Loading...

10 Khasiat Bawang Bombai Untuk Kesehatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

bawang_bombay

TERUSKAN.COM – Bawang bombai termasuk ke dalam rempah yang memberi cita rasa dan aroma pada masakan. Terlepas dari itu, bawang bombai juga ternyata memiliki khasiat penting bagi tubuh.

Manfaat ini bersumber senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin C, vitamin E, kalsium, sodium, asam amino, mangan, allicin, curcumin, minyak atsiri dan masih banyak lagi. Sederet senyawa itulah yang baik bagi kesehatan tubuh.

Loading...

1. Menjauhkan anda dari penyakit kardiovaskuler

Bawang bombai mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh anda sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardivaskuler.

Tidak hanya itu saja, bawang bombai juga dapat mencegah penyempitan pembuluh darah manusia. Oleh karena itu dapat meminimalisir resiko hipertensi.

2. Mencegah pemecahan insulin pada organ hati

Senyawa APDS (Allyl Propyl Disulphie) yang terkandung di dalam bawang bombay dapat membantu tubuh agar memproduksi insulin lebih banyak. Hal uni tentu baik bagi anda penderita diabetes.

3. Mengobati alergi

Kandungan senyawa quercetin yang terdapat di dalam bawang bombai memiliki sifat anti radang anti terhadap alergi.

4. Membantu menjaga fungsi otak

Bawang bombai mengandung vitamin B kompleks yang dapat menutrisi otak sehingga dapat menjaga fungsi otak dengan baik.

5. Melawan kanker

Kandungan senyawa sulfide yang terdapat di dalam bawang bombai mampu membantu melindungi tubuh dari tumor atau sel kanker.

bawang_bombay

6. Membantu menjaga kesehatan jantung

Penelitian mengungkapkan kalau setengah potong bawang bombai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Jadi secara otomatis dengan rutin mengkonsumsi bawang bombai akan membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Mencegah osteoporosis

Bawang bombang mengandung senyawa khusus yang dapat membantu menggantikan pengeroposan tulang pada wanita yang menderita osteoporosis. Sehingga jika and aingin terhindar dari osteoporosis, maka mulai sekarang sebaiknya rutinlah mengkonsumsi bawang bombai.

8. Mengontrol kadar gula

Bawang bombai juga mengandung kromium yaitu mineral yang dapat membantu sel dalam merespon kinerja insulin dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

9. Melancarkan sistem pencernaan

Serat adalah salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Nah bawang bombai ini adalah sumber serat yang baik yang bisa anda konsumsi saat anda sedang diet. Pasalnya serat ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

10. Menguatkan sistem imun

Terdapat banyak sekali antioksidan di dalam bawang bombai yang akan membantu menguatkan sistem imun serta menurunkan inflamasi. Seperti yang kita ketahui bahwa jika sistem imun tubuh kuat akan membantu anda terhindar dari berbagai penyakit.

**

Nah itulah berbagai manfaat penting yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi bawang bombai secara rutin. Memang bawang memiliki rasa yang pahit dan bau yang tidak sedap, namun tentu saja bukan menjadi alasan bagi anda untuk tidak mengonsumsinya. Apalagi dengan banyaknya manfaat dan mineral yang dihasilkan tentunya akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Jika anda tidak tahan dengan baunya, maka sebaiknya hindarilah memakan bawang bombai secara langsung. Sebaiknya olah bawang bombang ke dalam suatu masakan. Dengan begitu rasa pahit yang dihasilkan pun akan berkurang. Jadi memang sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi bawang bombai demi mendapatkan khasiatnya.

Semoga bermanfaat.