Loading...

6 Kesalahan yang Perlu Dihindari Ketika Sudah Sukses

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

TERUSKAN.COM – Manusia bukanlah makhluk sempurna yang tentu saja seringkali membuat kesalahan atau khilaf. Bukan hanya para pemula, mereka yang keberhasilannya sudah diakui pun juga dapat melakukan kesalahan dalam bisnis. Kesalahan-kesalahan ini jika tidak segera diperbaiki atau diantisipasi, tentu akan berakibat fatal bagi kelangsungan bisnis Anda ke depannya.

Nah di bawah ini ada beberapa kesalahan yang rawan dilakukan saat Anda sudah mencapai kesuksesan. Silakan disimak dan dipelajari sebagai panduan agar tidak membuat kesalahan yang sama saat sukses nanti.

6 Kesalahan yang Perlu Dihindari Ketika Sudah Sukses

Loading...

1. Menghabiskan waktu terlalu lama untuk berpikir

Karena sudah terbuai dengan kesuksesan, Anda lebih sering berpikir dan menyusun strategi tanpa memberikan waktu untuk menjalankan strategi. Memang menyusun strategi jauh lebih mudah dibandingkan dengan menerapkannya. Jangan terjebak di dalam riset serta perencanaan terus-menerus. Padahal perencanaan yang matang tanpa eksekusi dan usaha yang keras tidak akan menghasilkan apa-apa.

Jati diri yang unik adalah sesuatu yang harus dipertahankan saat Anda sudah mencapai kesuksesan. Jadi jangan pernah melupakannya demi mengikuti tren yang sedang berkembang. Tren yang Anda ikuti tentu tidak selalu membawa keberhasilan bagi bisnis.

2. Kehilangan semangat, kemudian berhenti berusaha

Orang-orang yang sudah sukses biasanya terlena dan tiba-tiba jadi malas. Mereka gagal menjaga semangat yang selama ini memicu mereka untuk maju. Nah saat sukses Anda harus menjaga semangat agar tetap maju dan terus berkembang.

3. Meremehkan pentingnya jaringan

Orang yang sudah sukses bisa kembali terjerumus ke dasar jika tidak menghargai pentingnya hubungan sosial. Seberapa besarpun Anda berbakat, kecerdasan hanyalah elemen kecil kesuksesan.

Perlu Anda ingat bahwa hal yang berpengaruh di dalam dunia kerja bukanlah bakat pribadi melainkan hubungan antar manusia. Jika Anda tidak dapat menjalin hubungan dengan orang lain, maka kesuksesan Anda pun tidak akan bertahan lama.

4. Merasa selalu benar

Orang yang sukses tetaplah manusia yang terdiri dari kombinasi antara logika dan ego. Kombinasi inilah yang kerap membawa mereka untuk menghadapi tantangan. Akan tetapi, yang berbahaya yaitu saat ego mengalahkan logika. Hal rawan yang harus hindari saat sudah sukses adalah selalu merasa benar.

5. Menyombongkan latar belakang pendidikan tanpa memperhatikan skill & pengalaman

Salah satu kesalahan yang dapat dilakukan oleh orang sukses adalah mengagungkan almamaternya secara berlebihan. Padahal, di manapun Anda mengeyam pendidikan, itu bukanlah hal yang menjamin kesuksesan Anda. Kemampuan akademis yang baik belum tentu menjamin profesionalitas kerja.

6. Terlalu mandiri sehingga selalu menolak bantuan

Orang sukses juga terkadang gagal membangun hubungan dengan orang-orang yang bisa mensupportnya. Semua orang yang sudah sukses tetap membutuhkan orang-orang yang bisa suportif. Jadi seberapa suksespun Anda, jangan pernah melupakan orang-orang yang sudah membantu Anda hingga seperti saat ini.

**

Nah itulah beberapa hal yang rawan dilakukan saat Anda sudah mencapai tangga kesuksesan. Untuk bisa sukses tentu saja memerlukan usaha yang keras, jadi ingatlah selalu dengan apa yang telah Anda kerjakan hingga bisa menjadi seperti sekarang ini.

Jangan sampai kesuksesan membuat Anda terlena dan lupa untuk terus menjaga semangat. Padahal ujian yang sebenarnya datang saat seseorang sudah mencapai kesuksesan. Apalagi untuk mempertahankan kesuksesan jauh lebih sulit dibanding dengan ketika meraihnya.

Salam sukses, semoga tetap semangat!