Loading...

10 Makanan Bergizi Untuk Perut Sehat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Makanan Bergizi Untuk Perut Sehat

TERUSKAN.COM – Perut adalah salah satu organ yang paling penting pada tubuh manusia dan juga sangat rentan terhadap infeksi dan komplikasi kesehatan. Perut adalah pusat sistem terjadinya proses pencernaan dan bertugas untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Faktanya, ada dua macam cara untuk menjaga kesehatan perut. Pertama dengan berolahraga untuk menghindarkan perut  dari timbunan lemak, kedua yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Jika Anda tidak begitu menyukai opsi pertama yaitu berloahraga, maka mengonsumsi makanan sehat menjadi pilihan terakhir yang harus Anda lakukan.

Loading...

Makanan yang dikategorikan sehat tentunya adalah jenis makanan yang dilengkapi dengan beberapa vitamin dan nutrisi, yang semuanya membantu membersihkan perut dan meningkatkan fungsi pencernaan dalam tubuh.

Nah, berikut 10 jenis makanan yang akan membersihkan perut Anda dari racun dan meningkatkan sistem fungsi pencernaan.

1. Yogurt

Ada miliaran bakteri dalam perut Anda yang membantu dalam proses pencernaan. Yogurt khususnya memiliki beberapa bakteri sehat yang membantu dalam pencernaan selain menjaga infeksi perut.

2. Daging tanpa lemak

Hal terbaik dari daging tanpa lemak adalah kandungan lemak yang rendah di dalamnya. Daging jenis ini tidak mengandung kolesterol jahat dan sangat rendah lemak jenuh. Karena itu, daging jenis ini sangat ramah untuk perut.

Sedangkan untuk daging merah yang tinggi akan lemak sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus besar pada pria dewasa.

3. Pisang

Pisang adalah satu di antara buah-buahan tersehat di dunia. Pisang meningkatkan gerakan usus sehingga lebih sehat dan juga mempromosikan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Harus dicatat bahwa manfaat kesehatan dari pisang tidak hanya terbatas pada sistem pencernaan, pisang juga terkait dengan manfaat kesehatan lain yang luar biasa.

4. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan serat makanan, yang keduanya merupakan komponen yang sangat baik untuk perut. Vitamin C juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Quinoa

Quinoa adalah salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan asam amino yang membantu menjaga kesehatan perut.

6. Lemon

Lemon mengandung asam larut dalam air yang merupakan proposisi yang sempurna untuk pencernaan yang sehat. Air lemon khususnya membantu untuk membersihkan sistem pencernaan secara keseluruhan.

7. Jahe

Mengonsumsi jahe dalam jumlah besar bisa berbahaya untuk kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secukupnya jahe adalah salah satu makanan terbaik untuk pencernaan. Jahe telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati beberapa masalah perut.

8. Capsicum

Kaya akan antioksidan dan fitonutrien, capsicum merupakan sayuran yang tepat untuk perut Anda. Selain itu juga mencegah terjadinya infeksi berlanjut yang terjadi perut.

9. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung mengandung banyak zinc, vitamin dan antioksidan yang baik utnuk kesehatan perut dan juga menangkal radikal bebas. Sedangkan serat pada sayuran baik untuk sistem pencernaan.

10. Biji-bijian dan Gandum

Pastikan Anda memasukkan biji-bijian dan gandum dalam menu harian Anda. Biji-bijian mengandung mangan, selenium dan serat makanan sehat yang semuanya menjadi komponen sehat untuk menunjang perut yang sehat.