Loading...

11 Hal Penting Dicermati Sebelum Berbisnis Salon Kecantikan

Penulis: Asri Tadda Rubrik: Bisnis

TERUSKAN.COM – Tidak ada wanita yang tidak ingin tampil cantik. Itulah alasan mengapa bidang bisnis yang bersangkutan dengan wanita tidak pernah padam.

Kebanyakan wanita tidak akan segan merogoh kocek yang banyak hanya untuk memperbaiki penampilan, sangat berbeda sekali dengan kaum pria yang cenderung tidak terlalu memikirkan penampilan.

Berbisnis Salon Kecantikan

Berbisnis Salon Kecantikan

Loading...

Sebagai wanita tentu anda bisa melihat peluang usaha dari kebiasaan ini. Anda bisa mendirikan salon kecantikan, yang mana salon selalu dicari oleh banyak orang yang ingin tampil prima.

Selain itu, kebanyakan pelanggan sangat loyal terhadap pelaku bisnis satu ini. Namun anda juga perlu mencermati bahwasannya bisnis salon termasuk bidang jasa. Karena itu, kepuasan pelanggan adalah yang terutama.

Nah, sebelum memulainya, ada beberapa hal penting yang harus anda cermati, diantaranya :

Mencintai Bidang yang Ingin Digeluti

Sulit untuk memulai bisnis salon jika anda sendiri tidak suka berdandan. Sekalipun anda berlaku sebagai pemilik, anda juga harus memiliki visi yang jelas mengenai bisnis salon yang anda jalankan. Karena itu, cintailah bidang yang ingin anda geluti dengan cara, tertarik pada masalah kecantikan dan terbiasa berdandan.

Survei Pesaing

Untuk tampil unik dan beda, tentu anda harus mengetahui bagaimana kualitas salon di sekitar anda, apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki salon tersebut. Dengan melakukan survei pesaing, anda dapat menemukan hal yang unik dan beda pada usaha anda dibanding dengan salon lainnya.

Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Anda harus mengetahui secara dalam apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, mulai dari kebutuhan perawatan hingga harga yang pantas sebagai upah anda.

Mempelajari Banyak Hal Tentang Kecantikan

Meskipun anda menyukai dunia kecantikan, anda tidak boleh langsung mendirikan salon tanpa pengetahuan yang cukup. Anda bisa menambah ilmu dengan mengikuti kursus kecantikan, seminar, ataupun membaca buku-buku kecantikan.

Bisnis salon termasuk bidang jasa, karena itu kepuasan pelanggan adalah yang terutama

Bisnis salon termasuk bidang jasa, karena itu kepuasan pelanggan adalah yang terutama

Sekalipun nantinya anda lebih banyak berperan di balik layar, pengetahuan anda mengenai pengelolaan salon juga harus memadai. Sebisa mungkin anda telah mendapat pengesahan dari lembaga kecantikan dibuktikan dengan sertifikat lulus. Dengan begitu, keterampilan dan kemampuan yang anda miliki akan diakui.

Selalu Berlatih

Bisnis salon sangat mengedepankan keterampilan dibanding teori, karena itu anda harus rajin berlatih semaksimal mungkin. Jika anda merasa belum fasih, anda bisa terlebih dahulu bekerja pada salon lain.

Menciptakan Tempat yang Bersih dan Suasana yang Nyaman

Bagi sebagian orang, salon tidak hanya berperan sebagai tempat untuk merawat diri, tapi juga tempat untuk melepas kepenatan dari rutinitas harian. Salon yang bersih dengan suasana yang nyaman tentu akan mendukung hal itu.

Promosi Gencar-gencaran

Hal utama yang dilakukan oleh setiap pebisnis saat merintis usaha ialah melakukan promosi. Salon anda tidak mungkin menarik pelanggan dengan sendirinya. Karena itu, anda harus melakukan promosi gencar-gencaran, baik itu melalui mulut ke mulut, media cetak, ataupun media sosial online.

Membuat Nama yang Unik

Buatlah nam salon yang unik dan beda, namun mudah untuk diingat.

Menyediakan Beberapa Pelayanan

Hendaknya salon anda memberikan lebih dari satu pelayanan, agar konsumen yang terjaring lebih banyak. Utamakan menyediakan pelayanan yang banyak dicari.

Menggunakan Bahan dan Peralatan yang Aman

Gunakanlah bahan dan peralatan yang aman yang sesuai dengan standar ketetapan. Jangan pernah coba-coba untuk menggunakan bahan dan peralatan yang berbahaya karena hanya akan membuat nama baik salon anda menjadi tercemar. Jika sudah seperti itu, dapat dipastikan salon anda akan kehilangan konsumen.

Sabar dan Tekun

Dalam menjalankan bisnis, bisnis apapun itu, anda harus memiliki sikap yang sabar dan tekun. Kedua sikap itu dapat membuat anda semakin dewasa dalam berbisnis dan besar kemungkinan anda akan menjadi pengusaha salon kecantikan yang berhasil.