Loading...

6 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Penulis: Yuanita Rubrik: Kecantikan, Wanita

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

TERUSKAN.COM – Rambut rontok adalah musuh semua orang, khususnya wanita. Bagaimana tidak? Melihat helai demi helai berjatuhan langsung membuat kaum hawa meringis kecewa. Bisa dikatakan bahwa hingga kini, banyak orang masih kebingungan bagaimana cara mengatasi rambut rontok yang benar.

Padahal, ada banyak cara alami dan herbal yang bisa dilakukan. Bahkan, cara alami terbukti membuat rambut rontok berkurang, karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Loading...

Berikut ini, cara alami mengatasi rambut rontok yang bisa anda terapkan di rumah.

1. Daun randu dan daun waru

Randu adalah pohon kapuk. Daunnya sudah sejak lama dipercaya mampu menyehatkan rambut. Begitu juga dengan daun waru. Untuk mengatasi rambut rontok dengan kedua jenis ini, pertama Anda harus menyiapkan daun randu dan daun waru yang cukup muda. Caranya cukup mudah.

  • Haluskan daun waru dan daun randu bersama-sama.
  • Tambahkan 2 sendok makan minyak jarak, air perasan 1 jeruk nipis, lalu campur sampai rata.
  • Oleskan pada kulit kepala, pangkal rambut, sampai ujung rambut secara merata, lalu biarkan selama 1 malam.
  • Tutup kepala dengan shower cap agar tidak menodai bantal.
  • Bilas sampai bersih pada pagi harinya.

Lakukan langkah ini 2—3 kali setiap minggu, agar rambut Anda tidak rontok.

2. Daun mangkok dan lidah buaya

Tanaman dengan daun unik ini ternyata memiliki khasiat menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan. Mencampurkannya dengan lidah buaya, yang sudah dikenal ampuh dalam menutrisi rambut, akan memberikan hasil menakjubkan dan mengatasi masalah rambut rontok Anda. Caranya:

  • Haluskan daun mangkok yang masih muda bersama daging lidah buaya. Komposisinya adalah 10 gram daun mangkok dan 40 gram lidah buaya.
  • Setelah halus, tambahkan minyak kemiri lalu aduk sampai rata.
  • Usapkan pada rambut dan kulit kepala sampai rata, lalu pijat perlahan. Biarkan selama 1 jam agar nutrisinya terserap sempurna.
  • Setelah 1 jam, bilas sampai bersih.

Cara ini bisa digunakan sebagai pengganti keramas dengan sampo, dilakukan 3 kali dalam seminggu.

3. Buah mengkudu

Siapa sangka buah yang berbau menyengat ini bisa menghilangkan kegundahan akibat kerontokan rambut? Ya, buah ini ternyata berkhasiat mengurangi kerontokan dan juga menghilangkan ketombe, serta mencegah tumbuhnya uban.

Untuk mengurangi kerontokan, pilih satu buah mengkudu yang telah masak, lalu blender bersama 1 kuning telur bebek. Oleskan pada rambut yang telah dicuci bersih, diamkan selama 20 menit, lalu cuci kembali sampai bau amisnya hilang.

4. Pijat rambut

Lebih tepatnya adalah pemijatan pada kulit kepala. Dengan memijat kulit kepala secara lembut selama 10 menit setiap hari, akan merangsang sirkulasi darah dan menjaga keaktifan folikel rambut.

Saat pemijatan kulit kepala ini sebaiknya dilengkapi dengan penggunaan minyak kemiri, minyak urang-aring, atau minyak zaitun.

5. Minuman dan makanan

Selain mengatasinya dari luar, rambut rontok juga perlu diatasi dari dalam, yakni dengan memberikan nutrisi yang baik bagi rambut. Rambut rontok karena patah disebabkan kurangnya antioksidan yang berperan melindungi rambut dari udara dan lingkungan kotor dan panas.

Karenanya, disarankan mengonsumsi teh hijau secara rutin atau minuman lain yang juga mengandung antioksidan. Jus lidah buaya, bayam, seledri, dan selada juga dipercaya mampu menutrisi tiap helai rambut agar menjadi lebih kuat. Secara rutin, minumlah air sari kacang hijau.

6. Sampo alami

Penyebab lainnya yang menimbulkan kerontokan rambut adalah adanya kandungan kimia dalam sampo.

Selama melakukan perawatan dengan cara-cara di atas, usahakan Anda mengganti sampo dengan bahan-bahan alami, misalnya bunga mawar, air teh, minyak kemiri (yang dibuat sendiri dengan cara disangrai), urang-aring, atau sekam padi yang telah dibakar (rendam abunya dengan air, lalu disaring, gunakan untuk keramas).

**

Selain dengan cara-cara alami di atas, rambut rontok perlu perawatan ekstra dan kehati-hatian. Hindari menguncir rambut selama berjam-jam, terpapar sinar matahari secara berlebihan, penggunaan hair dryer, dan penggunaan catok. Dengan memperhatikan hal ini, rambut akan lebih sehat dan indah.