Loading...

Tips Sukses Mengatasi Pertengkaran Bagi Pasangan

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Keluarga, Remaja

bertengkar dengan pasangan

TERUSKAN.COM – Tidak selamanya hubungan Anda dan pasangan indah dan damai. Ada saat dimana Anda dan pasangan mengalami masalah sehingga menimbulkan pertengkaran. Pertengkaran memang sering terjadi pada setiap pasangan karena perbedaan watak, anggapan, dan berbagai masalah lain yang datang dari luar.

Dengan adanya masalah tersebut, pasangan akan bertambah kuat dalam membina hubungan mereka sehingga mereka akan lebih pandai dalam mengatasi masalah selanjutnya yang datang.

Loading...

Ibaratnya, masalah seperti “bumbu” yang menambah kekuatan cinta dan kebahagiaan dalam menjalin hubungan yang harmonis. Karena sejatinya pertengkaran ataupun masalah ibarat proses untuk menjadi pribadi yang lebih matang, dewasa, dan ajang untuk memahami satu sama lain.

Hanya saja, jika seseorang tidak bisa menghadapi dan mengatasi masalah tersebut, maka resiko terbesar yang bisa mereka dapatkan adalah bercerai bagi pasangan suami istri atau putus bagi yang masih pacaran.

Jika seseorang bisa mengatasi pertengkaran dan masalah dengan baik, maka hubungannya akan semakin harmonis dan kuat. Sebaliknya, bagi mereka yang tidak bisa mengatasi pertengkaran maka justru efek buruk yang akan mereka dapatkan.

Oleh karena itu, untuk menjaga hubungan Anda dan pasangan tetap harmonis, beberapa tips berikut akan berguna dalam meredakan pertengkaran:

Pikirkan dengan kepala dingin

Sebelum Anda marah-marah dan membentak pasangan, sebaiknya Anda beri waktu sendiri untuk berpikir dan menelaah apa yang sebenarnya tengah terjadi. Karena, banyak sekali pasangan yang mendengar berita buruk tentang pasangannya kemudian ia langsung marah begitu saja tanpa melihat dulu kebenaran informasi yang ia dapatkan. Dan, ternyata ia hanya salah paham terhadap pasangannya.

Nah, dengan berpikir sejenak Anda telah menghindari pertengkaran karena kesalahpahaman tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan diri berpikir tentang bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan apa yang Anda rasakan kepada pasangan.

Bersikap Tenang

Dengan kata lain, jika Anda ikut emosi dan marah maka pertengkaran akan semakin besar bahkan bisa terjadi tindak kekerasan. Tapi jika Anda bersikap tenang dan lembut maka kemarahan pasangan bisa diminimalisir.

Hindari kata-kata ini

Orang marah biasanya tidak sadar dengan apa yang dia ucapkan karena saat marah ia hanya berpikir bagaimana melampiaskan rasa marahnya pada saat itu juga. Sehingga orang yang tengah marah sering mengeluarkan kata-kata kasar.

Karena itu, meskipun Anda tengah marah, cobalah mengontrol emosi dan jangan pernah mengatakan kata-kata seperti, “Kita putus/ kita bercerai”, “Aku menyesal telah mengenalmu!” ataupun kata-kata kasar lainnya yang akan membuat Anda menyesesal begitu emosi Anda normal.

Ada Saatnya Anda Mengalah

Ada saatnya Anda untuk mengatakan “Maaf” jika pasangan Anda sama sekali tidak percaya dengan apa yang Anda katakan. Jika Anda terus protes dan berdebat, maka pertengkaran tersebut tidak akan kunjung selesai. Setelah emosi Anda dan pasangan mereda, barulah Anda menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

Berbicara dari hati ke Hati

Cari waktu yang tepat bagi Anda dan  pasangan untuk berbicara tatap muka dan dari hati ke hati. Dengarkan apa keluhannya, kemudian respon keluhan tersebut. Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa menelaah apa sebenarnya penyebab masalah yang membuat pertengkaran itu terjadi, kemudian mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

**

Nah, itulah beberapa tips bagi Anda dalam mengatasi dan meredakan pertengkaran yang tengah terjadi.Ingatlah, setiap masalah pasti ada solusinya karena itu jangan terus menerus memendam masalah dan terus menerus memperdebatkannya.

Cobalah untuk berbicara dengan pasangan Anda secara baik-baik dan dalam keadaan tenang. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan mendapatkan solusi yang tepat dalam menangani masalah yang ada. Semoga tips ini berguna.