Loading...

5 Tips Merawat Kelinci Untuk Pemula

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Bisnis, Fun

TERUSKAN.COM – Kelinci adalah hewan peliharaan yang cukup mudah untuk dijaga dan dirawat. Mereka juga termasuk dalam salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih karena ramah. Tetapi kelinci juga bisa menjadi gangguan karena kotoran yang dihasilkan lebih banyak daripada hewan peliharaan lain seperti kucing dan anjing.

Jika Anda berencana untuk memelihara seekor kelinci,  maka Anda harus memahami bahwa perlakuan akan berbeda dengan cara merawat kucing atau anjing. Mungkin kelinci dan kucing sama-sama memiliki bulu, namun untuk perawatan dan jenisnya sama sekali berbeda.

Berikut adalah beberapa tips perawatan mudah untuk kelinci. Pastikan ada alat untuk perawatan dan kandang sebelum memutuskan untuk membeli kelinci.

Loading...

5 Tips Merawat Kelinci Untuk Pemula

1. Sebuah Kandang

Untuk menjaga kelinci sebagai hewan peliharaan, Anda membutuhkan sejumlah ruang yang memadai untuk kelinci agar lebih leluasa. Kelinci perlu cukup ruang setidaknya 50x60x50 (p x l x t). Jika Anda berencana untuk memiliki kandang di luar ruangan maka pastikan tempat tersebut rindang dan aman dari angin serta gangguan hewan lain.

2. Tempah Pembuangan

Kelinci memiliki lebih banyak kotoran daripada kucing atau anjing. Jadi  penting untuk memiliki kotak pembuangan khusus untuk kotoran kelinci. Anda dapat menggunakan jerami yang di bagian bawahnya terdapat wadah yang cukup untuk kotoran. Jangan lupa dibersihkan setiap hari ya.

3. Latihan

Anda tidak perlu mengajak kelinci anda untuk berjalan-jalan. Jika Anda memiliki kandang besar untuk kelinci, buat beberapa pagar mini yang akan digunakan kelinci untuk melompat-lompat.

4. Makanan Kelinci

Kelinci tidak membutuhkan makanan yang berkualitas tinggi. Anda hanya perlu memberikan  sayur atau buah yang masih segar dan beberapa pilihan makanan lain seperti di bawah ini.

  • Susu: Kelinci membutuhkan protein dan lemak. Anda dapat memberikan secangkir susu tanpa tambahan atau roti renyah yang sudah dipanggang.
  • Biji-bijian: Biji-bijian atau pelet penting untuk pertumbuhan kelinci. Kelinci bahkan tidak pernah bosan untuk memakannya. Anda bisa mendapatkannya pada toko makanan khusus hewan.
  • Sayuran: Kubis, wortel, kembang kol, bawang, bayam, kacang polong adalah sayuran kesukaan kelinci. Sebelum memberikan sayuan pada kelinci, rebus sayuran hingga setengah masak. Kentang rebus yang sudah dihancurkan bersama kulitnya juga baik untuk penambah karbohidrat. (sesuaikan porsi)
  • Buah: Apple adalah salah satu buah favoritnya, kelinci tidak suka makan buah-buahan lainnya selain apel. Apel mengandung vitamin dan teksturnya yang lebih lembut membuatnya lebih mudah dicerna.
  • Rumput: Kelinci suka bermain di sekitar taman dan memakan rumput hijau seperti Agrimony, Coltsfoot, Comfrey, ubi, rumput angsa dan wont yang sangat baik untuk pertumbuhan gigi.
  • Sereal dan jerami: Jagung dan oats. Hancurkan bersama dengan susu hangat yang akan memberikan gizi ekstra untuk kelinci.

Pemberian makan untuk kelinci setidaknya dua kali sehari sudah cukup dan jangan lupa untuk memberikan semangkuk air sebagai minumannya.

5. Sikat Kelinci

Sikat bulu kelinci secara teratur, setidaknya beberapa kali seminggu yang akan membantu kelinci terhindar dari muntah bulu.

**

Nah demikianlah tips merawat kelinci untuk pemula. Semoga kelinci Anda selalu sehat ya.