Loading...

7 Rahasia Manajemen Waktu Yang Baik

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Dunia Karir, Keluarga

Manajemen Waktu

TERUSKAN.COM –  “Waktu adalah pedang”. Tidak ada seorang pun yang tidak kenal dengan ungkapan yang menunjukkan betapa berharganya waktu ini. Waktu memang sangat bernilai.

Salah satu yang membedakan antara orang sukses dengan orang gagal adalah cara mereka dalam memanfaatkan waktu yang mereka miliki. Orang sukses berhasil dalam mengoptimalkan waktu. Sementara, orang gagal lebih sering menyia-nyiakan waktu yang ada.

Loading...

Memang semua orang menyadari fakta di atas tetapi berbagai masalah hidup, tuntutan kewajiban, bencana alam dan sebagainya membuat waktu sebagian orang menjadi berantakan. Dalam hal ini, yang diperlukan adalah kepiawaian pribadi itu sendiri dalam mengorganisir masalah dan waktu yang ia miliki.

Dalam rangka mencapai manajemen waktu yang lebih efektif dalam hidup Anda, yuk disimak beberapa tips di bawah ini :

Ingat terus target-target Anda

Setiap harinya kita melakukan beragam tindakan meliputi urusan diri sendiri, anak, suami/isteri, di tempat kerja, perjalanan, sahabat, pasar dan sebagainya. Dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun tetaplah ingat target-target Anda.

Ketika Anda bisa mengingat target Anda, maka Anda akan terpacu untuk segera menyelesaikan aktivitas saat itu dan melaju ke target selanjutnya.

Buat proporsi waktu

Tetaplah pembagian waktu untuk berbagai kegiatan Anda. Umpamanya, bergurau dan bercanda dengan sahabat, belanja ke pasar, memasak, mandi dan sebagainya.

Tentukanlah berapa waktu yang akan Anda alokasikan untuk masing-masing kegiatan. Hal ini penting agar kegiatan Anda yang lain tidak kacau. Agar Anda tidak menghabiskan lebih banyak waktu untuk sebuah kegiatan dan kekurangan waktu untuk kegiatan yang lain.

Kelompokkan tugas berdasarkan prioritas

Selain menetapkan jatah waktu untuk masing-masing kegiatan, sebaiknya buat juga daftar prioritas dari kegiatan-kegiatan yang Ada.

Buatlah urutan mana yang paling penting, sangat mendesak dan sebagainya. Ini membantu agar pekerjaan yang mendesak tetap diutamakan penyelesaiannya.

Berusahalah untuk tidak menunda

Kebiasaan menunda ini adalah penyakit dalam manajemen waktu. Semakin sering menunda maka semua pekerjaan akan semakin kacau. Tak mustahil bila kemudian Anda bisa stres karena hal ini. Usirlah rasa malas dan tanamkan dalam diri Anda, sekarang atau tidak sama sekali.

Sediakan beberapa waktu luang

Meskipun setiap kegiatan sudah ditetapkan jatah waktunya masing-masing, pasti tetap ada pemakaian waktu yang berlebih dari alokasinya. Terutama kalau terjadi hal-hal yang diluar perkiraan dan mendadak.

Dengan menyedikan beberapa waktu yang kosong, maka Anda bisa mengisi untuk hal yang mendadak tersebut. Jadwal yang lain juga tidak terganggu.

Hemat dengan waktu Anda

Seperti menghemat uang, maka hemat pulalah waktu Anda. Meskipun sebuah kegiatan sudah Anda tentukan berapa waktu yang boleh dipakai, tak ada salahnya Anda berpacu dengan waktu yaitu mengupayakan semua kegiatan selesai sebelum waktunya.

Tidak hanya menghemat waktu, Anda juga akan memiliki waktu lebih untuk hal lain.

Hal pendukung

Hal pendukung agar manajemen waktu berjalan dengan baik yaitu ketenangan diri, evaluasi setiap saat, membawa buku catatan sebagai pengingat, bangun di pagi hari dan menjaga kesehatan. Tanpa semua ini maka manajemen waktu yang telah Anda rencanakan tidak akan berjalan sempurna.

***

Waktu yang dimiliki oleh setiap orang adalah sama. Agar kita tidak termasuk kepada kelompok yang merugi, maka teruslah berusaha memanage waktu sebaik mungkin.  Semoga Anda menjadi orang yang beruntung karena manajemen waktu yang berkualitas.