Loading...

Cara Merawat Ponsel Touchscreen Agar Tahan Lama

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Teknologi

Cara Merawat Ponsel Touchscreen

TERUSKAN.COM – Sebagian besar ponsel atau gadget menggunakan fasilitas touchscreen atau layar sentuh untuk bagi penggunanya. Produsen ponsel dan gadgetpun semakin banyak meluncurkan produk-produk dengan salah satu keunggulan layar sentuh ini karena keadaan pasar memang tengah trend terhadap produk layar sentuh.

Banyak kemudahan yang ditawarkan produk handphone dengan layar sentuh ini bagi pemakai. Pasalnya, dengan hanya menyentuh atau mengusap, maka pengguna bisa langsung mengoperasikannya dengan begitu mengasyikkan, baik untuk game, internet, pesan, musik, atau untuk mengoperasikan berbagai fitur lainnya.

Loading...

Handphone layar sentuh biasanya hanya menyisakan sedikit tombol saja seperti untuk menghidup atau mematikan dan tombol untuk menerima dan menutup panggilan. Sehingga ukuran handpone dengan layar sentuhpun lebih luas dibandingkan dengan handphone biasa tipe keypad, karena tombol yang biasanya digunakan sebagai fungsi keypad.

Kualitas layar pada ponsel layar sentuhpun tergolong lebih bagus dibandingkan dengan ponsel biasa. Hal ini karena fasilitas layar sentuhnya itu sendiri. Jika layarnya tidak berkualitas, maka layar sentuhnyapun tidak akan bagus.

Selain itu, pemakaian ponsel atau handphone dengan layar sentuh terkesan lebih human dibandingkan pemakaian ponsel biasa. Dengan segala kelebihan tersebut, tidak heran jika konsumen banyak beralih pada produk touchscreen ini.

Meskipun begitu, ponsel dengan touchscreen juga memiliki kekurangan yaitu rentan dengan kerusakan. Tidak jarang layar sentuhnya macet, kurang sensitif, bahkan tidak berfungsi sama sekali apalagi jika sudah mulai tergores.

Karena itu, perlu kiranya Anda mengetahui beberapa poin agar layar sentuh bisa tahan lama dan awet. Beberapa poin tersebut seperti:

Lapisi dengan Screen Protector

Screen protector atau yang disebut juga anti gores merupakan benda pelapis yang wajib Anda gunakan agar layar sentuh tidak gampang rusak. Anti gores ini akan menghindari terjadinya goresan langsung pada layar sentuh.

Jika Anda tidak memakai anti gores, maka layar sentuh akan mudah tergores sehingga berpeluang besar untuk rusak. Begitu Anda membeli ponsel, sebaiknya Anda langsung melapisinya dengan anti gores, karena kalau sudah dipakai biasanya Anda akan menjadi lupa atau memang malas untuk melakukannya.

Jangan sering Terkena Sinar Matahari

Salah satu penyebab layar sentuh tidak lagi berfungsi dengan optimal adalah karena sering terpapar panas atau cahaya matahari. Hal ini disebabkan karena LCD layar sentuh bersifat liquid, sehingga akan mempengaruhi kualitas layar sentuh jika terkena panas.

Sementara itu, sinar matahari mengandung sinar ultraviolet tinggi sehingga membuat komponen-komponen penting dalam LCD rusak. Selain panas matahari, jauhi juga ponsel dari panas kompor ataupun media panas lainnya. Letakkan di tempat yang teduh dan nyaman.

Jauhkan Ponsel dari Magnet

Selain panas, layar sentuh juga sensitif dengan magnet. Televisi, radio, ataupun komputer memiliki radiasi magnet yang cukup tinggi untuk mengurangi sensitifitas layar sentuh.

Magnet akan mengambil andil besar untuk merusak alat-alat ataupun mesin-mesin kecil dalam ponsel sehingga layar sentuhpun tidak akan bekerja dengan optimal.

Jangan Terlalu Keras menekan layar

Salah satu kesalahan lain pengguna ponsel layar sentuh adalah dengan menekannya kuat-kuat tatkala layar sentuh kurang bekerja. Hal ini justru akan menambah rusaknya layar sentuh itu sendiri.

Cukup tekan dengan lembut dan sentuhan ringan, maka perintah kitapun akan dijalankan dengan baik. Hindari pula menggunakan layar sentuh memakai kuku karena ini akan membuat layar tergores dan merusak peforma touchscreen.

Selain itu, hindari pula meletakkan ponsel layar sentuh dalam saku celana yang super ketat, karea bahan celana tersebut (apalagi jeans) akan menekan layar dengan kuat.

**

Nah, itulah beberapa tips agar ponsel atau handphone dengan touchscreen bisa tahan lama. Usahakan juga untuk menjauhkan ponsel dari segala bentuk kotoran seperti minyak ataupun debu. Dan, bersihkan ponsel ataupun gadget touchscreen Anda dengan kain yang lembut atau cutton bud begitu melihat ada kotoran yang menempel.

Semoga kiat tersebut bermanfaat.