Loading...

5 Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan
Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

TERUSKAN.COM – Sistem kekebalan tubuh yang dimiliki seorang bayi masih belum terbentuk secara baik dan sempurna sehingga bayi rentan sekali terserang penyakit.

Sistem kekebalan tubuh merupakan suatu pertahanan utama bagi tubuh kita pada saat penyakit ataupun infeksi menghampiri.

Loading...

Sebagai orang tua dari sang buah hati anda, andah harus menjaga dan meningkatkan kekebelan tubuh pada sang buah hati anda agar tidak mudah terserang penyakit dan sehat selalu.

Bayi sangat rentan sekali terserang bakteri serta virus pada saat bersentuhan langsung dengan benda benda yang terdapat bakter seperi menyetuh mainan atau lingkungan yang kotor.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan kekebalah tubuh pada sang buah hati anda:

Berikan ASI secara eksklusif

Asupan yang paling baik bagi sang buah hati adan ialah ASI. Sangat disarankan bagi sang ibu menyusui untuk memberikan asupan ASI secara eksklusif selama 6 bulan pada bayinya.

Telah terbukti bahwa ASI mempunyai bakteri yang sangat bermanfaat dan memiliki zat – zat yang yang sangat dibutuhkan oleh bayi, seperti untuk membetntuk mikroflora pada usus yang sangat penting bagi daya tahan tubuh bayi.

Selain itu ASI juga dapat melindungi bayi dari ancaman infeksi teling, diare, alergi, pneumonia, infeksi di saluran urin dan yang paling berbahaya sudden infact death syndrome atau sindrom kematian bayi yang mendadak. Selain itu asi juga dapat mengembangkan sel-sel yang terdapat dalam otak.

Penuhi nutrisi sang buah hati

Setelah melewati masa ASI eksklusif selama 6 bulan, maka anda boleh mengenalkan berbagai macam makanan padat yang dilakukan secara bertahap agar bayi bisa beradaptasi.

Saat anda memberikan makanan tambahan pada sang buah hati, anda harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada makanan tersebut. Hal ini sangat penting bagi sang buah hati anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Tidak lupa juga berikan sayur-sayuran dan buah yang mengandung banyak vitamin C dan betakaroten yang terkandung dalam wortel dan jeruk. Vitamin C dan betakaroten ini mampu menangkal berbagai macam virus dan membantu dalam perkembangan sel-sel baru.

Waktu tidur

Kekebalan tubuh pada bayi akan mengingkat ketika kebutuhan tidur sang bayi terpenuhi. Selama bayi tidur, pada saat itulah sel-sel baru didalam tubuh bayi terbentuk yang bisa menangkal serangan virus dan mikroba.

Maka dari itu sebaiknya, berikanlah waktu tidur yang cukup untuk bayi selama 16 – 18 jam setiap harinya, tidur yang cukup sangat berhubungan dengan meningkatnya sistem imunisasi.

Terapkan pola hidup bersih

Bayi itu sangat mudah sekali terserang virus dan bakteri yang menyebabkan timbulnya suatu penyakit. Oleh karena itu biasakanlah menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mulai dari membiasakan cuci tangan sebelum anda bersentuhan dengan sang buah hati anda. Terutama saat anda telah melakukan aktivitas di luar rumah ataupun setelah anda menyentuh baran-barang yang ada di sekitar.

Kebanyakan dari para bayi menderita infeksi seperti demam, batuk, pilek dan diare itu berasal dari tangan bayi itu sendiri juga dari tangan orang – orang yang berda di sekitarnya yang telah bersentuhan dengan sang bayi.

Hindari asap rokok

Racun yang terdapat dalam asap rokok tersebut bisa mengganggu kesehatan anda dan terlebih lagi sang buah hati anda. Asap rokok tersebut dapat membunuh sel-sel baru dalam tubuh bayi, bayi yang sering menghirup asap rokok sangatlah beresiko terserang penyakit asma, bronchitis, infeksi pada telinga bahkan terjadi Sudden Infant Syndrome atau yang biasa disebut dengan sindrom kematian secara mendadak.

***

Nah itulah 5 tips untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi Anda. Mulailah dari sekarang melakukan polah hidup yang sehat dan jaga juga tubuh anda.