Loading...

Penyebab dan Cara Mengatasi Wasir

Penulis: Gita Flozia Rubrik: Kesehatan

Cara Mengatasi Wasir

TERUSKAN.COM –  Hemmoroid atau yang disebut wasir merupakan pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah rectum hingga menuju dubur (anus). Vena hemoroid terletak di bawah rektum hingga anus. Ketika terjadi pembengkakan, penderita akan merasa sakit dimana  dinding pembuluh darah menggeliat, tipis, dan perih ketika buang air besar.

Kategori Wasir

Di Indonesia, wasir lebih dikenal dengan sebutan Ambeien. Dilansir dari webmd.com, wasir diklasifikasikan ke dalam dua kategori umum, yaitu:

Loading...
  1. Wasir Internal

Wasir internal terletak cukup jauh di dalam rectum. Sulit untuk menemukan wasir ini pada penderita. Pendarahan yang terjadi adalah satu-satunya tanda kemungkinan penderita mengalami wasir.

Pada wasir internal yang prolaps, akan mengalami pembesaran dan terjadi penonjolan diluar  sfingter anal (pembukaan dan penutupan anus). Jika demikian, Wasir ini dapat terlihat dan dirasakan nyeri  karena disekitar anus penderita terdapat syaraf-syaraf sensor.

Wasir internal biasanya surut dan kembali ke dalam posisi rectum semula; atau penderita dapat dengan lembut mendorong secara perlahan kembali ke tempatnya.

  1. Wasir Eksternal

Wasir ekternal berada di sekitar anus dan dapat menimbulkan rasa nyeri. Ketika penderita wasir pada posisi duduk yang cukup lama, wasir eksternal ini akan mengalami prolaps, yaitu wasir eksternal yang berada di dalam akan ke luar anus.

Hal ini menyebabkan terjadinya wasir eksternal trhombosis, yaitu pembentukan gumpalan darah pada wasir eksternal prolaps, sehingga menyebabkan kondisi yang sangat menyakitkan. Pada wasir eksternal thrombosed berwarna ungu atau biru, dan bisa berdarah.

Tergantung apakah penderita mengalami wasir internal ataupun eksternal, akan mengalami inflamasi vena yang dapat menyebabkan kegatalan, pendarahan sekitar anus, dan nyeri yang tak tertahankan.

Gejala umum yang sering ditemukan pada wasir internal adalah pendarahan hebat di sekitar anus. Pendarahan ini dapat terlihat jelas pada feses ketika penderita buang air besar ataupun pada pakaian dalam yang digunakan.

Begitupula pada gumpalan darah-diketahui sebagai wasir thrombosis- yang memicu terjadinya wasir external. Penderita yang mengalami wasir ini sering merasa tidak nyaman beraktivitas, dimana diakibatkan dari benjolan yang muncul di sekitar anus.

Apa yang Menyebabkan Wasir?

Penyebab paling utama munculnya wasir adalah duduk dalam waktu yang cukup lama, membersihkan hajat sekitar dubur secara kasar, konstipasi, konsumsi makanan pedas dan mustard, serta minuman berkafein dan alkohol. Selain itu, obesitas, diare kronis dan hubungan intim melalui anal dapat menjadi faktor terjadinya pula wasir.

Bagaimana Mengatasi Wasir?

Bagi penderita yang mengalami wasir, Anda tak perlu cemas. Berikut ini beberapa cara mengatasi wasir:

  1. Mengubah pola makan. Untuk mencegah wasir, harus meningkatkan jumlah serat dalam porsi makan yang bertujuan meringankan sembelit (dan tegang konsekuen, yang meningkatkan tekanan dalam pembuluh darah di sekitar anus). Hal ini dapat dilakukan dengan makan banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.
  2. Olahraga ringan: Olahraga teratur meningkatkan fungsi usus dan kesehatan.
  3. Supplemen: bagi penderita yang mengalami wasir, Anda sebaiknya mengonsumsi supplemen yang mampu membantu mengurangi sembelit, ikuti dosis dan petunjuk dari label. Dan jika ada toleran dengan supplemen, cobalah mengonsumsi satu sendok teh cairan lidah buaya setelah makan.
  4. Cara lain: terapkan gel lidah buaya ke area anus, gel ini dapat mempercepat penyembuhan wasir.

**

Nah, itulah beberapa penyebab terjadinya wasir dan cara mengatasinya. Bagi penderita wasir, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

(Photo: thecolorectalinstitute.com)