Loading...

Cara Memanfaatkan Asam Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

manfaat asam

TERUSKAN.COM – Kebanyakan orang di Indonesia telah akrab dan tidak asing lagi dengan asam, mereka biasanya mengolah bahan ini menjadi campuran masakan ataukah menyulapnya menjadi cemilan dan permen lezat. Karena itu, orang-orang terkadang tidak menyadari bahwa rupanya asam juga merupakan obat alami yang mampu menyembuhkan banyak masalah terkait rambut dan kulit Anda.

Asam diperkaya oleh vitamin dan mineral yang dapat menjadi solusi terbaik bagi setiap masalah kulit dan rambut. Biji asam jawa sangat kaya akan mineral seperti fosfor, asam amino, magnesium, dan lain-lain. Ini tentu akan memberikan Anda keuntungan sendiri apabila digunakan untuk perawatan kecantikan.

Loading...

Manfaat Asam untuk Kecantikan

Dan berikut adalah beberapa manfaat kecantikan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan asam.

Kosmetik: Biji asam mengandung senyawa yang digunakan dalam kosmetik dan produk farmasi untuk mengobati ruam kecil pada kulit.  Senyawa ini disebut xyloglycans.

Kulit yang sehat: Asam hialuronat dari biji asam merupakan cara yang bagus untuk menjaga kulit Anda agar tetap lembab dan terpelihara.

Anti-inflamasi: Sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang terkandung dalam asam membuatnya menjadi solusi yang baik untuk mencegah penyakit kulit seperti eksim.

Perlindungan dari sinar matahari: Nutrisi yang berbeda dalam asam seperti vitamin C, flavonoid, antioksidan dan asam hidroksil alpha dapat membantu dalam mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan karena paparan sinar UV.

Kulit bersih: Dengan konsumsi dan penerapan asam secara teratur, noda kulit dapat dikurangi sehingga menjadikan kulit lebih halus dan lembut lembut.

Anti-penuaan: Properti penghidrasi dari asam memungkinkan untuk memberikan elastisitas pada kulit. Dengan demikian, asam dapat bekerja fantastis sebagai pengobatan anti-penuaan dan menghaluskan kerutan atau garis-garis halus pada wajah.

Pengelupasan kulit: Kehadiran AHA pada asam membuatnya menjadi bahan yang baik untuk pengelupasan kulit.

Menghapus pigmentasi: AHA dalam asam ini juga bagus untuk memerangi pigmentasi dan bercak-bercak hitam pada kulit.

Rambut lebih kuat: Asam memiliki kegunaan yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat rambut Anda menjadi lebih kuat serta mencegah terjadinya rambut rontok.

jus asam jawa

Bagaimana Cara Menggunakan Asam

Biji asam jawa jika diolah menjadi jus, dapat digunakan untuk memberi banyak keuntungan bagi rambut dan kulit dalam banyak cara. Meskipun dapat dikonsumsi secara langsung, dalam bentuk mentah, ada beberapa aplikasi eksternal yang dapat memberikan hasil yang lebih baik.

  • Masker wajah untuk kulit bersinar

Membuat masker wajah dengan menggunakan campuran asam segar, bubuk cendana, air mawar, dadih dan mitti multani. Campurkan semua bahan ini bersama-sama lalu buat menjadi pasta yang bagus dan halus kemudian terapkan pada wajah Anda. Diamkan kurang lebih selama 20 menit hingga masker mengering. Setelah itu cucilah dengan air hangat dan kulit Anda pun akan tampak lebih bercahaya.

  • Lulur untuk mengangkat kulit mati

Asam juga dapat dibuat menjadi body scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Caranya adalah dengan mencampur beberapa bahan seperti air asam, baking soda, jus lemon dan gula merah. Haluskan campuran lalu oleskan pada seluruh tubuh sambil diberi gosokan halus. Gunakan air hangat untuk membilasnya. Sebaiknya lakukan perawatan ini seminggu sekali.

  • Makser untuk mencerahkan warna kulit

Anda dapat mencerahkan warna kulit dengan memasukkan asam ke dalam air mendidih dan ditambahkan dengan campuran kunyit bubuk. Ketika didinginkan, pasta ini dapat diterapkan pada kulit untuk membuatnya tampak lebih cerah.

  • Pemutih alami

Anda bisa dengan mudah membuat masker alami yang dapat memutihkan dengan mencampurkan asam bubur, jus lemon serta madu. Terapkan ini pada wajah dan biarkan mengering selama 15 menit. Setelah itu cuci bersih dengan air dingin.

  • Masker rambut

Untuk mencegah rambut rontok dan membuat rambut lebih kuat, asam adalah salah satu solusi terbaik. Rendamlah asam dalam air hangat, kemudian terapkan cairan tersebut pada seluruh rambut. Setelah itu gunakan sampo seperti biasa untuk menghilangkan kekakuan yang diakibatkan oleh asam. Anda juga bisa membungkus kepala dengan handuk panas setelah memberikan pijatan pada kulit kepala dengan asam dan membilasnya setelah 15 menit.