Loading...

Resep Praktis Membuat Nugget Ikan Tenggiri

Penulis: Gita Flozia Rubrik: Resep

Membuat Nugget Ikan Tenggiri

TERUSKAN.COM – Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang berperan penting sebagai sumber gizi pada tubuh. Dengan mengonsumsi ikan, dapat menunjang kesehatan, bahkan meningkatkan daya ingat. Salah satu jenis ikan yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan adalah ikan tenggiri, yang merupakan genus terdekat ikan tuna, kembung, tongkol, dan makerel.

Selain ikan tenggiri segar ataupun yang telah dibekukan, anda dapat menjumpai ikan yang telah diiris tipis (fillet) ataupun yang telah dihilangkan tulangnya (boneless). Oleh karena kandungan protein yang cukup tinggi dan banyak diminati oleh masyarakat, menjadikan ikan jenis ini memiliki nilai komersial  tinggi.

Loading...

Berge dan Barnathan (2005) dalam penelitian Pratama R.I, Awaluddin M.Y dan ishmayana S., jurnal Akuatika Vol.II(2), 2011, memaparkan pada ikan tenggiri mengandung asam lemak tak jenuh, yang mampu  menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan arthritis. Omega-3, seperti Eicosa-Pentaenoic acid (EPA) adalah asam lemak tak  jenuh yang terkandung cukup tinggi dalam ikan tenggiri.

Oleh karena ikan tenggiri memiliki kandungan gizi yang baik, tidak ada salahnya anda mengolah ikan tenggiri menjadi menu andalan keluarga. Selain menyehatkan, bahan baku ikan tenggiri mudah diperoleh dan diolah.

Nugget adalah salah satu produk olahan ikan yang dapat anda buat di rumah. Dengan pemilihan ikan segar dan pengolahan yang baik, nugget akan memiliki tekstur kenyal, rasa gurih, serta aroma khas ikan yang bisa menimbulkan selera makan.

Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tenggiri

Berikut ini resep praktis cara membuat Nugget ikan tenggiri, dilansir dari lamongankab.go.id dan Pratama dkk. (2011):

Bahan yang disediakan:

  • 500 g daging ikan tenggiri tanpa tulang, dicuci bersih
  • 1  sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 2 sdt gula pasir
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung  bawang merah
  • 75 g tepung tapioka
  • 200 g tepung roti
  • 2 btr  telur
  • Irisan daun bawang
  • Air es secukupnya

Cara Membuat:

1. Giling ikan tenggiri menggunakan penggilingan daging atau Anda dapat pula melumatkan daging dengan blender. Pastikan ikan telah dicuci hingga bersih.

2. Blender pula bawang putih, bawang merah dan merica hingga halus.

3. Ikan tenggiri yang telah digiling diletakkan ke dalam baskom. Masukkan tepung tapioka, daun bawang yang telah diiris, telur, serta bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan gula dan garam.

4. Adonan diaduk menggunakan mixer tersebut hingga merata atau Anda dapat pula  menguleni adonan hingga kalis.  Usahakan daging dan bumbu tercampur secara merata.

5. Adonan tersebut dikukus selama 30 menit. Angkat dan dinginkan. Setelah dingin, potong nugget ikan dengan ketebalan 1 cm. Cetak sesuai selera yang Anda inginkan.

6. Nugget dicelupkan ke dalam telur lalu digulirkan dengan tepung roti hingga merata. Goreng nugget selama 30 detik hingga berwarna coklat, angkat dan tiriskan.

7. Anda dapat menyajikan nugget selagi hangat.

Tips:

– Anda dapat menambahkan irisan wortel dalam adonan nugget ikan. Selain memberikan tampak menarik,  wortel    juga bermanfaat bagi kesehatan.

– Cetak adonan nugget menjadi bentuk yang unik agar anak di rumah tertarik  mengonsumsinya.

**

Nah, mudah bukan? Kini Anda dapat menpraktikannya di rumah. Pastikan Anda dapat memilih dan mengolah bahan baku ikan dengan baik. Pengolahan ikan yang tepat, akan menciptakan rasa dan tekstur produk nugget  yang terasa nikmat. Selamat mencoba!

(Photo: childhood-nutrition.com)