Loading...

Tampil Trendy dengan Bow Tie Untuk Pria

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Fashion

bow tie

TERUSKAN.COM – Dasi kupu-kupu merupakan salah satu jenis dasi yang tengah trend saat ini bagi kalangan pria. Tren ini berawal dari kebiasaan pedagang kroasia yang mengikatkan scarf untuk menahan bukaan kerah baju mereka.

Dulu, dasi kupu-kupu atau bow tie ini sering dikaitkan dengan status sosial seperti misalnya arsitek, guru, politisi ataupun profesor. Tapi beberapa kurun belakangan, dasi kupu-kupu tidak lagi hanya dipakai untuk orang-orang tertentu, bahkan telah banyak pria yang mencoba tampil modis dengan dasi kupu-kupu ini.

Loading...

Dasi kupu-kupu menjadi padanan yang sangat pas untuk toxedo dengan jas single breasted ataupun double breasted ataupun untuk beberapa jenis kemeja.

Biasanya dasi kupu-kupu ini dipakai dalam acara santai tetapi banyak juga pria yang memakainya untuk berbagai kesempatan. Kalau untuk acara santai, dasi kupu-kupu biasanya tidak dipadankan dengan jas resmi tapi cukup dengan kemeja.

Hindari sayap kupu-kupu yang terlalu lebar

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu untuk menghindari sayap dasi yang terlalu lebar karena bisa menutupi pinggiran kerah kemeja dan terlihat tidak pas. Memilih ukuran sayap yang lebar dan sempit tentu mudah untuk jenis dasi yang langsung berbentuk sayap kupu-kupu yang tinggal dikaitkan dengan kerah kemeja.

Tapi, jika Anda memilih dasi yang bentuknya memanjang, (tidak langsung berbentuk kupu-kupu) pilihlah yang ukurannya satu setengah nomor lebih kecil dari ukuran leher.

Jika ukuran leher Anda 17, pilih dasi kupu-kupu yang berukuran 13 ½. Sehingga, dengan ukuran yang lebih kecil maka dasi akan terlihat gagah di leher Anda.

bow tie

Sesuaikan motif dan warna

Untuk pemilihan warnanya sendiri hampir sama dengan perpaduan warna pada umumnya yaitu jangan terlalu berlawanan dengan tuxedo ataupun kemeja yang Anda pakai. Selain itu, tidak harus satu warna tapi juga bisa memilih dasi yang dipadukan dengan warna lain seperti misalnya coklat muda dengan coklat tua.

Dulu memang, kupu-kupu dipakai dengan satu warna dan kebanyakan adalah warna hitam, tapi pada saat ini telah banyak sekali variasi warna dan motif yang bisa Anda pakai.

Motif yang banyak tersedia adalah motif garis, polka dot atau berbunga-bunga. Yang terpenting adalah bagaimana untuk menyesuaikan warna dasi dengan baju.

Perhatikan Cara Memasang

Untuk jenis dasi kupu-kupu yang langsung berbentuk kupu-kupu, tentu Anda tidak begitu kerepotan karena tinggal mengaitkannya di kerah kemeja.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara memasang dasi kupu-kupu yang bentuknya memanjang sehingga harus membuat sendiri simpul kupu-kupunya? Anda bisa menjawabnya dengan memperhatikan langkah-langkah pada gambar berikut.

cara memasang bow tie

Perhatikan perbaduan Bahan

Perpaduan bahan dasi yang pas akan semakin membuat dasi kupu-kupu terlihat elegan dan gaya. Dasi kupu-kupu yang terbuat dari bahan lembut seperti sutera sangat cocok digunakan untuk busana formal tuxedo.

Sementara untuk busana yang tidak terlalu formal, Anda bisa menggunakan dasi kupu-kupu yang terbuat dari bahan yang tidak begitu halus.  

**

Nah, itulah beberapa tips agar tampil menarik dengan bow tie atau dasi kupu-kupu bagi pria. Selain pria, tampaknya para wnita juga mulai menjadikan dasi kupu-kupu ini untuk tampil gaya dan modis, terlebih para artis yang memang selalu up date masalah fashion ini.

Semoga tips ini berguna untuk menunjang penampilan Anda sehingga kepercayaan diri Andapun juga naik. Selamat mencoba!