Loading...

Khasiat dan Kegunaan Minyak Calendula

Penulis: Nila Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

Minyak Calendula

TERUSKAN.COM – Calendula atau bunga pot marigold merupakan genus tumbuhan bunga yang memiliki sekitar 12 sampai 20 spesies. Pot marigold adalah tanaman herba dari famili Asteraceae.

Bunga calendula berwarna kuning hingga oranye cerah, dengan kelopak bunga dimanfaatkan sebagai ekstrak minyak melalui proses kimia penyulingan hingga menghasilkan minyak calendula yang berwarna oranye keemasan. Minyak ini dikenal cukup ampuh buat penyembuhan beberapa jenis penyakit dan memiliki efek menenangkan yang cukup tinggi.

Loading...

Orang Mesir kuno telah menggunakan minyak calendula bagi perawatan kecantikan kulit dan sekaligus berfungsi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit tertentu, karena minyak ini pada umumnya dikelompokkan ke dalam minyak infus terutama pada kelopak bunga dicampur atau direndam dalam minyak lain seperti minyak zaitun untuk memperoleh formasi baru dengan banyak manfaat.

Manfaat dan Kegunaan Minyak Calendula

Kegunaan dari minyak calendula, bisa anda lihat seperti ulasan di bawah ini :

1). Minyak calendula bersifat lembut untuk diaplikasikan pada kulit bayi sehingga aman untuk mengobati ruam popok pada bayi.

2). Minyak yang diekstrak dari bunga calendula berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka kecil, jerawat, luka bakar, gigitan serangga, dan sakit kaki.

3). Minyak calendula adalah obat tradisional untuk beberapa jenis penyakit karena masalah pencernaan seperti kram perut, perut kembung, sembelit, dan sakit perut.

4). Orang yang menderita dermatitis, psoriasis, dan eksim, dapat memakai minyak ini untuk mengurangi peradangan pada kulit.

5). Minyak calendula berfungsi ganda yaitu sebagai media penenang karena memiliki karakter lembut serta mempunyai sifat antijamur, antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri, sehingga kerap dijadikan sebagai obat untuk mengobati sejumlah gangguan pada kulit karena infeksi.

6). Minyak calendula bermanfaat untuk mengobati kulit kering dan pecah – pecah, ruam kulit, luka, luka bakar, radang, iritasi kulit, dan beberapa gangguan kulit lainnya yang menyebabkan penampilan anda menjadi cacat.

7). Minyak calendula digunakan sebagai campuran dasar salep, lotion, krim, dan kosmetik alami lainnya. Juga, minyak calendula bagus digunakan dalam aromaterapi.

8). Jika kulit anda rentan terbakar matahari dan mengalami sunburns, anda bisa menggunakan minyak calendula untuk mengatasinya. Jadi selalu sediakan minyak ini sebelum anda beraktivitas di luar ruangan.

**

Beberapa penelitian telah menjelaskan tentang sifat dasar dari penyembuhan bunga ini. Banyak orang percaya dan cocok dengan khasiat dari kekuatan minyak calendula untuk penyembuhan dan memperbaiki sakit kulit karena adanya kombinasi dari lipofilik ekstrak dan ekstrak hidrofil seperti flavonoid dan saponin, yang merupakan bagian terpenting yang terkandung dalam bunga ini.

Demikianlah 8 manfaat dari minyak calendula buat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, semoga berguna buat anda semua!