Loading...

5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

Penulis: Nila Rubrik: Keluarga

lidah-mertua

TERUSKAN.COM – Beberapa tanaman hias ternyata tidak hanya berfungsi sebagai tanaman untuk mempercantik pekarangan rumah saja melainkan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Tanaman – tanaman ini tidak digunakan sebagai bahan jamu atau bahan dasar makanan organik, namun fungsi tanaman hias yang membantu membersihkan udara di dalam ruangan, sehingga ruangan tersebut menjadi sehat dan segar untuk anda huni bersama keluarga tercinta.

Loading...

Apa saja jenis tanaman hias yang berfungsi sebagai pembersih udara dalam ruangan? Mari kita simak bersama – sama seperti diulas secara singkat di bawah ini.

1). Palem Kuning

Palem Kuning atau dalam bahasa latin Chrysalidocarpus merupakan tanaman hias yang memiliki batang dan dahan cenderung berwarna hijau kekuningan, terutama ketika terkena sinar matahari di waktu pagi hari.

Berkembang biak dengan biji dari buah dan mempunyai tinggi pohon sampai 4 meter apabila ditanam di luar pot atau tanah pekarangan rumah.

Palem Kuning dapat anda tanam di sebuah pot dan meletakkannya pada ruangan tamu. Fungsinya adalah sebagai pembersih udara dalam ruangan dan mampu menghilangkan zat formaldehida, benzena, serta karbondioksida. Sangat bagus untuk menyerap racun dari asap rokok, asap obat nyamuk bakar dan debu.

2). Bunga Peace Lily

Bunga yang satu ini merupakan tanaman hias yang mempunyai warna bunga sangat cantik yaitu merah dan putih. Daunnya panjang dan berwarna hijau gelap.

Sangat mudah untuk membudidayakan karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari, sehingga cocok diletakkan dalam ruangan dapur atau ruang tamu dan ruang keluarga.

Bunga ini harus mendapat air dalam jumlah besar sehingga bisa tumbuh dengan subur dan mampu menyerap polusi di dalam rumah. Namun jangan terlalu banyak terkena sinar matahari karena berakibat tanaman mudah mati.

3). Tanaman Herbras (Gerber Daisy)

Tanaman hias ini memiliki bunga warna – warni dan berbentuk sangat indah. Kerap dipakai sebagai bunga potong mendampingi mawar, anyelir, seruni dan tulip.

Herbras mampu tumbuh dengan subur di dalam pot dan sangat tepat diletakkan dalam ruangan seperti kamar mandi, ruang tamu, dapur dan kamar tidur. Selain berfungsi untuk keindahan, juga efektif menghilangkan zat trichloroethylene yang berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh manusia.

4). Sirih Gading (Devil’s Ivy)

Tanaman hias ini berbunga cantik dan berwarna putih kekuning – kuningan, dari keluarga araceae dan merupakan tanaman hias asli dari Indonesia, sangat baik sebagai pembersih udara kotor di dalam rumah atau menyerap racun formaldehida.

Tanaman ini bersifat empifit dan semi merambat, sangat bagus ditanam pada pot gantung lalu anda letakkan di kamar mandi dan ruang dapur.

5). Tanaman Hias Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah Mertua merupakan tanaman hias yang ampuh untuk penyerap racun, memiliki tanaman berbentuk unik, cantik dan mudah dikenali. Berbagai jenis racun yang dapat diserap antara lain zat karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan dioksin.

Daun dari tanaman ini mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari beragam jenis polutan. Tanamlah pohon hias ini di dalam rumah anda.

**

Indonesia kaya akan beragam tanaman hias, baik itu yang ditanam di luar ruangan maupun dalam ruangan. Tanaman hias ini bisa berfungsi ganda yaitu sebagai media buat mempercantik taman dan pembersih udara di dalam ruangan seperti rumah atau kantor. Oleh karenanya sangat bagus untuk anda pilih sebagai tanaman favorit.