Loading...

5 Tips Memanfaatkan Pencahayaan Dalam Ruangan Kecil

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Desain

manfaat lampu ruang sempit

TERUSKAN.COM – Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika Anda akan memasang lampu pada kamar, salah satunya pencahayaan. Untuk ruangan yang lebih besar, Anda dapat menggunakan banyak lampu pada langit-langit dengan ditambah lampu hias yang akan mempercantik dekorasi rumah Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan ketinggian dari langit-langit yang tentu akan berpengaruh terhadap pencahayaan ruangan.

Loading...

Tujuan dasar dari penggunaan lampu yang kita ketahui yaitu sebagai sumber penerang sehingga tidak membuat ruangan terlihat gelap dan suram. Sebenarnya ada beberapa jenis pencahayaan, tidak hanya bersumber dari lampu yang terpasang di langit-langit saja.

Beberapa jenis pencahayaan lain tersebut dapat Anda simak pada artikel di bawah ini, juga tips bagaimana memanfaatkan pencahayaan agar ruangan sempit tampak lebih besar. Simak ya.

1. Cahaya alami

Ini merupakan salah satu ide terbaik untuk pencahayaan dalam ruangan kecil yang akan membuat ruangan Anda terlihat lebih besar. Anda dapat merancang kamar dengan banyak jendela besar.

Ini akan menghasilkan wujud ilusi pada mata, di mana Anda akan menghubungkan ruang dari luar yang tidak membatasi ruang Anda. Anda juga dapat menggunakan langit-langit untuk tujuan tersebut.

2. Lampu Berdiri (Floor Lamp)

Anda dapat menggunakan jenis lampu ini pada kamar yang berukuran kecil, terutama di daerah kurang cahaya. Anda dapat meletakkannya pada sudut dinding yang digunakan untuk menyorot daerah-daerah tertentu dari ruangan.

Meski tidak memiliki cahaya yang terang seperti lampu pada umumnya, lampu jenis ini cukup membuat ruangan pada rumah Anda terlihat lebih besar.

manfaat lampu ruang sempit

3. Lampu Meja

Sama halnya dnegan lampu berdiri, lampu meja juga tidak memberikan cukup banyak pencahayaan untuk ruangan Anda. Namun tidak dapat dihindarkan, lampu jenis ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri.

Gunakan meja yang berukuran lebih tinggi untuk memberikan tampilan ruang yang lebih elegan. Ini adalah salah satu ide pencahayaan untuk ruangan kecil. yang bisa Anda coba.

4. Memilih Warna

Gaya, warna, dan desain lampu juga penting. Kehadiran lampu perlu terasa di ruangan. Jangan takut untuk memadukan dan mencocokkan dengan warna cat dasar atau netral. Ini akan membantu ruangan rumah terlihat lebih besar.

5. Ukuran, Gaya dan Penempatan

Anda perlu memperhatikan ukuran lampu, sebaiknya tidak lebih besar dari furnitur yang ada dalam ruangan rumah Anda. Untuk gaya lampu, sebaiknya sesuai dengan dekorasi rumah Anda.

Sedangkan untuk penempatan lampu, tempatkan pada bagian yang kurang cahaya atau sudut ruangan yang akan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan di rumah Anda.

**

Demikian beberapa tips pencahayaan yang dapat Anda terapkan untuk membuat ruang di rumah Anda terlihat lebih besar dan luas. Anda tidak harus menempatkan banyak lampu pada langit-langit rumah. Cukup dengan penempatan yang tepat akan membuat ruangan rumah Anda terlihat lebih luas.

Semoga bermanfaat.