Loading...

Manfaat Dan Khasiat Bunga Mawar

Penulis: Nila Rubrik: Kecantikan, Kesehatan, Wanita

manfaat air mawar

TERUSKAN.COM – Bunga mawar atau Rosa canina adalah tanaman hias yang mempunyai bentuk bunga sangat cantik, indah dan berwarna – warni. Sejak jaman dahulu, bunga mawar dijadikan sebagai lambang cinta terutama mawar merah. Di Indonesia, bunga mawar sering digunakan sebagai keperluan rumah tangga seperti tanaman hias di pekarangan rumah, bunga meja atau bunga tabur.

Di balik kecantikan mahkota bunga dan keindahan warnanya ternyata bunga mawar mempunyai khasiat bagus untuk dunia kesehatan dan kecantikan.

Loading...

Bagi dunia kecantikan, bunga mawar dijadikan sebagai bahan untuk perawatan wajah, kulit dan rambut. Sedangkan dalam dunia kesehatan, bunga mawar adalah obat untuk beberapa jenis penyakit seperti menurunkan kolsterol, mencegah penyakit jantung, meringankan gejala flu, diare, serta infeksi saluran kemih.

Untuk lebih lengkapnya simak paparan tentang manfaat dan khasiat dari bunga mawar di bawah ini :

1). Menghilangkan jerawat

Air bunga mawar merupakan salah satu bahan pembersih alami yang kaya akan kandungan zat antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Cucilah wajah anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air mawar setiap pagi hari. Anda juga dapat membersihkan wajah dengan kapas yang dibasahi air mawar.

2). Kesehatan rambut

Air mawar berkhasiat untuk memelihara kesehatan rambut karena kaya akan zat penyejuk alami yang berfungsi sebagai pelembab. Tuangkan beberapa tetes air mawar ketika anda keramas bersamaan dengan sampo pilihan untuk menciptakan aroma wangi pada helai rambut anda.

Dapat juga digunakan setelah keramas, teteskan pada rambut yang basah, lalu pijat lembut untuk membantu pertumbuhan rambut menjadi subur. Di samping itu, air mawar dapat mengatasi peradangan di kulit kepala karena ketombe membandel.

3). Kesehatan mata

Mata lelah dan lingkaran gelap di bawah mata dapat anda atasi dengan air mawar. Air mawar bagus digunakan untuk menghilangkan mata merah dan meradang.

Teteskan 2-3 tetes pada mata, lalu tutuplah mata anda selama beberapa menit untuk memberikan kesempatan air mawar membersihkan mata anda. Lakukan cara ini secara rutin untuk menghindari infeksi mata lebih parah.

4). Untuk miss V

Perawatan kecantikan tubuh seperti spa biasanya memakai air mawar sebagai salah satu bahan utama. Hal ini disebabkan karena bunga mawar mempunyai keharuman air mawar yang khas dan berkhasiat untuk organ intim anda.

Cucilah miss V dengan air hangat yang telah dicampur dengan air mawar secara rutin.

5). Mengatasi bengkak di kaki

Bunga mawar memiliki khasiat yang ampuh sebagai media untuk mengatasi bengkak pada kaki. Caranya ambil 2-3 tangkai bunga mawar lalu ditambah dengan 30 gram daun sembung, cuci bahan sampai bersih. Lalu rebus dengan air 600 ml sampai mendidih dan minumlah airnya sebanyak 2 kali sehari sampai kaki sembuh.

6). Kesegaran tubuh

Bunga mawar dapat menjaga kesegaran tubuh seperti mandi lulur di spa yang menggunakan kelopak mawar sebagai media penyejuk tubuh setelah anda seharian beraktivitas di luar rumah.

7). Penambah bahan makanan

Kewangian dan harum dari bunga mawar mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga anda dapat menambahkan bunga bawar di dalam beberapa jenis makanan dan minuman yang anda buat.

8). Mempercantik kulit

Bunga mawar memiliki kandungan lemak yaitu asam lemak omega-3 dan omega-6 yang berkhasiat untuk kesehatan kulit, sehingga anda dapat memiliki kulit yang sehat, cantik dan lembut apabila rutin merawatnya dengan kosmetik berbahan dasar dari bunga mawar segar.

9). Mengurangi stres

Aroma harum pada bunga mawar dapat menghilangkan rasa lelah atau stres sehingga tubuh dan pikiran anda kembali nyaman dan stres yang sedang menekan bisa anda hadapi dengan tenang. Terapi ini cukup terkenal pada masyarakat Romawi Kuno yang banyak memanfaatkan bunga mawar sebagai obat depresi.

**

Melihat 9 khasiat kesehatan dan kecantikan dari bunga mawar, menambah kegunaan dimana selama ini kebanyakan orang hanya mengira bahwa bunga mawar hanya dipakai sebagai pajangan atau hiasan saja. Ternyata bunga mawar memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang wajib anda ketahui.