Loading...

8 Makanan yang Mampu Menciptakan Mood Anda

Penulis: Gita Flozia Rubrik: Kesehatan

MAKANAN YANG MENCIPTAKAN MOOD

TERUSKAN.COM – Bisakah mengkonsumsi makanan membantu menjaga suasana hati tidak menjadi buruk? Tentu bisa, para ilmuwan mulai menyadari ada keterkaitan antara diet (pola makan), tingkat peradangan yang terjadi di dalam tubuh, dengan suasana hati yang dialami seseorang.

Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi secara teratur dapat membantu Anda menurunkan tingkat stress, merasa lebih tenang, dan mempertahankan energi dari dalam ke luar tubuh.

Loading...

Ketika anda merasa lelah, anda lebih mudah mengalami stress. Dengan mengkonsumsi makanan penghilang stress, anda akan lebih dapat menstabilkan emosional dan akan bersemangat dalam melakukan aktivitas.

Dilansir dari  webmd.com, sebuah penelitian telah menunjukkan beberapa hal yang bisa membantu menyeimbangkan suasana hati, salah satunya adalah mengonsumsi  makanan.

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan. Makanan ini tidak dimaksudkan sebagai  obat atau pengganti obat dalam mengatasi penyakit apapun. Dengan mengonsumsi makanan ini, mampu mempengaruhi kerja sel dalam tubuh, sehingga tubuh lebih rileks dan perasaan menjadi tenang, dilansir psychcentral.com:

Alpukat

Lemak tak jenuh dan potasium dalam alpukat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, buah ini sarat dengan vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan aktivitas dan otak sel saraf yang sehat.

Jeruk

Pada buah jeruk, memiliki vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C tersebut dapat mengembalikan tekanan darah menjadi normal, sehingga tingkat stress berkurang. Vitamin C juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan penurunan stress dan sistem imun yang baik, maka  akan menciptakan ‘mood’ yang baik pula.

 Kacang-kacangan

Kenari membantu dalam menggantikan vitamin B. Almond dapat meningkatkan vitamin E (yang membantu melawan kerusakan sel terkait dengan stres kronis), dan kacang pistachio yang dapat menstabilkan hormon sehingga mengurangi stres terhadap tubuh.

 Asparagus

Asparagus merupakan sumber asam folat. Asam folat yang tinggi dalam asparagus dapat membantu meringankan gejala depresi, seperti lesu dan ketegangan mental.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli yang kaya akan kalium, magnesium dan kalsium. Kalsium membantu tubuh anda menjaga ritme sirkadian, serta kalium dan magnesium yang dapat membantu kekuatan pada otot. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan sakit kepala migrain dan perasaan lelah.

Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti ubi jalar,  mendorong otak untuk menghasilkan lebih banyak serotonin. Karbohidrat kompleks juga membantu menstabilkan kadar gula darah, dimana menyediakan cukup energi dalam beraktivitas.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3, banyak ditemukan pada bahan pangan ikan. Asam lemak ini dapat melindungi jantung dari lonjakan hormon penyebab stress. Ikan cod, salmon, tuna dan kakap kaya tryptophan, asam amino yang secara alami meningkatkan kadar serotonin.

Dark Coklat

Dark chocolate merupakan  70 % hasil dari buah kakao. Kakao mampu memberikan Anda dorongan instan dalam memperbaiki suasana hati, dapat berkonsentrasi, dan membantu untuk meningkatkan aliran darah ke otak dengan relaksasi pembuluh darah.

***

Jadi, bagi anda yang  ingin menciptakan dan atau akan memperbaiki mood, cobalah mengkonsumsi jenis  makanan di atas. Semoga berhasil!

(Photo: sohomastermind.com)