Loading...

Tips Makeup Untuk Kulit Berminyak

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kecantikan, Wanita

makeup muka berminyak

TERUSKAN.COM – Banyak dari kita yang enggan menggunakan makeup karena kulit wajah yang cenderung berminyak dan pastinya akan mengkhawatirkan ketika memakai make-up karena gampang luntur. Tak satu pun dari Anda pastinya yang ingin terlihat kusam dengan wajah berminyak baik itu di tempat kerja, rumah atau di tempat lain.

Untuk kulit berminyak, saat ini sudah banyak produk kecantikan yang tersedia di pasar yang bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah dan begitu juga dengan jenis makeup tertentu.

Loading...

Karena kulit berminyak tidak bisa menggunakan semua jenis makeup, berikut beberapa tips dan cara bermakeup untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.

1. Bersihkan Wajah dan Lakukan Exfoliator (Pengelupasan)

Ini adalah langkah pertama dan yang paling penting dari bagian makeup untuk dilakukan. Selalu mencuci muka dengan air biasa sebelum menerapkan makeup.

Gunakan pembersih untuk membersihkan dan kemudian pilih exfoliator terbaik. Scrub yang berbahan ringan membantu menyingkirkan semua sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakan scrub buatan sendiri.

2. Gunakan Toner Ringan

Sebelum menerapkan riasan pada wajah, percikan kulit Anda dengan toner bebas alkohol. Ini harus dilakukan lima menit setelah pembersihan. Hal ini akan membantu menyerap kelebihan minyak tanpa pengupasan kulit.

3. Oleskan Pelembab

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit Anda adalah menjaganya tetap lembab. Sebelum merias wajah Anda, oleskan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Ini membantu makeup untuk tinggal lebih lama dan menyempurnakan tampilan Anda. Selalu gunakan pelembab tanpa minyak atau air.

4. Pilih Foundation Tanpa Minyak

Menggunakan foundation atau alas bedak yang tidak mengandung minyak baik untuk wajah Anda karena mengisi pori-pori kulit dan memberikan hasil yang baik. Untuk hasil terbaik, campurkan dengan sedikit pelembab dan oleskan pada wajah Anda dengan bantuan ujung jari Anda dan telapak tangan atau kuas.

5. Bedak Bubuk

Setelah menerapkan foundation, tunggu selama 5 sampai 10 menit dan kemudian terapkan bedak bubuk dengan menggunakan kuas. Pastikan Anda meratakanny pada bagian pipi, dahi dan hidung Anda.

6. Gunakan Concealer

Belilah concealer yang cocok atau mendekati dengan warna kulit Anda. Oleskan pada setiap bagian kulit yang terlihat berbeda atau kemerahan. Gunakan sikat stippling kecil untuk menerapkannya dan oleskan dengan bantuan jari-jari Anda. Anda juga dapat menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata dengan bantuan concealer.

7. Kertas Minyak

Untuk pemilik wajah berminyak, sudah seharusnya kertas minyak selalu ada dalam tas kosmetik Anda. Ingatlah untuk selalu membawa kertas minyak jika saja minyak berlebih muncul saat Anda sedang berada di tengah-tengah acara atau di tempat kerja.

Kertas minyak bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit Anda.

**

Demikian beberapa tips makeup untuk pemilik kulit berminyak. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan pastikan produk yang digunakan berkualitas demimenjaga sempurnanya make up pada wajah berminyak.

Semoga bermanfaat.