Loading...

Syarat Dan Langkah Untuk Melakukan Pembelian Kredit HP

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Finansial, Teknologi

syarat kredit hp

TERUSKAN.COM – Sekarang ini, kebanyakan orang lebih menyukai sistem kredit, sebuah sistem pembelian dimana Anda bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan tanpa langsung mengeluarkan banyak uang atau membayarnya secara tunai.

Misalnya saja membeli handphone (HP) melalui sistem kredit, ini bisa dianggap cukup menguntungkan terutama bagi para mahasiswa yang ingin memiliki HP tapi belum memiliki dana yang cukup.

Loading...

Ada banyak jasa yang telah menawarkan pembelian dengan sistem ini, dengan tujuan untuk memudahkan Anda mendapatkan gadget atau barang yang Anda inginkan. Namun terkadang orang berfikir bahwa cara ini hanya dapat dilakukan apabila Anda memiliki kartu kredit. Padahal kenyataannya sistem tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja meskipun tanpa kartu kredit.

Bagi Anda yang memiliki penghasilan dari pekerjaan atau uang saku dari orang tua, Anda dapat melakukan pembelian handphone dengan menggunakan sistem kredit, ini tentu akan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, baik pembeli ataupun penyedia jasa. Cara membeli handphone melalui sistem ini cukup mudah, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyerahkan data diri Anda berupa KTP beserta dokumen lainnya.

Persyaratan Membeli HP Secara kredit

Meskipun begitu, masih banyak yang bertanya bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk melakukan pembelian kredit. Maka dari itu, simaklah beberapa langkah dan persyaratan berikut yang harus Anda penuhi saat akan membeli HP secara kredit:

> Sistem kredit kebanyakan dilakukan oleh mereka yang memiliki kartu kredit, namun bila Anda tidak memilikinya, Anda dapat mendatangi outlet handphone yang menyediakan jasa kredit tanpa menggunakan kartu kredit.

> Ada beberapa hal yang harus Anda serahkan untuk memenuhi syarat pembelian HP secara kredit, seperti Kartu Keluarga, KTP (usia tidak boleh dibawah 20 tahun), slip gaji, keterangan domisili, dan terkadang diperlukan pula NPWP. Apabila Anda tidak memiliki slip gaji, Anda bisa memberikan fotokopi dari rekening tabungan Anda selama tiga bulan terakhir.

> Sebelum melakukan pembelian kredit HP, Anda harus menyerahkan biaya DP paling tidak sebesar 20% dari harga handphone yang akan Anda beli. Hanya dengan membayar DP tersebut, Anda sudah bisa memiliki dan membawa pulang gadget Anda.

> Setelah itu, Anda harus membayar cicilan setiap bulan, jumlah dari cicilan tersebut dapat Anda sepakati bersama dengan penyedia jasa kredit. Kebanyakan orang biasanya melakukan cicilan HP selama 6 bulan ataukah lebih. Jumlah bunga tergantung dari jasa penyedia layanan tersebut. Dan tentu saja Anda harus memperhitungkan dengan baik seberapa banyak penghasilan Anda dengan jumlah cicilan bulanan handphone tersebut.

Kredit handphone dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda yang ingin memiliki gadget dengan harga dan kualitas yang terjangkau tanpa langsung membayar lunas. Namun Anda perlu ingat untuk mengetahui secara rinci penyedia jasa yang akan Anda gunakan sebelum membeli handphone.

Jangan sampai Anda berakhir pada penipuan yang tidak diinginkan. Jika ada yang memberi penawaran tidak masuk akal, apakah terlalu murah atau terlalu mahal, jangan langsung percaya dan tertarik melakukan transaksi. Melakukan kredit HP bukanlah hal yang dapat Anda lakukan main-main, Anda perlu untuk memikirkan segala sesuatunya sebelum membeli.

Semoga beberapa langkah dan persyaratan di atas dapat menjadi informasi yang berguna untuk Anda.