Loading...

15 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

TERUSKAN.COM – Rasa kantuk bisa menyerang kapan saja. Tidak peduli di rumah, di tempat kerja, di jalan maupun tempat umum lainnya, rasa kantuk kadang terus mendera. Mengantuk saat bekerja tidak diragukan lagi dapat menurunkan produktivitas seseorang.

Rasa kantuk membuat seseorang tidak bisa fokus, mata terasa berat dan tubuh selalu ingin rebah. Menurutkan rasa kantuk bisa membuat pekerjaan terbengkalai.

Loading...

Selain itu, Anda bisa saja mendapatkan sanksi dari pimpinan terutama bila Anda sering tertidur di kantor.  Tak tanggung-tanggung, bisa jadi Anda akan dipecat karena hasil kerja yang menurun. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda bukan?

Nah, berikut tips agar Anda tidak mengantuk saat bekerja :

Cuci muka, kaki dan tangan

Bila mengantuk, pergilah ke toilet. Cucilah muka, kaki dan tangan Anda beberapa kali sampai rasa kantuk menghilang. Ketika terkena air, muka, kaki dan tangan akan terasa lebih segar sehingga rasa kantuk pun bisa pergi. Namun, kadang ini tidak mempan dalam jangka waktu lama. Jika masih kantuk, teruslah ulangi mencuci muka, kaki dan tangan Anda.

Refreshing sejenak

Sebuah kantor biasanya memiliki taman dan berbagai ruangan. Cobalah keluar sebentar melihat-lihat taman di depan kantor, berkunjung ke ruangan lain di gedung kantor dan sebagainya. Mungkin mata Anda juga lelah sehingga menjadi mengantuk. Dengan refreshing mata akan kembali terjaga.

Berdiri, duduk atau berjalan

Jika tidak memungkinkan untuk keluar ruangan, cobalah mengusir kantuk dengan mengubah posisi tubuh. Bila Anda lebih banyak duduk, cobalah berdiri sebentar. Begitu juga sebaliknya. Gerakan tubuh ini bisa menghalau rasa kantuk.

Kurangi bergadang

Terkadang rasa kantuk muncul karena kebiasaan yang suka tidur larut malam. Akibatnya seseorang kekurangan waktu untuk tidur. Itulah mengapa kemudian ia mengantuk di tempat kerja. Jangan biasakan bergadang dan tidurlah tepat waktu agar tidur berjalan normal.

Lebih aktif dan antusias

Jika rasa kantuk datang ketika sedang meeting, usahakanlah untuk aktif mengikuti pertemuan tersebut. Anda bisa juga bersikap lebih semangat, antusias dan fokus sehingga perhatian Anda tertuju pada pekerjaan.

Jaga rasionalitas

Tanamkan dalam diri jangan sampai tertidur karena bisa merugikan dan mengacaukan jadwal Anda. Ucapkanlah berkali-kali dalam hati bahwa pekerjaan Anda harus selesai hari itu.

Dengarkan musik

Jika memungkinkan dan pekerjaan Anda santai, tidak ada salahnya mendengarkan musik beberapa waktu. Dengarkan lagu yang paling Anda sukai dan lebih bagus lagu yang sedikit kencang bukan slow. Kalau boleh menyanyi, tidak ada salahnya juga menyanyi sebentar dengan suara pelan sekalian untuk menggerakkan otot di sekitar mulut dan wajah.

Olahraga rutin

Rasa kantuk bisa terus datang karena tubuh kurang gerak. Biasakanlah berolahraga secara rutin sehingga tubuh tetap fit. Metabolisme tubuh menjadi lancar dan syaraf juga tidak bermasalah.

Sesekali mengemil

Selalu sediakan permen ketika hendak berangkat ke tempat kerja. Ketika mengantuk, maka cobalah mengemil. Selain permen, juga bisa memakan makanan ringan yang pedas, asam atau asin sehingga membuat Anda lebih terjaga.

Usir kebosanan

Mengantuk bisa juga disebabkan karena jenuh dan bosan dengan pekerjaan Anda apalagi kalau tugas sedang menumpuk. Cobalah mengusir kebosanan dengan mengisi teka teki silang, menonton berita, acara humor dan sebagainya.

Ajak teman berbicara

Fokus bekerja terkadang seseorang jarang berkomunikasi dan ini kadang juga bisa membuat dirinya mengantuk. Sesekali berbicaralah dengan rekan kerja Anda dan kalau perlu bercanda agar semangat tetap terjaga.

Ambil air minum

Meminum air juga bisa membuat rasa kantuk menghilang terutama bila meminum minuman bersoda atau minuman dingin. Jika di tempat kerja Anda tidak menyediakan minuman, bawalah minum dari rumah.

Konsumsi kafein

Banyak orang yang sengaja mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein untuk membuat mata mereka tetap terjaga. Anda juga bisa mengikuti pilihan ini tapi juga harus hati-hati jangan sampai malah merusak kesehatan karena terlalu banyak mengkonsumsi.

Tidur siang sejenak

Jika mengantuk disebabkan oleh kurang tidur pada malam hari, cobalah tidur siang sejenak bila kondisi di kantor mendukung untuk itu. Sebagian kantor menyediakan tempat untuk bermain dan tidur bagi karyawan.

Jaga kadar darah merah

Ada ahli kesehatan yang mengatakan bahwa mengantuk disebabkan oleh kurangnya darah merah dalam tubuh. Orang yang menderita anemia sering mengantuk. Oleh karena itu, tetap jaga konsumsi makanan Anda terutama yang bisa menstabilkan kadar darah merah.

**

Nah, itulah 15 tips yang mungkin bisa membantu untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja. Selamat mencoba.