Loading...

5 Langkah Memilih dan Membeli Buku

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Fun, Pendidikan

TERUSKAN.COM – Buku merupakan benda yang tidak asing lagi dalam kehidupan. Apalagi bagi kalangan terpelajar, mungkin saja buku bisa menjadi teman yang baik dalam kehidupan anda. Dan tidak berlaku hanya untuk kalangan terpelajar saja. Buku juga bisa dimiliki siapa saja, dan dibaca oleh siapapun. Karena buku merupakan sumber ilmu pengetahuan dan merupakan guru yang baik dalam belajar.

Namun, pernahkah kita sadari bahwa ada beberapa tips dalam memilih buku? Karena belum tentu semua buku yang kita beli seperti yang kita harapkan. Bisa saja hal itu terjadi pada anda. Dan tidak sedikit ketika kita membeli buku, lalu setelah membukanya dan membacanya ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Ini merupakan cara memilih buku yang baik:

Loading...

5 Langkah Memilih dan Membeli Buku

 1.  Pergi ke Toko Buku

Pergilah ke toko buku terdekat. Sebelumnya pastikan buku apa yang hendak anda beli, dan pastikan juga buku baru atau buku lama (bekas)?

Jika buku baru, anda bisa pergi ke Grammedia atau toko buku yang ada di Mall karena kebanyakan tempat penjualan buku baru itu di tempat yang lumayan baik. Namun, jika buku yang anda cari adalah buku lama, anda bisa pergi ke tempat penjualan buku bekas. Misal, jika di daerah Bandung, anda bisa pergi ke Palasari atau di daerah Cadas.

2. Lihat Sampul

Setelah anda pergi ke toko buku. Lihatlah terlebih dahulu sampul buku yang hendak anda beli karena kebanyakan isi buku bisa diketahui melalui sampulnya saja.

Misal, buku yang bersampul gambar komputer dan mouse bisa saja itu buku untuk mempelajari komputer. Contoh lain: buku yang bersampul binatang kancil, bisa saja buku itu adalah buku khusus anak-anak. Atau bisa juga dengan melihat judul bukunya saja.

3. Lihat Pengarang

Kemudian lihatlah pengarang buku tersebut. Terkadang nama pengarang mempengaruhi minat seseorang untuk membeli buku. Biasanya pembeli buku akan lebih senang membeli buku yang dikarang oleh pengarang yang sudah terkenal. Misal, untuk membeli buku sastra indonesia yang tergolong klasik kita bisa melihat nama pengarang ‘Abdoel Moeis’ dalam ‘Salah Asuhan’.

4. Baca Ikhtisar

Sebelum kita memilih dan membeli buku yang kita inginkan. Usahakan untuk membaca ikhtisar cerita yang ada di sampul belakang buku tersebut. Biasanya berupa cerita singkat tentang buku tersebut, atau semacam kisi-kisi. Apalagi jika kita membeli buku baru yang masih tersegel rapi. Tentunya membaca ikhtisar akan sangat membantu.

5. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Dan yang terakhir, usahakan buku yang anda beli berdasarkan kebutuhan anda. Jika anda ingin membeli buku agama, maka belilah buku tentang agama. Jika anda ingin membeli buku pendidikan, belilah buku pendidikan. Dan satu hal lagi. Sesuaikan budget anda dalam membeli buku, karena bisa jadi buku yang hendak anda beli tidak sesuai dengan uang yang anda miliki.

**

Demikianlah cara memilih buku dengan benar. Sebelum kita membeli buku usahakan juga agar kita mencari referensi dan informasi terlebih dahulu tentang buku yang hendak kita beli. Tujuannya tidak lain adalah agar kita tidak salah dalam membeli buku seperti yang kita harapkan.

Selamat mencoba!