Loading...

7 Tips Agar Rambut Cepat Panjang

Penulis: Yuanita Rubrik: Kecantikan, Wanita

agar rambut cepat panjang

TERUSKAN.COM – Apapun gaya rambut yang disukai, semua wanita pasti ingin agar rambutnya lekas panjang, agar bisa segera diatur dan dimodel sesuka hati. Tetapi, tidak pernah ada cara agar rambut bisa segera tubuh panjang, kecuali Anda mau memakai tambahan rambut alias metode extention itu. Itupun memiliki efek samping.

Rambut, seperti halnya bagian tubuh lainnya, membutuhkan nutrisi dan perawatan agar bisa sehat. Meskipun tidak ada cara instan agar rambut panjang secara alami, setidaknya Anda bisa melakukan perawatan intensif pada mahkota wanita ini.

Loading...

Berikut ini cara alami agar rambut lebih cepat tumbuh panjang.

1. Makan makanan bergizi

Makan makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral merupakan syarat utama untuk memiliki rambut yang tumbuh dengan indah. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A, B, C, dan E. Juga tambah asupan zat besi, zinc, magnesium, dan selenium.

Khususnya makanan yang mengandung vitamin B kompleks adalah makanan yang bisa membuat rambut tumbuh panjang lebih cepat.
Contoh makanan yang mengandung nutrisi tersebut antara lain: susu dan semua olahannya, ayam, telur, gandum utuh, ikan salmon, bayam, brokoli, paprika, kubis, anggur, alpukat, dan buncis.

Makanan yang kaya akan omega-3 terbukti bisa membuat rambut tumbuh 3% lebih panjang. Jangan makan vitamin E bersama makanan yang mengandung zinc, karena justru akan membuat rambut rontok dan menipis.

2. Gunakan minyak jarak

Minyak jarak kaya akan kandungan asam lemak esensial, terutama omega-9. Karenanya, minyak jarak sangat baik untuk menyuburkan rambut. Minyak jarak memiliki tingkat kekentalan yang sangat tinggi, jadi untuk menggunakannya perlu dicampurkan dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almon lebih dulu.

Bisa juga dicampurkan dengan minyak sari esensial, misalnya minyak sari mawar, lavender, atau daun thyme. Setelah dicampur, lumurkan di kulit kepala lalu pijat dengan pelan.

3. Pijat kulit kepala

Pemijatan adalah suatu cara untuk memperlancar aliran darah yang membawa pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Memijat kulit kepala akan melancarkan peredaran darah yang merangsang pertumbuhan akar rambut.

Pemijatan sebaiknya dilakukan bersama dengan hair spa atau hair mask, setidaknya seminggu sekali. Caranya:

  • Oleskan minyak atau kondisioner pada rambut.
  • Gosok-gosokkan secara lembut jari Anda pada kulit kepala dengan gerakan melingkar selama 3—5 menit.
  • Cuci dan bersihkan minyak serta kondisioner dari rambut Anda.

4. Menundukkan rambut

Percaya atau tidak, cara ini banyak dilakukan oleh orang di luar negeri agar rambutnya lebih cepat panjang. Caranya, tundukkan kepala Anda lalu balik semua rambut: pangkal di atas, ujung di bawah. Lakukan ini dilakukan selama 2—4 menit sehari. Lakukan sambil menyisir atau merapikan rambut.

5. Hindari stres

Memang benar adanya bahwa stres atau depresi akan memicu kerontokan rambut. Hindari stres dengan cara menenangkan pikiran melalui meditasi, latihan pernafasan, sembahyang, atau teknik relaksasi lainnya. Pastikan Anda tidur dalam keadaan pikiran tenang.

6. Masker telur

Telur sangat baik untuk pertumbuhan rambut karena mengandung protein, zat besi, dan fosfor. Campurkan 2 kuning telur dengan 2 sendok makan EVOO (Extra Virgin Olive Oil/minyak zaitun murni). Oleskan pada kulit kepala lalu diamkan selama 15—20 menit, baru kemudian bersihkan dengan air dingin dan keramasi dengan sampo.

Cara lainnya adalah campurkan sebutir telur dengan secangkir susu, 2 sendok makan EVOO, dan air perasan 1 buah lemon. Oleskan pada kulit kepala, biarkan selama 20—30 menit sebelum dibilas dan dicuci.

7. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki fungsi mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Tanaman ini juga mencegah ketombe serta memulihkan kilau rambut.

Campurkan daging lidah buaya dengan sedikit air perasan lemon. Biarkan selama 20 menit lalu cuci dengan sampo. Lakukan ini seminggu atau dua minggu sekali. Bisa juga dicampurkan dengan minyak kelapa. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi jus lidah buaya setiap hari.

**

Selain ketujuh cara alami di atas, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga berhasil!