Loading...

12 Masalah Waktu Kuliah Beserta Cara Mengatasinya

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Pendidikan

Masalah Waktu Kuliah

TERUSKAN.COM – Menjadi mahasiswa dan kuliah pada jurusan yang diidamkan dan di kampus yang diimpikan bukanlah sebuah akhir. Menjadi mahasiswa adalah sebuah permulaan untuk mencari pengalaman dan bekal ilmu untuk menjemput kesuksesan di masa depan. Namun, menjadi mahasiswa dan kuliah itu tidaklah semulus yang dibayangkan.

Berbagai masalah bisa saja timbul baik karena faktor internal maupun eksternal. Masalah-masalah tersebutlah yang kemudian mempengaruhi berhasil atau tidak berhasilnya seorang mahasiswa kuliah hingga wisuda.

Loading...

Bagi kamu yang saat ini sedang menempuh kuliah atau berencana kuliah, sebaiknya mengenali masalah yang sering dihadapi ketika kuliah baik di awal kuliah, ditengah maupun diakhir masa pembelajaran.  Tidak hanya mengenali tapi juga bisa mengetahui bagaimana cara menghadapinya.

Tidak bisa membuat paper dan tugas akhir

Ini sebagian besar dialami oleh mahasiswa terutama mahasiswa yang tidak memiliki skill menulis. Tidak ada cara lain selain berlatih menulis dan belajar kepada teman yang mahir menulis.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli buku-buku panduan menulis paper dan tugas akhir agar kemampuan menulis Anda semakin baik. Kuncinya ketekunan. Di awal mungkin berat tapi semakin lama akan semakin mudah.

Bingung antara organisasi dan fokus belajar

Tak sedikit mahasiswa yang bingung apakah aktif di organisasi atau fokus belajar saja. Ikut organisasi itu tidak ada salahnya. Malah sangat baik karena menambah kemajuan diri dan pengalaman. P

ilihlah beberapa organisasi yang sesuai passion. Kemudian atur jadwalnya agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah.

Munculnya kejenuhan dan rasa malas

Tugas yang bertumpuk dan jadwal kuliah yang padat membuat sebagian mahasiswa merasa jenuh serta malas kuliah. Ingat kembali mimpi-mimpi Anda dulu sebelum kuliah.

Betapa sayangnya mimpi itu tinggal mimpi hanya karena rasa malas. So, refreshinglah sejenak dan kembali bertindak.

Kuliah dan kerja yang tidak seimbang

Kuliah dan kerja yang berantakan sering dialami oleh mahasiswa yang nyambi. Sebaiknya, sesuaikan jadwal kuliah ketika pengisian Kartu Rencana Studi di setiap awal semester sehingga tidak bentrok dengan jam kerja.

Sebaliknya, sesuaikan jam kerja dengan jadwal kuliah. Pilihlah pekerjaan yang tidak terikat tempat dan waktu agar lebih memudahkan.

Kendala biaya hidup dan pendidikan

Bagi mereka yang kurang mampu, uang menjadi salah satu kendala utama untuk menamatkan kuliah hingga wisuda. Cobalah bekerja sampingan dan tidak mengandalkan orang tua semata.

Rajin mencari informasi beasiswa agar biaya kuliah terbantu. Selain itu, usahakan pengeluaran makan dan kost sehemat mungkin agar kuliah tetap berlangsung.

Sakit dalam waktu yang lama

Kendala lain ketika kuliah adalah sakit. Terkadang mahasiswa kemudian dipulangkan ke kotanya untuk mendapatkan perawatan intensif bersama orang tua.

Jika Anda tidak memiliki penyakit tertentu, sebaiknya jaga kesehatan. Seperti apapun banyaknya tugas, tetap luangkan waktu istirahat serta jaga pola makan.

Tidak suka mata kuliah dan dosen

Untuk tamat syaratnya Anda harus lulus semua mata kuliah. Jadi, jangan menghambat kelulusan dan cita-cita Anda hanya karena kurang suka dengan mata kuliah tertentu dan dosen yang mengajar.

Tempat kost yang tidak mendukung

Kost sangat menentukan kelangsungan studi. Carilah kost yang dekat dengan lingkungan kampus. Selain lebih efektif dan efisien juga akan memotivasi Anda untuk segera tamat. Tinggal di luar lingkungan kampus sering membuat mahasiswa lupa kalau mereka seorang mahasiswa.

Masalah dengan sahabat dan pacar

Ini kerap dialami oleh mahasiswa. Bangunlah komunikasi yang baik dan saling pengertian dengan sahabat maupun pacar. Sebaiknya, jadikan juga mereka sebagai teman seperjuangan meraih mimpi bukan malah merusak mimpi-mimpi Anda.

Malu presentasi dan diskusi

Ini adalah hal yang wajar. Asahlah kepercayaan diri Anda dan jangan takut menyampaikan sebuah pendapat. Semakin lama nanti Anda akan terbiasa berbicara di depan orang banyak. Ini masalah latihan mental saja.

Komunikasi yang kurang lancar

Bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil, mungkin sebagian masih ada yang belum bisa berbahasa Indonesia dengan lancar. Begitu juga, mereka yang kuliah di luar negeri yang mungkin masih kurang fasih berbahasa Inggris atau bahsa tertentu.

Tidak perlu khawatir dan malu karena belajar itu butuh proses. Perbanyak latihan saja.

Homesick dan culture shock

Masalah ini sering dialami oleh mahasiswa yang kuliah di luar kota atau luar negeri. Anda memang butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya dimana Anda tinggal. Jika sudah terbiasa nanti tidak kaget dan merasa asing lagi.

***

Nah, demikianlah  masalah waktu kuliah dan cara mengatasinya. Semoga terbantu dan kuliah Anda lancar dari awal hingga akhir.