Loading...

Tips Mendapatkan Beasiswa Universitas Luar Negeri

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Pendidikan

beasiswa luar negeri

TERUSKAN.COM – Dari dulu hingga sekarang, jumlah pencari beasiswa ke luar negeri terus bertambah.  Kuliah di universitas ternama dan tertua di luar negeri dambaan sebagian besar mahasiswa Indonesia. Selain diyakini memiliki kualitas pendidikan baik, kuliah di luar negeri diidamkan untuk menambah pengalaman dengan hidup dan sekolah di negara yang berbeda bahasa dan budaya.

Bagi anak yang berasal dari keluarga berada, masalah kuliah ke luar negeri mungkin sepele. Namun, bagi mereka yang berasal dari keluarga berekonomi lemah, tentunya harus berusaha lebih ekstra untuk mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri. Salah satu jalan yang ditempuh adalah berjuang mendapatkan beasiswa.

Loading...

Dikatakan berjuang, karena peminat beasiswa jumlahnya sangat banyak. Sementara, jumlah beasiswa yang diberikan terbatas. Persaingan ketat tidak bisa dihindari lagi.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang memburu beasiswa, tips mendapatkan beasiswa universitas luar negeri di bawah ini mungkin bisa membantu :

Cari minimal 1 tahun sebelumnya

Kebanyakan beasiswa yang ditawarkan baru dimulai kuliahnya 1 tahun ke depan. Jika Anda ingin kuliah di luar negeri tahun 2014, maka seharusnya Anda sudah mendaftar beberapa tahun sebelumnya. Minimal 1 tahun sebelumnya. Mencari beasiswa tahun ini untuk perkuliahan tahun ini juga itu sedikit sulit.

Ambil jurusan yang sepi peminat

Jika persiapan dan modal yang Anda miliki tidak di atas rata-rata, tentu  saja mungkin Anda kesulitan bersaing dengan ratusan ribu orang untuk memperebutkan jurusan favorit dan universitas ternama. Tidak ada salahnya mendaftar pada jurusan yang sedikit peminatnya dan juga kampus yang sedang berkembang.

Siapkan semua syarat administrasi

Ini adalah hal utama yang harus dilakukan. Seleksi administrasi merupakan langkah pertama yang biasanya dilewati. Jika seleksi pertama tidak lolos bagaimana akan lanjut pada tahap berikutnya.

Syarat yang sering dibutuhkan adalah kemampuan bahasa asing yang mumpuni, transkip nilai dalam bahasa Inggris, rekomendari dari dosen atau perusahaan, pengalaman organisasi dan kerja, profesor/dosen/peneliti di kampus tujuan dan sebagainya.

Jalin silarurahmi dengan mahasiswa di sana

Meskipun Anda belum diterima kuliah di negara yang dituju, sebaiknya menjalin silaturahmi dengan mahasiswa yang kuliah disana. Carilah mahasiswa Indonesia yang sedang studi di negara yang Anda impikan sehingga Anda bisa mendapatkan berbagai informasi.

Miliki ciri khas dan nilai lebih

Selain syarat administrasi, usahakan untuk memiliki ciri khas dan nilai lebih yang berbeda dengan pesaing Anda. Hal ini diperlukan agar penerima tertarik menerima Anda karena melihat bakat, minat dan potensi besar dalam diri Anda.

Kenali negara tujuan

Sebelum mendapatkan beasiswa, Anda juga sebaiknya mengenali negara tujuan secara lengkap. Ini dimaksudkan ketika Anda diterima Anda tidak canggung. Begitu juga, mengenali negara tujuan juga akan memudahkan Anda dalam wawancara beasiswa.

Rajin ke kedutaan negara tersebut di Indonesia

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, sering-seringlah ke kantor kedutaan negara yang bersangkutan di Indonesia. Terkadang informasi yang didapat di internet tidak selalu benar dan meragukan. Selain itu, rajinlah melihat website universitas yang dituju serta bergabunglah dengan berbagai grup beasiswa.

Mendaftar sebanyak-banyaknya

Sebagian besar orang yang berhasil mendapatkan beasiswa ke luar negeri, mereka mendaftar beasiswa tidak sekali dua kali saja. Ada yang sudah delapan kali mendaftar dan ikut tes tapi tidak lulus. Barulah tes kesembilan dirinya diterima.

Jadi, jangan hanya sekali ditolak Anda langsung putus asa. Begitu juga, daftarlah di berbagai kampus dan jurusan. Semakin banyak Anda mendaftar beasiswa maka semakin besar peluang Anda untuk kuliah di luar negeri.

Percaya diri dengan kemampuan Anda

Salah satu alasan kenapa seseorang gagal adalah karena kurang percaya diri dan perasaan dirinya tidak lebih baik dari orang lain. Yakini bahwa Anda berhak untuk memiliki apa yang Anda impikan dan jangan takut bersaing dengan orang lain.

**

Demikianlah beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa ke universitas di luar negeri. Semoga bermanfaat.