Loading...

Merawat Rambut Secara Alami di Rumah Sendiri

Penulis: melin Rubrik: Kecantikan, Wanita

merawat rambut

TERUSKAN.COM – Rambut yang sehat indah dan berkilau merupakan dambaan setiap pria dan wanita, banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkannya dari mulai merawat sendiri di rumah dengan menggunakan perawatan rambut lengkap mulai dari shampo sampai dengan serum, atau melakukan perawatan rambut langsung ke salon karena dirasa mudah dan efisien.

Kedua cara tersebut tidaklah salah, tapi tidak ada salahnya mencoba merawat rambut sendiri di rumah dengan menggunakan bahan – bahan alami.

Loading...

Sejak zaman dahulu bahan – bahan alami dikenal dan dipercaya dapat merawat, mempertahankan keindahan serta kesuburan rambut dan tentu saja bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping  inilah yang menjadikan bahan alami patut untuk dicoba,walaupun sedikit agak repot tapi hasil yang didapat sepadan.

Berikut ini adalah bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut;

Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera terkenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami yang dapat menyuburkan rambut serta dapat mencegah rambut dari kerontokan.

Cara menggunakannya adalah dengan mengambil lendir atau bagian dalam lidah buaya setelah sebelumnya mengupas bagian kulitnya lalu usapkan bagian tersebut  pada kulit kepala secara merata, diamkan 10 sampai 20 menit lalu keramas dan bilas hingga bersih. Lakukan seminggu 2 kali rambut akan lebih kuat dan menjadi lebih lebat.

Kemiri

Dari dahulu kemiri tidak hanya dikenal sebagai bumbu dapur saja, tapi kemiri  juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat menghitamkan rambut. Dari penelitian disebutkan bahwa pada kemiri ditemukan senyawa yang disebut sebagai Flavonoida, kandungan senyawa inilah yang dapat menghitamkan rambut.

Cara menggunakannya dengan cara membakar beberapa kemiri sekitar 30 menit atau sampai menghitam, lalu  tumbuk hingga halus dan tambahkan air secukupnya kemudian masak sampai mengeluarkan minyak. Oleskan minyak yang telah didapat pada bagian batang rambut secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu keramas dan bilas hingga bersih, lakukan secara teratur maksimal seminggu 3 kali.

 

Minyak kelapa

Minyak kelapa didapatkan dari kelapa tua yang sudah diparut lalu parutan kelapa tersebut dicampur air dan diperas untuk mendapatkan santannya. Setelah itu santan dimasak sampai tersisa minyaknya, saring lalu oleskan minyak kelapa pada batang rambut, diamkan sekitar 1 jam lalu keramas dan bilas hingga bersih.

Fungsi dari minyak kelapa adalah agar rambut tidak kering dan kusam, serta minyak kelapa dapat mengembalikan kelembaban rambut.

Buah alpukat

Buah alpukat dengan kandungan vitamin C dan E, selain baik untuk tubuh juga baik untuk rambut. Buah alpukat dapat digunakan untuk perawatan rambut sebagai masker rambut.

Caranya adalah dengan menghaluskan daging alpukat lalu dibalurkan secara merata pada rambut sehingga menutupi seluruh bagian rambut diamkan selama ±30 menit kemudian keramas dan bilas hingga bersih. Lakukan dengan rutin sebulan 2 atau 3 kali, maka rambut akan menjadi sehat dan lebih tebal.

**

Itulah beberapa bahan alami yang dapat dipergunakan untuk merawat rambut, Impian untuk memiliki rambut yang sehat, indah dan berilau akan menjadi kenyataan. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal hanya dengan bahan alami yang dapat ditemukan di sekitar kita, kita bisa memperoleh rambut seperti dalam iklan shampo.

Selamat mencoba.