Loading...

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

Buah Pir

TERUSKAN.COM – Buah pir adalah tanaman yang mudah tumbuh di berbagai belahan dunia. Di balik manisnya rasa buah ini, tahukah anda bahwa ternyata buah ini mengandung banyak nutrisi dan kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang gemar mengonsumsi buah pir.

Nah jika Anda penasaran, maka di bawah ini ada ulasan mengenai manfaat buah pir bagi kesehatan dan kecantikan.

Loading...

Manfaat buah pir bagi kesehatan

Berikut ini adalah manfaat buah pir bagi kesehatan, antara lain :

1. Mencegah osteoporosis
Buah pir memiliki kandungan berupa boron yang dapat mempertahankan kalsium dan mencegah osteoporosis.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan pektin dan serat di dalam buah pir ternyata sangat baik dalam menghentikan diare dan tanin serta melancarkan sistem .pencernaan

3. Menghindari dehidrasi
Pir adalah buah yang kaya akan air yang efektif dalam memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Jadi jika tubuh terhindar dari dehidrasi, maka kulit pun akan lebih sehat dan memiliki tekstur yang kenyal.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Kandungan pektin di dalam buah pir mampu membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Pektin juga mampu membantu menyerap lemak di dalam usus sebelum diserap lewat aliran darah.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah pir mengandung vitamin A, B2, B3, B6, C, K, mineral, kalium, tembaga dan magnesium. Kandungan-kandungan itulah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Meminimalisir resiko kanker
Manfaat buah pir lainnya bagi kesehatan adalah dapat mencegah kanker. Hal ini lantaran asam hydroxycinnamic yang terdapat di dalam buah pir dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker perut.

7. Memerangi Alzheimer
Berdasarkan hasil riset terbaru, kulit pir memiliki kandungan antioksidan quercetin yang dapat mencegah resiko penyakit Alzheimer. Sehingga sebaiknya saat Anda mengkonsumsi pir, jangan membuang kulitnya.

Manfaat Buah Pir Bagi Kecantikan

Selain bagi kesehatan, buah pir juga baik untuk kecantikan. Apa sajakah? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Mengatasi kulit berminyak
Jika anda memiliki kulit wajah berminyak, maka Anda bisa menggunakan buah pir. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan daging buah pir dan kulitnya. Kemudian campurkan dengan krim segar dan madu. Oleskan pada wajah secara merata tiga kali seminggu.

2. Mencegah kerusakan kulit
Buah pir kaya akan serat yang selain baik untuk sistem pencernaan, juga berperan dalam menjaga kehalusan kulit. Hal ini lantaran serat menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga zat gula ke dalam aliran darah tidak merusak collagen yang diperlukan untuk menjaga kekenyalan pada kulit.

3. Mencegah kerutan pada kulit
Mengonsumsi buah pir secara rutin dapat mencegah kerutan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C, K dan tembaga di dalamnya dapat membantu memerangi radikal bebas.

4. Mencegah jerawat
Buah pir mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kekebalan kulit dari dalam. Sehingga kulit pun lebih tahan bakteri dan kuman yang memicu jerawat.

5. Menjaga kesehatan rambut
Buah pir yang sudah masak dapat digunakan untuk merawat rambut. Hal ini dikarenakan sorbotil serta glucitol di dalamnya dapat membantu menutrisi kulit kepala sehingga rambut tetap terlihat sehat dan cantik.

6. Menghaluskan rambut
Rambut yang kering dan kusut bisa diatasi menggunakan buah pir. Caranya yaitu dengan menjadikan buah pir sebagai masker.

7. Mengembalikan kilau rambut
Selain membuat rambut menjadi lebih halus, masker buah pir juga ternyata dapat membantu menjadikan rambut lebih berkilau. Anda hanya perlu mencampurkan daging buah pir yang telah dihaluskan dengan cuka apel dan air. Kemudian aplikasikan pada rambut secara merata.