Loading...

Panduan Dalam Memilih Suplemen Yang Tepat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

suplemen-vitamin

TERUSKAN.COM – Salah satu alasan yang menyebabkan tingkat kebutuhan suplemen terus meningkat dikarenakan Anda akan merasakan hasil yang lebih memuaskan dari olahraga atau tentu saja akan membuat Anda merasa lebih sehat.

Meskipun baik, untuk mengonsumsi suplemen tetap diperlukan perhatian lebih bukan hanya mengenai manfaat dari suplemen itu sendiri melainkan mengetahui perbedaan pasti dari suplemen yang akan Anda pilih untuk dikonsumsi.

Loading...

Banyaknya jenis suplemen membuat Anda harus jeli dan teliti memilih suplemen. Oleh karena itu, berikut 5 tips memilih suplemen untuk menghindari bahaya dan tentu saja agar lebih aman untuk dikonsumsi.

1. Perhatikan Daftar Bahan Dari Suplemen

Bacalah bahan, bukan hanya tampilan atau informasi gizi saja yang terdapat pada botol atau strip suplemen. Sama seperti makanan kemasan, suplemen juga penting untuk Anda ketahui bahan apa saja yang digunakan di dalamnya.

Banyak suplemen yang menggunakan bahan campuran sebagai salah satu bahan-bahan dalam suplemen yang merupakan kumpulan dari bahan formula khusus untuk produsen. FDA atau Food and Drug Administration tidak mewajibkan perusahaan untuk mendaftarkan masing-masing bahan dalam campuran tersebut.

Karena itu, sebagai konsumen sebaiknya Anda lebih memperhatikan keamanan produk karena mungkin mengandung dosis tinggi dari stimulan atau zat-zat berbahaya seperti dimethylamylamine yang buruk untuk kesehatan.

2. BCAA (Branch Chain Amino Acids) Atau Asam Amino

BCAA telah terbukti membantu mengurangi kerusakan otot akibat latihan dan meningkatkan sintesis otot-protein. Jika suplemen Anda tidak mengandung BCAA, artinya Anda akan mengalami pemulihan yang cukup lama dari cedera olahraga begitu juga dengan hasilnya.

3. Bersertifikasi atau Resmi

Sangat penting untuk diingat bahwa tidak ada pil ajaib yang dapat mewujudkan atau memberikan hasil dengan cepat dan instan.

Jadi sebelum mengonsumsi suplemen pastikan pada botol atau kotak suplemen memiliki label verifikasi dari pihak ketiga seperti US Pharmacopeia, NSF Internasional, Informed Choice, HFL Sport Science, ConsumerLab.com atau Banned Zat Kontrol Group.

4. Kelebihan Kafein

Dosis kafein yang tinggi dalam suplemen mungkin menarik, tetapi dapat merusak tubuh Anda. Terlalu banyak kafein tidak hanya adiktif, tapi secara berlebihan akan memberikan tekanan lebih pada ginjal dan hati. Secara umum, mengonsumsi kafein tidak boleh lebih dari 300 miligram per hari.

5. Atlet Pria dan Wanita Bisa Menggunakan Suplemen Yang Sama

Untuk sebagian besar, pria dan wanita tidak perlu mengonsumsi suplemen yang berbeda, tetapi penting untuk wanita menyadari kalsium dan asupan zat besi yang dibutuhkan. Asupan kalsium yang rendah dapat menyebabkan fraktur stres pada wanita, dan zat besi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja daya tahan.

**

Suplemen dapat membantu Anda untuk lebih menunjang dan menjaga kesehatan tubuh, tapi mengonsumsi suplemen tidak memberikan jaminan penuh akan membuat Anda sehat seterusnya. Makanan sehat, segar dan minum banyak air putih tentunya harus dimasukkan dalam rutinitas sehat keseharian Anda juga.