Loading...

Kenali Jenis Kulit dan Cara Merawatnya

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kecantikan, Kesehatan, Wanita

merawat wajah

TERUSKAN.COM – Beberapa ahli makeup dan spesialis perawatan kulit sering menyarankan Anda untuk mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis kulit seperti kulit kering, berminyak, kombinasi dengan tujuan untuk memilih perawatan apa yang sesuai dan benar-benar cocok untuk jenis kulit Anda.

Namun kenyataannya, banyak dari Anda yang tidak semua memiliki pemahaman yang baik tentang jenis kulit sendiri dan akibatnya perawatan kulit anda lebih sering mengalami kerusakan atau berdampak pada munculnya berbagai masalah kulit.

Loading...

Sebelum Anda mulai melakukan perawatan kulit dan memilih produk kecantikan, ada baiknya mengenali terlebih dahulu jenis kulit dan produk yang sesuai untuk digunakan pada artikel di bawah ini.

1. Jenis Kulit

  • Kulit kering

Untuk kulit kering biasanya akan menunjukkan tanda seperti lebih mudah terkelupas dan mudah teriritasi.

Seorang direktur Gramercy Park Dermatology dan klinis asisten profesor di departemen dermatologi di New York University School of Medicine di New York, Linda Franks, MD, mengatakan jika kulit Anda memiliki sifat-sifat ini dan juga cenderung untuk bereaksi terhadap beberapa (atau semua) dari produk kulit yang telah  anda coba, maka Anda memiliki jenis kulit kering yang cenderung ke jenis kulit sensitif.

  • Kulit berminyak

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda memiliki jenis kulit berminyak adalah ketika Anda mulai merasa munculnya sedikit minyak di wajah Anda. Kebanyakan orang bisa merasakan munculnya minyak berlebih saat sore hari, tetapi jika minyak pada wajah telah muncul saat sekitar tengah hari maka dipastikan Anda memiliki jenis kulit berminyak.

Kulit berminyak lebih jarang menunjukkan reaksi negatif terhadap produk kulit yang berbanding terbalik dengan kulit kering dan sensitif.

  • Kulit kombinasi

Untuk gambaran kulit ini dapat Anda perhatikan pada daerah pipi yang cenderung kering dibandingkan daerah hidung dan alis.

Untuk jenis perawatan kulit ini terdapat dua jenis perawatan yang sebaiknya dihindari seperti yang dikatakan Dr Frank yaitu penggunaan toner dan exfoliasi (pengelupasan) yang keduanya dapat menghilangkan lapisan pelindung kulit Anda.

2. Tips Perawatan Sesuai Jenis Kulit

  • Merawat Kulit Kering

Kulit kering membutuhkan perawatan yang elstra hat-hati dan perhatian.

Bersihkan: Gunakan pembersih wajah yang lembut. Anda harus melakukan pembersihan di malam hari dan tidak harus membersihkannya lagi di pagi hari. Pilih pembersih yang berbahan ringan untuk semua jenis kulit,” kata Frank. Selain itu tidak hanya membersihkan, pembersih yang Anda gunakan sebaiknya bisa mengangkat kotoran dan sisa makeup secara keseluruhan pada wajah.

Gunakan retinol: Retinol bisa sangat baik untuk kulit kering. Namun, tidak semua orang dengan kulit kering dapat menggunakan produk retinol karena sensitivitas. Jika iritasi muncul, kurangi pemakaian dan lakukan konsultasi pada dokter kulit.

Gunakan produk dengan asam hyaluronic. Hal lain yang bisa Anda gunakan sebagai pelembab adalah produk yang mengandung asam hyaluronic. Molekul yang sangat hydroscopic ini akan menarik air di sekitar kulit yang akan menghidrasi kulit Anda.

Melembabkan : Carilah pelembab yang mengandung fosfolipid, kolesterol, dan asam lemak esensial.

Tips : Saat Anda menggunakan satu produk, tunggu dan reaksi yang dihasilkan. Jika baik, Anda dapat menggunakan produk perawatan tersebut.

  • Merawat Kulit Berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda lebih memiliki banyak jenis produk untuk digunakan dari pada jenis kulit kering.

Bersihkan : Pemilik kulit berminyak atau berjerawat harus rajin mencuci wajah dengan pembersih yang lembut pada pagi dan sore hari. Dr. Frank menawarkan saran untuk membersihkan wajah menggunakan ujung jari Anda dan gosokkan selama 30 detik sebelum dibilas.

Asam salisilat : Pilih produk yang mengandung asam salisilat bebas alkohol, seperti pad Stridex atau pembersih asam salisilat obat pada daerah kulit yang berminyak . Lakukan sekitar dua atau tiga kali seminggu.

Gunakan retinol: Serupa dengan kulit kering, kulit berminyak juga memerlukan produk yang mengandung retinol untuk mengurangi produksi minyak dan mencegah pori-pori besar. Selain untuk jerawat, retinol juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk anti-penuaan .

Melembabkan : Gunakan pelembab bebas minyak dengan SPF 30.

  • Merawat Kulit Kombinasi

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, akan mengikuti rutinitas dasar yang sama tetapi melakukan sedikit penyeimbangan dari rutinitas perawatan kulit baik untuk kulit berminyak dan kering.

Bersihkan: Gunakan pembersih berbahan lembut yang berbahan alami. Anda bisa melakukan pembersihan wajah sekali sehari.
Asam salisilat : Gunakan asam salisilat pada bagian wajah yang berminyak setiap harinya.
Melembabkan : Gunakan produk bebas minyak dengan SPF 30 dan obati daerah yang lebih kering pada wajah Anda dengan pelembab.

**

Luangkan waktu Anda untuk mengetahui perawatan apa yang sebaiknya dilakukan sesuai dengan jenis kulit. Semoga bermanfaat.