Loading...

Tips Dekorasi Ruang Keluarga Minimalis

Penulis: Yuanita Rubrik: Desain

Ruang Keluarga Minimalis

TERUSKAN.COM – Dekorasi ruang keluarga sangat penting untuk menciptakan kenyamanan para penghuninya. Apalagi, di tempat inilah seluruh anggota keluarga biasa berkumpul. Di dalam rumah bergaya minimalis, biasanya ditemukan kesulitan untuk menyelaraskan fungsi ruangan dengan minimalisme tersebut, sehingga ruang keluarga menjadi tidak tertata apik. Ruang keluarga perlu dibuat lebih chic dan nyaman.

Berikut ini tips mendekorasi ruang keluarga minimalis yang chic dan trendi.

Loading...

Tentukan fungsi dan peran ruang keluarga

Misalnya ruang keluarga berukuran maksimal 4m X 4m, apa yang akan dilakukan di ruangan tersebut? Untuk apa saja ruangan ini dimanfaatkan?

Pertanyaan ini harus dijawab, sebelum kita mendekorasi ruang keluarga. Dengan tujuan dan fungsi yang jelas, kita tahu apa saja yang akan diletakkan di ruang keluarga.

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan memegang peranan penting dalam nuansa interior rumah. Jika ruang keluarga tidak mencapat cahaya cukup banyak, sebaiknya pilih furnitur dan warna yang bisa membuat ruangan tampak lebih terang.

Pencahayaan dalam ruangan yang mendapat sedikit sinar matahari perlu disiasati dengan pemilihan lampu. Bila perlu, gunakan spot lamp untuk mengekspos sudut tertentu dalam ruangan, misalnya lukisan atau wall art lainnya.

Pemilihan warna dinding

Warna dinding disesuaikan dengan jumlah sinar matahari yang masuk. Saat memilih cat dinding di toko, perhatikan perbedaan warnanya saat terkena sinar matahari, saat mendapat cahaya lampu, dan saat mendapat sedikit cahaya.

Untuk rumah minimalis dengan ruang keluarga yang mungil, sebaiknya pilih warna-warna cerah nan lembut, misalnya warna putih dan warna-warna pastel.

Penentuan tema ruangan

Agar tampil lebih menarik, ruang keluarga harus memiliki tema. Tema minimalis yang chic misalnya: navy, industrial, colorful, vintage, mid-century, natural, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mengambil inspirasi dari interior khas negara tertentu yang saat ini sedang booming, misalnya Jepang, Skandinavia, Inggris, Meksiko, atau Maroko.

Pemilihan furnitur

Pemilihan furnitur disesuaikan dengan tema ruangan, ukuran ruang keluarga, serta kebutuhan. Untuk mengurangi kesan sempit, sofa bisa digantikan dengan penggunaan karpet. Kesan lapang bisa diperoleh dengan membuat furnitur yang built-in, tetapi harganya lebih mahal.

Tata letak

Tata letak ditentukan berdasarkan aktivitas yang akan dilakukan, lalu lalang penghuni rumah, letak jendela dan pintu, serta akses cahaya dan udara. Sebaiknya, buatlah sketsa tata letak terlebih dahulu sebelum meletakkan semua perabotan ruang keluarga.

Fungsi ganda

Untuk menghemat pemakaian ruang, akan lebih baik jika Anda bisa memilih perabotan yang multifungsi. Barang-barang berukuran kecil sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak terlihat mencolok tapi mudah dijangkau, misalnya kolong sofa, bawah meja, dan lemari di bawah tangga.

Aksesoris ruangan

Aksesoris inilah yang menunjang keindahan ruangan Anda. Letakkan wall art di dinding, misalnya kumpulan foto berpigura, lukisan, atau sekadar koleksi gambar anak-anak Anda.

Cerahkan ruangan dengan bantal sofa. Bantal sofa atau lazim disebut cushion juga bisa diletakkan di atas karpet atau di atas kursi. Aksesoris bisa juga berupa furnitur pokok yang memiliki keindahan, misalnya meja, kursi, lampu, korden, ataupun almari.

**

Yang harus selalu diingat dalam mendekorasi ruang keluarga adalah kerapian dan kebersihan. Jaga selalu ruangan ini agar tetap bersih dan rapi, maka ruang keluarga akan menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba!