Loading...

9 Makanan Sehat Pencegah Masalah Kebotakan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

mengatasi kebotakan pria

TERUSKAN.COM – Rambut rontok dan kebotakan telah menjadi masalah besar untuk sebagian orang saat ini. Lingkungan sekitar, gaya hidup dan kebiasaan makan yang buruk menjadi salah satu faktor penyebab masalah tersebut. Misalnya saja untuk makanan sejenis junk food yang tidak memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik melainkan penggunaan bahan pengawet akan berdampak pada kulit dan rambut.

Jadi, jika Anda benar-benar ingin menyingkirkan masalah kebotakan dan rambut rontok, Anda akan harus menjaga pola hidup Anda sehari-hari.

Loading...

Selain melakukan perubahan dengan gaya hidup, ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat dengan mudah mencegah masalah kebotakan dan membantu penyuburan rambut dengan alami.

Nah, apa saja makanan yang akan mengatasi dan memberi solusi atas masalah rambut Anda? Yuk, simak artikel di bawah ini.

1. Telur

Seperti yang Anda semua tahu, sebagian besar dari rambut kita terdiri dari protein sehingga penting untuk Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Yup, telur merupakan salah satu sumber yang sangat baik dari protein dan vitamin B yang membantu Anda mencegah kebotakan.

2. Susu

Jika Anda seorang vegetarian dan mengalami masalah kebotakan rambut, susu bisa membantu Anda. Beberapa makanan dan minuman yang berbahan dasar susu  seperti yoghurt dan susu skim merupakan sumber yang baik dari vitamin A. Selain itu, susu juga meningkatkan produksi sebum di kulit kepala yang membantu mencegah kebotakan.

3. Bayam

Sayuran berdaun hijau sangat kaya akan nutrisi, antioksidan dan vitamin B, C, dan E. Selain itu juga kaya kalium,  asam lemak omega 3, zat besi dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan membantu mencegah kebotakan.

4. Buah Kering atau Kacang

Jika Anda ingin menyingkirkan kebotakan atau masalah rambut lainnya, mulailah mengkonsumsi kacang dan buah-buahan kering. Keduanya adalah sumber makanan  yang kaya protein, vitamin, mineral, dan fitokimia yang memainkan peran besar dalam memecahkan masalah kebotakan dan rambut rontok.

Beberapa jenis kacang- seperti kacang merah, kacang hitam, kedelai, buncis dapat Anda sertakan dalam menu sarapan pagi atau makan malam.

5. Ikan

Protein sangat penting untuk pertumbuhan rambut Anda. Jika Anda suka makan ikan, maka jangan khawatir akan mengalami rambut rontok atau kebotakan. Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, mackerel dan cod merupakan sumber yang sangat baik untuk protein dan  asam lemak omega 3.

6. Wortel

Umumnya, wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk mata, tetapi wortel memiliki manfaat lain yang  baik untuk mengatasi masalah rambut rontok dan mencegah kebotakan. Beta-karoten dan vitamin A yang hadir dalam wortel membantu menghasilkan sebum di kulit kepala yang sama dengan susu dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

7. Oats

Mulailah sarapan pagi dengan oats atau sereal. Oats mengandung vitamin, mineral, protein, kalium, seng, tembaga, magnesium, besi dan fosfor yang secara keseluruhan membantu mencegah kebotakan.

8. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat baik untuk rambut Anda. Beta karoten dalam tumbuhan merambat ini membantu proses pertumbuhan rambut. Disamping itu juga terdapat vitamin C, zat besi, tembaga dan protein yang penting untuk kesehatan rambut Anda.

9. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari kaya akan nutrisi yang membantu mencegah kebotakan. Biji bunga matahari mengandung protein, selenium, seng, biotin, tembaga, besi, vitamin B dan E serta sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3.

**

Seperti yang Anda tahu, untuk mendapatkan rambut yang kuat tentunya rambut membutuhkan nutrisi. Karena itu, mengonsumsi makanan sehat sangat dibutuhkan.

Semoga bermanfaat.