Loading...

7 Cara Alami Samarkan Bekas Luka

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

menyamarkan bekas luka

TERUSKAN.COM – Mungkin ada di antara kita yang merasa tidak percaya diri memiliki bekas luka pada bagian tubuh, terutama jika bekas luka itu berada tepat pada wajah. Bekas ini tentunya akan mengganggu penampilan.

Nah, pada artikel ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka secara alami.

Loading...

Meskipun saat ini sudah banyak produk kecantikan yang diklaim mampu mengyembuhkan dan menghilangkan bekas luka, sebenarnya ada banyak cara alami yang bisa dilakukan. Jelas saja cara alami ini lebih direkomendasikan mengingat tidak adanya efek samping yang ditimbulkan.

Untuk menyamarkan bekas luka, Anda bisa mengandalkan banyak cara alami. Mulai dari menggunakan bahan madu, minyak zaitun, mentimun, jeruk nipis, lidah buaya, mengkudu dan daun mint. Cara penggunaannya pun cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

1. Madu

Tidak hanya baik bagi kesehatan, madu juga dikenal sejak lama untuk merawat kulit karena mampu membantu regenerasi kulit. Dengan inilah proses menyamarkan bekas luka pun akan lebih cepat.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, di mana Anda hanya perlu mengoleskan madu pada bagian wajah yang terkena luka, lalu diamkan selama 15-20 menit. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka sebaiknya aplikasikan madu secara rutin saat sebelum tidur.

2. Minyak zaitun

Cara penggunaan minyak zaitun tidak jauh berbeda dengan menggunakan madu. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang memiliki bekas luka.

Agar minyak zaitun dapat meresap, maka Anda bisa sambil melakukan pemjiatan dengan lembut setelah kulit dioleskan oleh minyak zaitun.

3. Mentimun

Menghilangkan bekas luka juga bisa menggunakan buah mentimun. Caranya cukup mudah.

Anda bisa mengambil satu buah mentimun dan potong-potong lalu haluskan dengan blender. Kemudian tempelkan mentimun yang telah dihaluskan pada bekas luka. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis memang diakui memiliki banyak manfaat. Selain dapat mengatasi batuk, jeruk nipis juga ternyata cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka. Caranya pun mudah.

Anda hanya perlu mengambil 1 buah jeruk nipis dan mengirisnya. Langkah selanjutnya gosokkan irisan jeruk nipis tersebut pada kulit yang terdapat bekas luka. Setelah itu, Anda bisa mendiamkannya selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat. Akan tetapi perlu Anda ingat bahwa saat anda menggunakan jeruk nipis pada bekas luka akan memberikan efek perih sedikit

5. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan gel yang bisa menghilangkan bekas luka. Caranya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka. Diamkanlah selama beberapa menit.

Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari. Anda bisa melakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Daun mint

Daun mint adalah bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya cukup mudah.

Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 4-6 lembar daun lembar daun mint lalu tumbuk sampai halus dan oleskan pada bekas luka. Diamkanlah sampai mengering. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

7. Mengkudu

Mengkudu dipercaya efektif dalam mencegah kanker. Tidak hanya itu, mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya yaitu potong mengkudu menjadi beberapa bagian. Lalu masukkan buah mengkudu ke dalam blender lalu tambahkan sedikit air dan blender sampai halus. Lalu oleskan pada wajah yang terdapat bekas luka. Diamkan sampai mengering dan bilas menggunakan air.

**

Nah itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka yang bisa Anda lakukan. Cukup mudah bukan? Lebih baik Anda menggunakan bahan-bahan alami agar terhindar dari efek samping.