Loading...

Cara Alami Mengobati Penyakit Asam Lambung

Penulis: Yuanita Rubrik: Kesehatan

asam lambung

TERUSKAN.COM – Asam lambung merupakan salah satu jenis asam yang secara alami diproduksi oleh tubuh, khususnya di area lambung kita. Asam lambung ini berperan untuk mengolah makanan yang dicerna, lalu mengubahnya menjadi nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam kondisi normal, tubuh akan memproduksi asam lambung dalam jumlah seimbang. Tetapi, ada kalanya produksi asam lambung ini berlebih, sehingga mengakibatkan sejumlah penyakit, seperti: perut mulas, infeksi pada usus halus, infeksi lambung, radang dinding lambung, dan gangguan pencernaan.

Loading...

Beberapa hal yang bisa menyebabkan berlebihnya produksi asam lambung antara lain: kehamilan, kesalahan pola makan (misalnya bulimia), dehidrasi, dan diabetes. Gejalanya pun beragam. Biasanya, penderita akan mengalami kerontokan rambut, kesulitan bernafas, banyak sendawa, hidung tersumbat dan berlendir, sakit perut, dan sakit tenggorokan.

Untuk meredakan nyeri akibat kelebihan asam lambung, Anda bisa melakukan beberapa pengobatan alami berikut.

1. Baking soda

Baking soda memiliki kadar pH lebih dari 7.0, sehingga bisa menetralkan asam lambung. Caranya, cukup dengan mencampurkan 0.5—1 sendok teh baking soda dengan 200 ml air. Aduk lalu minum semua.

Anda bisa mengulangi cara ini, tapi jangan sampai lebih dari 3.5 sendok teh baking soda dalam 24 jam. Jangan pula mengonsumsi larutan ini terus-menerus selama 7 hari berturut-turut, karena kandungan garamnya sangat tinggi.

2. Jus lidah buaya

Lidah buaya sangat diandalkan untuk meredakan rasa terbakar di kulit dan efek sinar matahari pada rambut. Selain itu, ternyata lidah buaya bisa mengurangi inflamasi/radang dalam tubuh.

Jika Anda merasa perut mulas, minumlah setengah cangkir jus lidah buaya, bisa membuatnya sendiri maupun jus kemasan. Karena tumbuhan ini mengandung pencahar, maka pastikan Anda mengimbanginya dengan makanan pencegah diare.

3. Cuka apel

Pada banyak kasus, penyakit asam lambung disebabkan karena kurangnya produksi asam, bukan karena kelebihan. Untuk itu, tubuh memerlukan tambahan asam untuk dicerna.

Campurkan 3 sendok teh atau 1 sendok makan cuka apel dengan 200 ml air, minumlah sebelum makan dan sebelum tidur, 2—3 kali sehari.

4. Pisang dan apel

Pisang mengandung antacid yang berperan penting untuk meredakan kelebihan asam dalam tubuh. Pilihlah beberapa pisang yang sudah masak (jangan yang mulai busuk), lalu makan 1 sisir pisang setiap hari.

Bisa juga diganti dengan buah apel. Makanlah satu buah apel setiap sebelum tidur untuk meredakan rasa sakitnya.

5. Jahe

Jahe dipercaya memiliki kemampuan melindungi lambung dengan mencegah produksi asam berlebih. Bahkan, jahe telah digunakan untuk meredakan nyeri asam lambung sejak lama.

Atasi asam lambung berlebih dengan menyeduh wedang jahe. Masukkan 2—3 iris jahe pada 2 gelas air panas. Biarkan selama 1 jam. Minum sekitar 20 menit sebelum Anda makan.

6. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam mengatasi infeksi tubuh. Setelah kebutuhan vitamin D harian terpenuhi, sisanya yang ada dalam tubuh akan mengobati infeksi. Vitamin D bisa kita peroleh dari susu dan beragam olahannya, minyak hati ikan kod, telur, yogurt kedelai, dan tahu.

**

Untuk mencegah asam lambung berlebih, mulailah mengurangi konsumsi makanan pedas, asin, dan asam. Begitu juga aktivitas merokok dan minum minuman beralkohol. Buat pikiran Anda selalu tenang dan terhindar dari stres. Makanlah makanan dengan nutrisi seimbang dengan porsi yang tepat. Dengan begitu, Anda akan jauh dari penyakit akibat asam lambung.