Loading...

Cara Membujuk dan Menenangkan Anak yang Takut Disuntik

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Keluarga, Kesehatan

anak takut disuntik

TERUSKAN.COM – Salah satu kesulitan yang sering ditemui oleh para ibu adalah menghadapi anaknya yang tidak mau disuntik karena takut dengan jarum suntik. Ketakutan anak terhadap suntikan bisa terjadi karena mendengar dari teman-temannya kalau disuntik itu sangat sakit, trauma, atau karena takut membayangkan jarum yang runcing tersebut menimbulkan rasa sakit dikulitnya.

Tidak hanya anak kecil, bahkan sebagian kecil orang dewasapun juga mengalami ketakutan ini. Hanya saja bedanya, orang dewasa tentu paham manfaat suntikan tersebut, sementara anak belum terlalu paham dengan manfaat suntikan sehingga ia akan menolak bahkan menangis saat hendak disuntik.

Loading...

Tentu ini akan membuat dampak buruk bagi kesehatannya karena suntikan itu sendiri berfungsi untuk melindunginya dan memberi kekebalan dari penyakit ataupun dalam rangka imunisasi.

Nah, jika Anak tidak mau disuntik, maka ia akan lebih mudah untuk diserang penyakit dan penyakit yang tengah dideritanyapun tidak kunjung sembuh. Sebagai orangtua, Anda tentu paham bagaimana pentingnya suntikan tersebut bagi anak, karena itulah Anda harus pintar dalam dalam membujuk dan menenangkan anak agar mau disuntik.

Beberapa kiat yang perlu Anda lakukan agar anak tidak takut dengan jarum suntik yaitu:

Jelaskan tentang pentingnya suntikan

Cara pertama yang perlu Anda lakukan agar anak tidak takut dengan jarum suntik adalah menjelaskan tentang pentingnya suntikan itu sendiri. Jelaskan apa manfaatnya untuk kesehatan dan apa pula bahaya jika ia tidak disuntik.

Upayakan untuk menyebut fakta atau contoh agar anak percaya, karena sebagian anak justru menganggap kita hanya berbohong agar dia mau disuntik.  Lakukan cara ini dengan santai dan tentu dengan kalimat sederhana yang mudah ia mengerti.

Jangan perlihatkan wajah tegang

Jangan perlihatkan wajah tegang saat ataupun sebelum anak disuntik, apalagi menakut-nakutinya. Jika Anda tegang, maka anak juga akan ikut tegang sehingga dia akan semakin takut untuk disuntik. Upayakan untuk menghibur anak sebelum ia disuntik ataupun setelah ia disuntik. Katakan bahwa disuntik itu tidak sakit hanya seperti digigit semut.

Dengan begitu, pikiran anak yang mengatakan bahwa jarum suntik itu sangat sakit akan hilang. Anda juga bisa memeluknya agar suasana tidak tegang dan ia merasa dilindungi.

Alihkan perhatian anak

Saat-saat yang paling menegangnya bagi anak adalah saat dokter siap menancapkan jarum suntik pada kulitnya. Nah, pada saat itulah Anda bisa mengalihkan perhatian anak agar tidak terlalu cemas menghadapi suntikan. Selain itu, jika Anda tidak mengaihkan perhatiannya, maka ia akan melihat jarum suntik yang akan dicancapkan di kulitnya, ini akan membuatnya semakin takut.

Cara mengalihkan perhatian yang bisa Anda lakukan seperti menceritakan hal-hal yang lucu atau sengaja mengajak anak mengamati hiasan didinding. “Dinda coba lihat gambar bunga itu!Lucu sekali ya? Dinda juga punyakan di rumah?” kalimat senada bisa Anda ucapkan sambil tersenyum. Atau menyuruhnya untuk menutup mata agar ia tidak melihat jarum suntik.

Berikan dia hadiah

Anak kecil biasanya sangat senang dengan hadiah, karena itu, Anda bisa memberikannya hadiah sebelum disuntik dan baru boleh dibuka saat ia selesai disuntik. Ini tidak hanya menimbulkan rasa senang bagi anak, tapi juga untuk mengurangi ketegangan dan rasa cemasnya.

Begitu ia selesai disuntik, maka perikan tepukan kecil sebagai tanda penghargaan kalau anak sudah tidak takut lagi disuntik.

**

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam membujuk dan menenangkan anak yang takut dengan jarum suntik. Dengan demikian, jika suatu saat anak Anda perlu disuntik lagi, maka Anda tidak perlu cemas karena anak Anda sudah tidak takut lagi disuntik. Semoga artikel ini bermanfaat.