Loading...

Khasiat Kesehatan Buah Labu Kuning

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

manfaat labu kuning

TERUSKAN.COM – Cucurbita pepo atau lebih terkenal dengan sebutan buah labu kuning termasuk ke dalam tanaman yang banyak mengandung sejumlah zat penting yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Labu Kuning

Di antaranya adalah sejenis asam amino yang langka ditemukan pada jenis makanan lainnya (seperti m-karboksifenilalanina, pirazoalanina, asam aminobutirat, etilasparagina, dan sitrulina) dan jenis asam amino lain berguna untuk kesehatan kelenjar prostat seperti alanina, glisina dan asam glutamat.

Loading...

Biji labu juga terkenal akan kandungan mineral Zn (seng) dan Mg (magnesium) yang bagus sebagai unsur penting di dalam membangun kesehatan organ reproduksi terutama pada wanita.

Kandungan lain yang banyak dijumpai dalam sepotong labu kuning adalah asam lemak yaitu asam linoleat, asam oleat dan sedikit asam linolenat.

Juga banyak terdapat vitamin E (tokoferol) dan karotenoid terutama jenis lutein dan beta-karoten di dalam daging dan biji labu bagus untuk kesehatan, disamping hormon beta-sitosterol menyimpan khasiat yang berfungsi menghambat atau menekan kerja enzim 5-alfa-reduktase. Enzim ini bekerja untuk mengurangi terbentuknya tumpukan hormon dihidrotestosteron yang berasal dari hormon testoteron.

Oleh karenanya, dengan rutin mengonsumsi sayur labu kuning dapat menolong anda yang mempunyai masalah kesehatan terutama pada kelenjar prostat yang membesar.

manfaat labu kuning

Manfaat Penting Mengonsumsi Labu Kuning

Secara garis besar, dapat dijelaskan beberapa manfaat penting dari mengonsumsi labu kuning dalam menu makan sehari – hari adalah sebagai berikut.

1). Labu atau dengan kata lain waluh adalah bahan pangan yang kaya mengandung vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Lima jenis buah labu yang umum dikenal masyarakat, yaitu cucurbita maxima duchenes, cucurbita ficifolia bouche, cucurbita mixta, cucurbita moschata duchenes dan cucurbita pipo L. di Indonesia sering disebut dengan labu kuning (waluh) karena kesamaan ciri.

Berdasarkan penelitian kesehatan yang dilakukan oleh beberapa ahli gizi, buah labu mempunyai manfaat besar bagi kesehatan khususnya menyembuhkan berbagai penyakit dan bagus juga sebagai media kecantikan wajah.

2). Unsur – unsur vitamin selain tersebut di atas yang terkandung dalam sebutir buah labu, sebagai contoh dalam 100 gram labu kuning terdapat 34 kalori, lemak 0,8, 45 miligram kalsium, 0,8 mineral, serat, vitamin C dan vitamin A.

Kandungan kimia dalam buah labu dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Saponin, berfungsi untuk kesehatan sebagai sumber anti bakteri dan anti virus, meningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah dan mengurangi penggumpalan darah.
  • Flavanoid, berfungsi melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penimbunan lemak berlebihan pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandung anti-inflamasi (anti-radang), berfungsi sebagai anti-oksidan, dan banyak membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan.
  • Tanin banyak berfungsi sebagai pengikat protein dan pelindung protein dari degradasi mikroba rumen.

3). Manfaat buah labu lainnya untuk kesehatan tubuh adalah mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi, mencegah dan mengobati arterostklerosis/penyempitan pembuluh darah, mencegah dan mengobati sakit jantung koroner, mencegah dan mengobati penyakit diabetes mellitus/kencing manis, menurunkan panas/demam, melancarkan BAB, dan mencegah berkembangnya sel – sel kanker ganas.

4). Untuk anak – anak yang menderita cacingan, buah dan biji labu mempunyai fungsi kesehatan yang bagus sebagai obat pencegah dan penyembuhan. Caranya yaitu ambil 10 gram biji labu segar, disangrai lalu ditumbuk hingga halus, diseduh dengan air panas, saring dan diminum terutama menjelang tidur. Berikan secara rutin seminggu sekali.

5). Gatah dari kulit labu yang masih segar dapat digunakan untuk masker wajah (berfungsi mengencangkan kulit wajah, jerawat, serta menghaluskan kulit). Oleskan secara merata di seluruh permukaan wajah, lalu diamkan 20 menit, basuh dengan air hangat.

6). Bagi remaja putri atau ibu – ibu yang memiliki problem kelebihan berat badan, ingin menurunkan berat badan berlebih tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah labu rebus, dapat dipakai sebagai menu sarapan pagi atau menu makan malam. Lakukan secara teratur berturut – turut selama 1 minggu, tentu anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Masyarakat di Amerika menggunakan labu kuning sebagai atribut perayaan pesta Halloween. Dibuat modifikasi unik seperti mengukir labu kuning membentuk seraut wajah manusia yang sedang tersenyum atau topeng yang menakutkan. Sedangkan di Indonesia, buah ini banyak digunakan sebagai tradisi, seperti dibuat kolak untuk menyambut bulan Ramadhan atau pun campuran minuman buah segar.

Labu kuning yang diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat, selain bagus untuk camilan keluarga tercinta, juga kaya akan nutrisi dan memberikan manfaat luas bagi kesehatan dan kecantikan tubuh serta wajah.

Sehingga tidak ada salahnya kalau anda luangkan waktu di dapur dan selalu menyediakan olahan makanan kecil berbahan dasar dari labu kuning yang banyak membantu menjaga kesehatan juga kecantikan tubuh dan wajah kita.