Loading...

7 Makanan Sehat Untuk Mencegah Infeksi Pada Anak

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

infeksi pada anak

TERUSKAN.COM – Anak-anak cenderung mengalami jatuh sakit lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa. Alasan utama yang menyebabkan hal ini adalah karena sistem kekebalan tubuh mereka belum siap untuk menangani segala sesuatu atau kondisi yang ditularkan oleh lingkungan kepada mereka.

Maka dari itu, seorang ibu perlu berhati-hati dan menjaga konsumsi menu harian anak, karena hal kecil seperti ini akan memiliki dampak yang besar pada perkembangan dan kesehatan mereka.

Loading...

Alergi, menjadi satu masalah yang seringkali menyerang anak-anak, dan infeksi yang paling umum terjadi adalah yang terkait dengan masalah pencernaan. Anak-anak membutuhkan kekuatan untuk dapat melakukan perlawanan terhadap masalah-masalah ini.

Di samping itu, kelembaban di atmosfer akan mempengaruhi proses pencernaan. Oleh karena itu, perawatan harus dilakukan untuk memberikan makanan sehat yang mampu mencegah terjadinya infeksi pada anak.

Salah satu dari beberapa poin yang perlu diingat adalah mengurangi konsumsi makanan berminyak. Makanan yang banyak dijajakan di pinggir jalan juga sebaiknya dihindari oleh anak Anda. Sebab semua jenis makanan tersebut dapat menimbulkan risiko yang membuat anak menjadi sakit.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman untuk anak-anak yang dapat Anda pilih guna memastikan bahwa anak Anda akan bebas dari infeksi:

1. Air Putih

Air memiliki peran yang sangat penting terhadap kesehatan, pastikan bahwa Anda telah memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Usahakan pula agar anak Anda selalu membawa botol air mereka sendiri ketika mereka meninggalkan rumah.

Ketika menghadapi musim hujan yang lembab, tubuh Anda harus tetap terhidarasi dengan minum air putih yang cukup.

2. Makanan kukus

Makanan sehat untuk mencegah infeksi pada anak-anak sebaiknya adalah makanan yang dikukus atau dipanggang. Hindari memberikan anak-anak Anda makanan yang digoreng. Makanan ini akan mempengaruhi kapasitas kekebalan tubuh mereka dan membuat mereka rentan terhadap infeksi.

3. Anti-oksidan

Anti-oksidan perlu ditambahkan pada menu harian anak. Hal ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya sebagian besar penyakit. Makanan seperti labu, paprika dan buah merupakan makanan sehat yang dapat ditambahkan pada menu Anda.

4. Jus Sayuran

Sekarang ini, seorang anak tampaknya sangat sulit untuk mengkonsumsi sayuran sebab mereka tidak begitu menyukainya. Padahal sayuran menjadi hal penting yang harus selalu Anda konsumsi.

Maka dari itu, Anda dapat mengolahnya menjadi jus sehat. Dengan cara ini, anak akan lebih tertarik untuk mengkonsumsinya. Ini adalah makanan sehat untuk mencegah infeksi pada anak-anak.

5. Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan yang sehat untuk siapa saja, khususnya anak-anak karena mereka masih berada dalam masa pertumbuhan.

Ada beberapa jenis buah-buahan seperti buah jeruk, delima, pisang atau persik yang dapat dimasukkan dalam menu anak. Buah jeruk kaya akan vitamin C, ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Produk Daging

Ini adalah salah satu makanan untuk mencegah infeksi pada anak-anak. Namun perlu Anda ingat untuk memasaknya sampai benar-benar matang. Bila Anda mencoba memberi anak Anda daging setengah matang, maka ini dapat memungkinkan terjadinya masalah pada sistem pencernaan mereka.

7. Suplemen

Suplemen dapat diberikan kepada anak sesuai dengan rekomendasi dari dokter anak Anda. Konsumsi suplemen akan memberikan anak jumlah vitamin yang cukup untuk melawan penyakit.