupakan salah satu jenis serangga yang cukup unik, masih sebagai kerabat dekat semut, sehingga sering disebut sebagai semut putih.

Secara fisik, bentuk tubuh rayap adalah menyerupai semut, agak lunak dan memiliki pinggang cukup besar. Seperti halnya semut, rayap biasa hidup dalam satu koloni besar yang dipimpin oleh ratu dan raja rayap.

Loading...

Ukuran tubuh rayap terbilang hewan kecil. Tetapi keberadaannya dalam sebuah koloni rayap adalah dapat menghancurkan sebuah gedung. Koloni ini berjumlah sampai 10 juta rayap. Mereka hidup berkelompok karena naluri alam, jika terpisah satu dengan yang lainnya, mereka tidak dapat bertahan hidup lama.

Bagaimanakah cara membasmi rayap, si pemakan kayu sehingga rumah anda dan perabotan kayu di dalamnya aman dari gangguannya, simak tips di bawah ini :

1). Minyak tanah

Anda dapat memakai minyak tanah untuk mengusir rayap. Caranya sangat mudah yaitu cukup semprotkan minyak tanah di kayu yang telah terserang rayap atau semprotkan langsung pada sarang – sarang rayap.

Supaya lebih ampuh, anda bisa menambahkan minyak serai sebagai pencampur minyak tanah.

2). Tembakau

Tembakau bermanfaat untuk membunuh tungau yang sering menyerang anak kecil ketika bermain di rumput.

Cara mencegahnya adalah campurkan tembakau dan air lalu diamkan selama satu malam supaya zat – zat kimia yang terkandung dalam tembakau keluar semua. Lalu semprotkan air campuran ini pada kayu yang terkena serangan serangga rayap.

3). Garam dapur

Garam ampuh untuk membasmi rayap. Taburkan garam di sarang rayap atau campurkan garam dengan air dan tembakau. Diamkan selama satu malam lalu esok pagi disemprotkan pada tempat – tempat yang ada rayapnya.

4). Air kapur sirih

Sifat panas dari kapur adalah berbahaya bagi koloni rayap yang mempunyai kulit tipis dan lembut. Oleh karenanya, air kapur sirih ampuh dan efektif untuk membasmi rayap.

Caranya adalah dengan menyemprotkan air kapur sirih ke kayu yang terserang koloni rayap atau langsung ke sarang rayapnya.

5). Air bekas cucian beras

Anda dapat memanfaatkan air pertama dari cucian beras untuk mengusir rayap. Caranya adalah siramkan ke sekeliling sarang rayap.

6). Termisida

Bahan kimia ini ampuh buat mengusir rayap tetapi sangat beresiko buat kesehatan anda sehingga harus dilakukan dengan hati – hati. Caranya adalah semprotkan ke sarang langsung atau kayu – kayu yang diserang oleh koloni rayap.

**

Itulah 6 cara sederhana mengusir dan membasmi rayap pemakan kayu yang cukup efektif, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.