Loading...

Berbagai Keuntungan Dengan Memanfaatkan Layanan E-Banking

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Teknologi

internet-banking

TERUSKAN.COM – Di jaman sekarang ini, teknologi yang terus berkembang semakin memudahkan hidup kita. Dengan kecanggihan teknologi, Anda dapat melakukan apapun dengan lebih mudah. Salah satu contoh terbaik adalah hadirnya e-banking.

Internet banking (atau e-banking) adalah suatu layanan yang dapat memudahkan setiap pengguna untuk terhubung ke situs web bank dan melakukan salah satu fungsi perbankan virtual dengan komputer pribadi dan browser.

Loading...

Dalam sistem perbankan internet bank memiliki database terpusat yang web-enabled. Semua layanan bank termasuk produk dan jasa akan ditampilkan dalam menu, saat Anda melakukan transaksi e-banking. Layanan dapat dipilih dan interaksi lebih lanjut ditentukan oleh sifat pelayanan.

Dan berikut adalah beberapa layanan yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan e-banking:

Layanan pembayaran tagihan

Anda dapat memfasilitasi pembayaran tagihan listrik dan telepon, ponsel, kartu kredit serta tagihan premi asuransi sebagaimana masing-masing bank memiliki tie-up dengan berbagai perusahaan utilitas, penyedia layanan dan perusahaan asuransi, di seluruh negeri.

Untuk membayar tagihan Anda, semua yang perlu Anda lakukan adalah menyelesaikan satu kali registrasi sederhana untuk setiap biller. Anda juga dapat mengatur pembayaran tagihan berulang Anda, secara otomatis. Umumnya, bank tidak mengenakan biaya pelanggan untuk pembayaran tagihan secara online.

Transfer dana

Anda dapat mentransfer jumlah dari satu rekening ke rekening lainnya dari bank yang sama atau bank lain. Pelanggan dapat mengirim uang di mana saja dengan memanfaatkan e-banking. Setelah Anda login ke account Anda, Anda perlu menyebutkan nomor rekening serta bank tujuan penerima pembayaran itu.

Untuk transaksi non tunai, saluran ini dapat dikatakan sedikit lebih praktis jika dibandingkan dengan ATM, karena Anda dapat melakukan transaksi dimanapun Anda berada.

Nasabah kartu kredit

Dengan e-banking, pelanggan tidak hanya dapat membayar tagihan kartu kredit mereka secara online akan tetapi Anda juga bisa menerima pinjaman pada kartu Anda. Apabila suatu hari Anda kehilangan kartu kredit Anda, Anda dapat melaporkan kartu hilang secara online.

Isi ulang kartu prabayar Anda

Dengan layanan e-banking, Anda tidak akan kesulitan untuk mengisi ulang kartu prabayar Anda. Cukup masukkan nomor dari layanan provider Anda, serta jumlah transaksi yang akan Anda lakukan.

Berbelanja

Ya, shopping pun dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan layanan e-banking. Dengan berbagai semua jenis produk, Anda dapat berbelanja online dan pembayaran juga tentunya nyaman dengan melalui akun Anda. Anda juga dapat membeli tiket pesawat melalui internet banking.

**

Ada begitu banyak manfaat serta keuntungan dengan menggunakan e-banking ini, apalagi mengingat bahwa Anda dapat menghemat waktu dan tenaga karena sangat jelas, layanan ini dapat Anda lakukan dimana saja tanpa antrian, dan tidak terikat oleh waktu operasional, asalkan Anda memiliki sarana pendukung untuk melakukannya.

Namun di balik segala keuntungan itu, tentu terdapat pula resiko. Masalah terbesar adalah pada keamanan, orang-orang masih takut menggunakan layanan e-banking karena internet masih rawan terhadap penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Maka dari itu, berbagai bank tertentu melakukan segala upaya untuk memperketat keamanan layanan e-banking ini. Beberapa telah menyediakan perangkat tambahan yang dapat menjamin serta memastikan bahwa layanan tersebut hanya dimanfaatkan oleh mereka yang benar-benar berhak.

Semoga bermanfaat.