Loading...

7 Tips Memilih Tas Sekolah yang Baik

Penulis: Yuanita Rubrik: Pendidikan

Tips Memilih Tas Sekolah

TERUSKAN.COM – Saat ini tas sekolah sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para pelajar, baik pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi. Dengan banyaknya kebutuhan di sekolah dan beragam tugas, maka tas sekolah pun harus dipilih dengan cermat, mana yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Anda hendak membeli tas sekolah, atau akan membelikannya untuk anak dan kerabat? Simak dulu tips memilih tas sekolah yang baik berikut ini. Ssstt! Memilihnya ternyata nggak boleh sembarangan loh.

Loading...

1. Model punggung dan selempang

Tentu hal pertama yang menentukan kenyamanan adalah modelnya. Baik model tas punggung maupun selempang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tas punggung bisa membagi beban di dalam tas sama rata antara pundak kanan dan pundak kiri.

Dengan tas punggung, resiko terjadi ketika barang yang dibawa terlalu berat. Anak-anak yang tulangnya sedang bertumbuh bisa memiliki postur bungkuk jika harus membawa barang berat, terutama bagi siswa yang jalan kaki atau bersepeda.

Sementara pada tas selempang, beratnya hanya dibebankan ke satu sisi. Hal ini bisa menyebabkan nyeri dan proporsi tubuh yang tidak seimbang. Jadi, saat memilih tas selempang, sebaiknya digunakan secara bergantian antara pundak kanan dan kiri.

2. Ukuran

Sering kali kita memilih tas sekolah yang berukuran besar, dengan alasan agar bisa memuat barang lebih banyak. Padahal, dengan memuat barang lebih banyak, beban tubuh pun bertambah pula.

Sebaiknya, pilihlah tas yang tidak terlalu besar. Jika anak diminta membawa laptop ke sekolah, bawakan ia laptop 10”. Bila perlu, gunakan tas laptop sendiri, jadi tidak dimasukkan jadi satu dalam tas ransel atau selempangnya.

3. Jahitan

Salah satu hal vital yang menjadi penentu keawetan tas sekolah adalah jahitannya. Jika dijahit dengan benar, maka ketika dua sisi tas ditarik, jahitan akan tetap kuat dan tidak mudah renggang.

Saat memilih tas sekolah di toko, sebaiknya Anda mengecek kekuatan jahitannya lebih dahulu. Pilihlah tas yang selempangnya dijahit, bukan hanya direkatkan dengan paku kain. Tas yang dijahit akan lebih kuat dan awet.

4. Pelapis anti air

Tas sekolah yang baik haruslah memiliki lapisan kedap air. Dengan begitu, air hujan tidak akan bisa merusak isi tas sekolah. Dengan cuaca yang semakin tidak menentu, lapisan kedap air ini merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi saat Anda membeli tas sekolah.

Tapi, beberapa tas memiliki lapisan kedap air yang kurang berkualitas, sehingga air masih bisa merembes dan membasahi buku pelajaran. Pilih yang lapisan kedap air-nya tebal dan berkualitas.

5. Resleting

Tas sekolah berkualitas baik memiliki resleting yang ringan. Artinya, resleting tas tersebut mudah dibuka-tutup dengan ringan. Tarikan apda resleting yang bagus bersifat lembut, tidak kasar. Terkadang, ada juga tas yang terlihat bagus, tapi resletingnya kurang bagus. Cobalah menggunakan resletingnya saat membeli tas sekolah.

6. Jenis kain

Ada banyak sekali jenis kain tas sekolah. Ada yang menggunakan kain kanvas tebal, parasut, polyester, vinil, kulit imitasi, dolbi, dan bahkan jeans. Apapun jenis kainnya, pastikan kain tersebut kuat untuk menahan beban berat dan bisa awet. Ciri kain yang baik adalah seratnya rapat dan tidak mudah sobek.

7. Merk dan harga

Tidak dipungkiri bahwa harga dan merk merupakan pertimbangan penting saat membeli tas. Anda tidak harus membeli yang bermerk terkenal dan mahal. Yang penting, perhatikan fungsi, keawetan, dan kenyamanannya. Pastikan selalu mengajak anak Anda saat membeli tas sekolah.

**

Itu tadi tips saat membeli tas sekolah. Pertimbangkan dengan baik apa yang dibutuhkan, lalu pilih tas sekolah yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!