Loading...

Tips Agar Baterai Ponsel Tidak Cepat Menggembung

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Teknologi, Teknologi

Agar Baterai Ponsel Tidak Cepat Menggembung

TERUSKAN.COM – Kejadian seperti baterai ponsel menggembung atau meledak sudah sering sekali terjadi. Telah banyak kejadaian yang melaporkan bahwa baterai mereka menggembung sperti balon atau meledak hingga melukainya.

Kasus baterai seperti ini biasanya diakibatkan karena overcharging, terlalu panas, ataupun tidak berkualitas. Jika baterai sudah menggembung biasanya tidak bisa lagi dipakai, justru berbahaya karena beresiko untuk meledak. Baterai yang menggembung juga membuat layar ponsel mudah rusak dan keluar dari bezelnya.

Loading...

Selain itu, baterai yang menggembung juga akan menyulitkan untuk memakai penutup atau casing bagian belakang ponsel karena tidak muat. Sehingga mau tidak mau, baterai yang menggembung wajib diganti dengan yang baru.

Nah, jika itu kejadian dengan baterai ponsel yang baru beberapa minggu Anda pakai tentu saja membuat Anda kesal karena harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli baterai.

Oleh karena itu, agar baterai ponsel atau smartphone Anda tidak mudah menggembung bahkan meledak, perhatikanlah beberapa poin berikut:

Terlalu lama menggunakan aplikasi game

Terlalu lama bermain game di ponsel akan mengakibatkan mesin ponsel menjadi panas, termasuk juga baterainya sendiri. Kondisi panas inilah yang membuat baterai mudah sekali untuk menggembung bahkan meledak jika benar-benar panas.

Yah, bermain game dalam ponsel atau smartphone memang mengasyikkan sampai Anda lupa segala hal. Hanya saja, jika kondisi tersebut terjadi terus menerus, bukan hanya baterai Anda yang mengalami kerusakan tetapi juga ponsel Anda sendiri. Selain itu, usahakan untuk tidak bermain saat baterai tengah dicharge.

Jangan dekatkan dengan Benda panas

Sering meletakkan ponsel di benda yang panas akan memberi resiko besar baterai menggembung karena panas di benda tersebut menular ke ponsel dan baterai. Jauhkan dari benda seperti kompor yang tengah dipakai ataupun benda panas lainnya.

Selain itu, hindari juga dari tempat yang terlalu panas seperti di bawah sinar matahari langsung atau di dapur. Hal ini tidak hanya merusak baterai tapi juga merusak layar sentuh bagi ponsel atau smartphone dengan touchscreen.

Cari baterai yang berkualitas

Baterai yang cepat sekali menggembung biasanya bukanlah baterai yang memiliki kualitas yang baik. Banyak orang berpikir bahwa ia akan lebih beruntung membeli baterai yang murah karena ia tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Tapi jika diteliti lagi, anggapan ini tidaklah benar karena biasanya baterai yang harganya sangat murah juga memiliki kualitas yang tidak begitu baik. Akibatnya, baru satu minggu ia pakai, ia mendapati baterai tersebut menggembung dan tidak bisa dipakai. Sehingga mau tidak mau, ia harus membeli baterai baru. Jadi, bukannya irit, ia malah semakin banyak mengeluarkan uang.

Kesalahan yang banyak dilakukan kepada baterai adalah membiarkan baterai dicharging semalaman. Alasannya sangat sederhana, yaitu agar baterainya menjadi penuh dan tidak habis-habis.

Padahal, dengan di charge selama semalaman justru membuat terlalu banyak energi yang  masuk sehingga membuat baterai justru menjadi rusak dan menggembung. Belum lagi panas listrik yang masuk ke dalam baterai.

Oleh karena itu, cukup charge hingga baterai penuh, biasanya ada peringatan bahwa baterai sudah penuh kemudian langsung dicabut.

**

Nah, itulah beberapa poin yang bisa Anda lakukan agar baterai ponsel atau smartphone tidak menggembung. Selain beberapa tips diatas, sebaiknya Anda juga teratur membersihkan konektor baterai setiap beberapa bulan dengan menggunakan tissue atau benda lembut lainnya. Hal ini juga untuk menghindari agar Anda tidak mengeluarkan banyak uang untuk terus membeli baterai yang menggembung dengan waktu singkat.

Semoga tips tersebut berguna.