Loading...

5 Langkah Sederhana Dan Efektif Hindari Jerawat

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kecantikan

jerawat

TERUSKAN.COM – Kulit berjerawat tentu saja membutuhkan perhatian lebih dan perawatan secara teratur. Setiap orang harus menyadari bahwa jerawat yang timbul pada wajah disebabkan oleh kulit berminyak serta akumulasi kotoran yang menempel pada kulit. Daripada mengobati, akan lebih baik untuk melakukan upaya-upaya pencegahan untuk menghindari timbulnya jerawat.

Pembersihan dari luar tidaklah cukup, Anda juga harus melakukan perawatan yang baik dari dalam tubuh guna mencegah jerawat pada wajah Anda. Terlepas dari makanan dan diet seimbang, Anda juga perlu memastikan untuk mengikuti beberapa langkah sederhana yang dapat membantu menghindari jerawat.

Loading...

Langkah-langkah sederhana itu termasuk merawat kulit, dan membersihkan semua kotoran dari wajah. Salah satu hal dasar yang perlu Anda lakukan adalah mencuci kulit wajah Anda setelah beraktifitas sepanjang hari.

Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan jika Anda ingin mencegah timbulnya jerawat:

Bersihkan wajah Anda

Membersihkan wajah harus menjadi rutinitas bagi siapa saja. Ritual ini dilakukan agar kulit Anda terbebas dari kotoran dan polutan yang menempel.

Bersihkan wajah Anda secara berkala, setelah menghapus riasan wajah, Anda dapat melakukan pembersihan dengan uap air panas. Uap ini akan membantu membuka pori-pori untuk kemudian menghilangkan sisa kotoran.

Setelah itu cucilah wajah Anda dengan pembersih wajah Anda lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Minyak serta kotoran wajah akan menghilangkan setelah Anda melakukan perawatan ini, dan tentu saja kemungkinan timbulnya jerawat akan semakin berkurang.

Hindari rambut berminyak

Salah satu dari sekian alasan yang bisa menyebabkan kulit berjerawat adalah kondisi rambut yang berminyak. Rambut adalah bagian tubuh yang jaraknya paling dekat dengan wajah, dan saat rambut menyentuh kulit Anda, hal itu dapat memudahkan jerawat untuk timbul dan berkembang.

Jadi, selain membersihkan kulit wajah, pastikan pula bahwa rambut Anda senantiasa bersih dan bebas dari minyak. Lakukan perawatan untuk menghapus minyak berlebih dari rambut Anda dengan membersihkannya secara teratur. Usahakan untuk menghindari rambut menyentuh kulit Anda, ini adalah salah satu cara untuk menghindari jerawat.

Diet yang tepat

Diet juga merupakan faktor yang sangat penting ketika Anda ingin kulit Anda bebas dari jerawat. Untuk menghilangkan semua jerawat pada wajah, Anda harus melakukan diet seimbang. Diet Anda harus mengandung protein yang diperlukan serta vitamin yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Jangan menyentuh wajah Anda

Banyak dari kita memiliki kebiasaan menyentuh kulit wajah tanpa sadar. Ini memang merupakan hal yang normal, tetapi ketika Anda keseringan menyentuh wajah, maka Anda benar-benar memberi kesempatan kepada jerawat untuk menghiasi kulit wajah Anda.

Tangan adalah sumber bakteri, maka dari itu ketika Anda menyentuh wajah, itu sama artinya dengan Anda memperparah serta meningkatkan masalah yang terkait dengan jerawat.

Masker madu

Ada banyak bahan alami yang dapat Anda andalkan untuk mempercantik serta membuat kulit wajah Anda tampak lebih bersinar. Salah satu diantaranya adalah madu.

Bahan alami yang sangat efektif untuk kecantikan ini dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda. Selain itu, madu juga dapat menjaga kelembaban serta kelenturan kulit wajah Anda sehingga memperlambat timbulnya keriput atau garis-garis halus pada wajah.

Jadi terapkanlah madu pada wajah Anda setidaknya dua kali seminggu untuk memastikan minyak pada kulit Anda berkurang. Dengan cara ini Anda dapat menikmati kulit halus yang bebas jerawat.